Skip to main content

5 Kota di Pulau Jawa yang Asyik untuk Wisata Sejarah

kota wisata jawa tengah


Indonesia punya banyak sekali pilihan wisata menarik yang dijamin buat kamu tidak akan kehabisan opsi tempat liburan. Salah satu wisata yang harus kamu coba kunjungi adalah tempat wisata sejarah nih. Kenapa?

Hal ini karena di Indonesia ada banyak sekali kota yang memiliki tempat wisata bersejarah, seperti candi yang masih lestari hingga kini. Keindahan bangunan, filosofi hingga nilai budaya yang bisa didapat saat mengunjungi objek wisata ini akan memberikan pengalaman mengesankan.

Pulau Jawa sebagai pusat berbagai kerajaan besar Nusantara di masa lalu punya banyak bangunan candi peninggalan kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia yang bisa kamu kunjungi hingga kini. Tak hanya Candi Borobudur dan Prambanan yang keindahannya sudah terkenal ke mana-mana, kota-kota berikut ini juga punya banyak candi cantik nan bersejarah yang bisa kamu kunjungi lho!



1. Semarang

Selain wisata alam dan kulinernya, Semarang juga punya dua candi keren yang bisa kamu kunjungi nih!

Yang pertama ada Candi Gedong Songo yang berada di daerah Ungaran, Semarang. Sesuai namanya, candi Hindu ini memiliki 9 bangunan candi yang tersebar di area kaki Gunung Ungaran. Jarak antara candi yang satu dengan lainnya beragam, tapi bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda.

Setiap candinya memiliki bangunan yang masih kokoh dan pemandangan di sekitarnya pun sangat indah. Selain itu, di antara candi 3 dan 4 ada sumber mata air panas yang dibuka untuk pengunjung yang ingin berendam.

Selain itu, ada candi Hindu lainnya di Semarang, yaitu Candi Ngempon atau yang juga dikenal dengan nama Candi Muncul. Candi ini berada satu area dengan pemandian air panas (petirtaan). Meski kalah pamor dari Candi Gedong Songo, namun candi yang punya empat bangunan candi yang masih berdiri kokoh ini layak untuk dikunjungi lho!



2. Malang

Selain wisata alam, ternyata Malang juga punya bangunan candi yang menawan lho! Candi-candi di Malang didominasi candi peninggalan Kerajaan Singosari yang dulu berjaya di kawasan ini. Jika ke Malang, kamu juga bisa mampir ke Candi Singosari yang punya tinggi 1,5 meter dan berdiri tegak di halaman tanpa hiasan atau relief pada bagian kakinya.

Selain itu ada juga Candi Jago, Candi Kidal, Candi Badut dan Candi Jawar yang juga bisa kamu kunjungi. Bangunan-bangunan candi ini masih terawat dengan baik lho.



3. Klaten

Kota yang berada di Jawa Tengah ini juga punya banyak bangunan candi peninggalan sejarah nih. Contohnya saja Candi Plaosan, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Sewu.

Ada juga Candi Ijo yang berada di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama saat sore hari karena pemandangan sunset dari candi ini sangat menawan.



4. Blitar

Kota kelahiran Presiden Soekarno ini memiliki banyak candi megah yang masih berdiri kokoh hingga kini. Jika liburan ke Blitar, jangan lupa mampir ke Candi Penataran yang merupakan kompleks candi terbesar di Jawa Timur.

Selain Candi Penataran yang berlatar dari peninggalan kerajaan Hindu, ada juga Candi Sawentar yang berada di lereng Gunung Kelud. Selain itu ada juga Candi Kotes, Candi Simping dan Candi Kalicilik yang juga bisa jadi tujuan wisata kamu saat ke Blitar.


5. Pasuruan

Kota di Provinsi Jawa Timur ini juga menyimpan banyak lokasi wisata candi peninggalan sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Contohnya ada Candi Jawi di kaki Gunung Welirang yang merupakan peninggalan Kerajaan Singasari. Candi ini juga menjadi tempat penyimpanan abu Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singasari.

Ada juga Candi Gunung Gangsir, Candi Keboireng, Candi Sepilar dan Candi Belahan yang merupakan peninggalan Kerajaan Kahuripan yang bentuknya mirip tempat mandi/padusan.

Sudah tidak sabar mengunjungi candi-candi megah nan bersejarah ini? Segera rencanakan liburanmu ke kota-kota tersebut dan jangan lupa booking tiket bus Lorena lewat Traveloka saja! Selamat bepergian.




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar