Skip to main content

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Tersesat Saat Mendaki Gunung

tips tersesat di hutan

Ketika beraktivitas di alam bebas, ada banyak kemungkinan yang bisa menimpa kita, mulai dari kejadian unik hingga amit-amit kejadian buruk seperti tersesat di hutan.

Tersesat di hutan juga dapat dialami para pendaki gunung, ada beberapa faktor kenapa mereka bisa tersesat saat mendaki, seperti tidak fokus karena kecapekan, salah jalur, dan lain-lain.

Nah, sebagai salah satu antisipasi, di bawah ini Brobali akan memberikan tips apabila seandainya kita sedang tersesat ketika mendaki gunung.

Saat tersesat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah berdoa dan tetap tenang, tidak boleh panik, karena panik hanya akan membuat semuanya jadi semrawut. Perhatikan lingkungan sekitar dan coba ingat kembali jalur mana yang dipilih.

Tapi jika saat itu malam hari, kamu jangan pergi kemana-mana, buatlah tenda dan istirahat menunggu matahari terbit.

Kedua, keluarkan apapun yang berhubungan dengan jalur pendakian di tas carriermu seperti stiker gunung, peta jalur pendakian yang diberikan oleh pihak Basecamp atau semacamnya.

Selanjutnya kamu bisa memberi kode suara berupa bunyi seperti pluit, berteriak atau suara panggilan, di gunung biasanya suara akan terdengar lebih keras dan bergema.

Kemudian, buat tanda awal ketika kita akan mulai mencari jalur, kamu bisa menyusun batu, mengikat tali rafia di akar atau di pohon radius kurang lebih 10 meter pada setiap titik pemasangan. Tujuannya supaya tim SAR mudah menemukan titik lokasi terakhir kita karena tanda tersebut.

Selanjutnya mulailah mendaki ke tempat yang lebih tinggi karena semakin tinggi suatu tempat, maka luas wilayahnya akan semakin sempit, membuat kita mudah untuk melihat lokasi di bawah. Perhatikan jalur di bawah, jika terlihat ada jalur berupa garis memanjang berwarna kecoklatan memotong dua warna hijau pepohonan, maka dapat dipastikan itu adalah jalur pendakian.

Di puncak (tempat yang agak tinggi) buatlah semacam petunjuk minta tolong (SOS). Kamu bisa membuat tulisan dari batu atau membuat perapian yang banyak mengeluarkan asap putih sebagai tanda untuk tim SAR.

Oh iya guys, kamu juga bisa memperhatikan lumut di pohon, biasanya bagian pohon yang dipenuhi lumut itu menunjukkan arah matahari terbit.




Nah, itulah beberapa tips ketika kita tersesat di hutan saat mendaki gunung. Jika kamu punya tips tambahan jangan lupa tulis di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar