Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Nikmati Akhir Pekan dengan Mencicipi 7 Kuliner Legendaris di Semarang

foto lumpia semarang

Tahukah Kamu bahwa Semarang dijuluki sebagai “Kota Lumpia”? Nama lain ini memiliki latar belakang tersendiri, lo. Lumpia telah ada di Semarang sejak abad ke-19. Kedatangannya bermula dari seorang pedagang yang menjual kudapan khas Tionghoa yang berisi rebung dan daging. Sampai saat ini, lumpia masih menjadi kuliner yang digemari, baik penduduk setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Nah, ingin mencicipi lezatnya berbagai kuliner legendaris di Semarang? Simak daftarnya berikut ini!


1.Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok bisa dibilang sebagai lumpia pertama yang ada di Semarang. Sesuai dengan namanya, kedai lumpia ini terletak di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah. Lumpia Gang Lombok telah beroperasi selama ratusan tahun dan dijalankan oleh empat generasi. Ketika kedai dibuka pada pukul 08.00 WIB, para pelanggan sudah mulai berdatangan dan mengantre.

Resep lumpia telah diwariskan secara turun-temurun untuk menjaga keasliannya. Terdapat dua menu yang bisa Kamu coba, yakni lumpia ayam dan lumpia udang. Lumpia di kedai ini berukuran cukup besar dengan isian yang padat. Ketika dibelah, terlihat rajangan rebung, irisan telur, dan ebi yang bercampur rata. Lumpia dapat dimakan langsung atau dicocol dengan saus khas yang terbuat dari pati singkong.



2.Mie Siang Kie

Selanjutnya, ada kedai Mie Siang Kie yang terletak di Gang Lombok No. 10, Kauman, Semarang Tengah. Rumah makan ini telah beroperasi sejak zaman kolonial BelKamu, lo. Mie Siang Kie tersohor karena kelezatan mi dan pangsitnya.

Satu porsi menu ini terdiri dari mi, irisan daging ayam, irisan telur dadar, pangsit rebus, bakso ikan, kekian udang, dan tahu bakso. Kemudian, mi diberi kuah dan sawi hijau sehingga makin menggugah selera.



3.Nasi Goreng dan Babat Gongso Pak Karmin

Kedai milik Pak Karmin ini berlokasi di Kelurahan BKamurharjo, Semarang Utara. Warung ini telah beroperasi sejak tahun 1971 dan digemari banyak orang karena cita rasa masakannya yang unik. Bumbu rempah racikan Pak Karmin sendiri telah dipertahankan sampai sekarang. Babat gongso memiliki cita rasa pedas dan manis. Sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat dan telur dadar yang gurih!



4.Wedang Tahu Pak Adi

Sedang mencari kudapan hangat di malam hari? Wedang tahu bisa menjadi pilihan. Wedang tahu termasuk salah satu kuliner legendaris di Semarang yang sayang jika sampai terlewatkan. Untuk mencicipinya, langsung saja berkunjung ke kedai Pak Adi di Jalan Setia Budi No. 68a, Srondol Kulon, Banyumanik. Awalnya, wedang tahu memiliki rasa yang gurih. Kemudian, rasa wedang tahu disesuaikan agar bisa dinikmati orang Jawa.

Minuman hangat ini terdiri dari kembang tahu, sari kedelai, air jahe, dan gula jawa. Rasa manisnya yang unik serta aroma jahe yang khas akan membuat pikiran dan tubuh menjadi nyaman. Tekstur tahu yang lembut juga sangat memanjakan lidah. Tenang saja karena harga wedang tahu di kedai Pak Adi tak akan bikin kantong jebol, yakni hanya Rp6.000 per porsi.



5.Tahu Gimbal Pak Edi

Kedai Tahu Gimbal Pak Edi terletak di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan. Nama “gimbal” sendiri sebenarnya merupakan sebutan udang bagi masyarakat Semarang. Seporsi tahu gimbal terbuat dari potongan tahu, potongan bakwan, irisan kembang kol, kubis, telur, dan lontong. Kemudian, tahu gimbal akan disiram dengan saus kacang yang gurih. Kamu pun bisa memesan menu ini sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.



6.Es Puter Cong Lik

Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi. Yuk, bertKamung ke kedai Es Puter Cong Lik di Jalan Kiai Haji Ahmad Dahlan No. 11, Karangkidul, Semarang Tengah! Letaknya persis di sebelah Rumah Sakit Telogorejo. Resep es puter di kedai ini telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Es puter merupakan hidangan penutup khas Indonesia yang menggunakan santan sebagai pengganti susu. Satu porsi es puter terdiri dari beberapa sekop es puter, irisan roti, kelapa, dan mutiara. Terdapat varian rasa es, seperti cokelat, kelapa, alpukat, durian, kacang hijau, nangka, leci, sirsak, dan blewah. Teksturnya sedikit kasar dan memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Harganya pun terjangkau, yakni hanya Rp15.000 hingga Rp20.000 per porsi.



7.Leker Paimo

Kedai Leker Paimo berada di Jalan Karang Anyar No. 3, Brumbungan, Semarang Tengah. Kuliner legendaris ini memiliki dua pilihan rasa, yakni manis dan asin. Menu favorit yang diminati orang-orang adalah leker sosis mozarella. Gabungan sosis, telur, daun bawang, dan lelehan keju mozarella sangat pas di lidah dan bikin ketagihan.

Sudah tidak sabar menyantap kuliner legendaris di Semarang? Yuk, segera berangkat ke Kota Lumpia! Siapkan segala keperluan penting sebelum perjalanan, termasuk melihat rekomendasi tempat wisata di website ShopBack. Kamu bisa menghemat bujet dengan kupon, cashback, dan promo yang ditawarkan loh!



Follow Kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar