Skip to main content

Tips Memilih Asuransi Mobil Murah yang Paling Tepat

asuransi mobil

Ada anekdot yang populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu “Kamu belum dianggap mahir menyetir jika belum pernah mengalami 1 kali tabrakan atau ditabrak”. Tidak mengherankan, ini dikarenakan tingkat kecelakaan lalu lintas dan kendaraan bermotor di Indonesia tergolong tinggi!

Penting bagi Anda untuk memiliki asuransi mobil murah sebagai penyelamat kehidupan Anda di tengah ganasnya lalu lalang kendaraan Indonesia.

Asuransi mobil murah bisa menyelamatkan Anda dari segala resiko yang mungkin dihadapi di kemudian hari. Anda cukup mengajukan klaim kecelakaan, mengisi formulir, dan klaim Anda cair sehingga Anda bisa memperbaikinya di bengkel mitra asuransi mobil murah Anda secara gratis, tis!

Bagaimana cara kerja asuransi mobil murah?

Hal ini tidak lepas dari premi atau biaya asuransi yang harus Anda bayar dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, premi dibayar setahun sekali. Biaya ini akan ‘ditabung’ bersama biaya premi para nasabah lain yang dibentuk oleh pihak asuransi mobil murah tersebut.

Sehingga ketika Anda atau pemegang polis lain mengalami musibah, maka dana tersebut akan digunakan untuk membayar kompensasi kerugian tersebut.

Namun tentu saja tidak semua hal bisa dijamin oleh pihak penyedia asuransi mobil murah. Hal ini bergantung pada jenis asuransi mobil murah yang Anda daftar serta tanggungan yang tertulis dalam polis.



Jenis-jenis asuransi mobil murah dan tanggungannya

Untuk menemukan asuransi mobil murah yang paling sesuai dengan budget Anda, perlu Anda ketahui jenis-jenis asuransi mobil murah. Hal ini tentu berpengaruh pada nilai biaya premi yang wajib Anda bayarkan.

1.Asuransi mobil All Risk

Asuransi ini sangat populer pada pemilik mobil baru. Bagaimana tidak, asuransi mobil murah ini melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Baik ringan, sedang, hingga berat pun dapat ditanggung pada asuransi ini.

Asuransi mobil murah All Risk juga bisa melindungi Anda dari kehilangan alias pencurian mobil. Anda juga dapat memperluas tanggungan dalam polis seperti perlindungan terhadap kerusakan huru hara atau bencana alam seperti banjir.


2.Asuransi mobil Total Loss Only

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil murah Total Loss Only hanya fokus pada penggantian resiko kehilangan mobil seperti begal, perampokan, atau pencurian. Ini artinya Anda hanya bisa klaim saat mobil Anda hilang!

Namun ada juga kerusakan yang ditanggung oleh asuransi mobil murah Total Loss Only. Dengan syarat biaya perbaikan kerusakan mobil tersebut mencapai 75% atau lebih dari harga beli mobil Anda.

Umumnya, mobil di atas 10 tahun hanya bisa diasuransikan Total Loss Only saja. Ini dikarenakan resiko mobil semakin tua adalah kondisi semakin buruk dan suku cadang yang tidak tersedia.



Tips memilih asuransi mobil murah yang sesuai

Setelah Anda tahu kedua jenis asuransi mobil murah yang ada di Indonesia, saatnya mencari!

Kami akan memberikan tips-tips mudah dalam memilih asuransi mobil murah yang siap menjadi rekan Anda mengantisipasi resiko di kemudian hari.


1.Sesuaikan dengan kondisi kendaraan Anda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jenis asuransi mobil murah juga mengikuti keadaan mobil Anda. Umumnya, mobil baru sebaiknya diasuransikan All Risk untuk menanggung banyak resiko ke depannya. Apalagi dengan tampilan yang masih ‘gres’ dan cantik, siapa yang mau tergores dan menghabiskan biaya lagi?

Berbeda dengan kondisi mobil di atas 5 bahkan 10 tahun. Pihak asuransi mobil murah pun sudah jelas tidak mau menerima All Risk dan hanya menawarkan Total Loss Only.


2.Budget Anda juga harus selaras dengan kebutuhan

Biaya premi asuransi mobil murah All Risk lebih tinggi daripada asuransi Total Loss Only. Tentu tidak lain dikarenakan tanggungannya yang sangat luas serta keuntungan yang sepadan dengan preminya. Umumnya, biaya premi All Risk sekitar 3-5% dari harga beli mobil. Belum  lagi dengan loading rate atau harga yang dibebankan pada usia mobil, dimana semakin tua semakin mahal!

Belum tertarik? Tidak ada salahnya mengajukan asuransi mobil murah Total Loss Only saja!


3.Cari tahu keuntungan produk asuransi mobil murah yang ditawarkan

Beberapa penyedia asuransi mobil murah menawarkan tanggungan yang lebih luas, seperti perlindungan saat banjir. Apalagi seperti yang kita tahu bahwa beberapa daerah khususnya ibukota rentan dengan banjir! Ini bisa menjadi keuntungan yang pas sekali.


4.Jika Anda membeli di dealer, coba pertimbangkan rekomendasi mereka

Dealer umumnya memiliki bonus atau berbagai rekomendasi yang tepat untuk pilihan asuransi mobil murah Anda. Bisa jadi Anda mendapat diskon atau hal-hal lain yang mempermudah klaim Anda!


5.Cari tahu kredibilitas penyedia asuransi

Ini yang tak kalah pentingnya. Kredibilitas penyedia asuransi sangat penting, apalagi jika Anda belum pernah memiliki asuransi sebelumnya. Pastikan penyedia asuransi mobil mura tersebut tidak bermasalah dan umumnya dikenal masyarakat luas. Mari lebih teliti!


6.Apakah perusahaan penyedia asuransi mobil murah kerap mendapat keluhan?

Siapa yang mau mempercayakan mobilnya jika penyedia asuransi justru bermasalah? Coba cek lagi kredibilitas khususnya dari ulasan para nasabahnya. Jika tampak kurang sesuai, jangan mengambil resiko, ya!


7.Memastikan bengkel rekanan penyedia asuransi

Perbaikan mobil akan dilakukan di bengkel rekanan penyedia asuransi mobil murah. Pastikan bengkel-bengkel tersebut mudah dijangkau dan terpercaya sehingga Anda pun tidak was-was saat melakukan klaim!

Bingung mencari? Tidak usah khawatir. Anda tidak perlu menelfon satu per satu penyedia asuransi mobil murah. Cekaja.com memiliki database asuransi mobil murah yang siap membantu Anda membandingkan harga premi. Cukup masukkan data kendaraan Anda dan dapatkan data lengkap perbandingan harga premi. Silahkan memilih yang paling pas!

Hindari keputusan gegabah dan sebaiknya fokus pada asuransi yang tepat. Yuk daftarkan dirimu ke asuransi mobil murah setelah mempelajari Cekaja.com!

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/



Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.



Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar