Skip to main content

Fakta-Fakta Unik Tentang Lautan yang Belum Pernah Kamu Tahu

fakta tentang lautan

Dibandingkan dengan daratan, bumi kita lebih banyak dipenuhi oleh air. Dari sekian nama-nama lautan yang ada di dumi, sebagian memiliki kedalaman yang sangat jauh, bahkan jika dibalik bisa lebih tinggi dari gunung Everest loh.

Nah, di bawah ini adalah beberapa fakta unik tentang lautan yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya.

1. Semua lautan di bumi ini mengandung emas sebanyak hampir 20 juta ton loh.

2. Lebih dari 90% dari perdagangan antara negara-negara dilakukan dengan menggunakan kapal dan sekitar setengah dari komunikasi antar negara menggunakan kabel bawah laut.

3. Gugusan gunung terpanjang di bumi berada di dalam lautan sepanjang lebih dari 40.000 mil.

4. Lebih dari 3,5 miliar orang bergantung pada lautan untuk sumber makanan utama mereka.

5. Sekitar 100 juta hiu dibunuh setiap tahun untuk diambil daging dan siripnya, yang akan digunakan untuk hidangan sup sirip hiu. Pemburu biasanya menangkap hiu, memotong siripnya saat masih hidup lalu melemparkannya kembali ke lautan, kemudian para hiu akan tenggelam mati kehabisan darah.

6. Selama musim dingin Samudra Arktik hampir sepenuhnya tertutup oleh es laut.

7. Gunung Everest (titik tertinggi di permukaan bumi dengan tinggi 5,49 mil) masih lebih pendek 1 mil dari Challenger Deep (titik terdalam di laut dengan kedalaman 6,86 mil). Palung Mariana adalah tempat terdalam di lautan dunia. Palung Mariana dalamnya sekitar 2.550 kilometer. Mencapai kedalaman maksimum yang bisa diukur yaitu 10.911 meter di Challenger Deep, lembah kecil berbentuk celah di dasarnya.

8. Selama dekade terakhir, rata-rata sekitar 600.000 barel minyak per tahun tidak sengaja tumpah dari kapal.

9. Suhu rata-rata lautan adalah 2ºC, sekitar 39ºF

10. The Great Barrier Reef, sepanjang 1243 mil, adalah struktur makhluk hidup terbesar di Bumi. Dia dapat terlihat dari bulan.



Itu dia beberapa fakta tentang lautan yang jarang diketahui orang. Ternyata bumi kita menyimpan banyak sekali rahasia yang belum bisa dieksplore ya guys.
Kamu punya info lain? yuk kasih tau kamu lewat kolom komentar.


Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar