Skip to main content

Ini Lho Waktu Terbaik Mengunjungi Singapura, Jangan Sampai Kelewatan

waktu untuk berkunjung ke singapura


Bagi warga Indonesia, plesiran ke Singapura sudah menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang. Singapura selain cukup dekat dari Indonesia juga memiliki aneka ragam kebudayaan yang menarik dan tentunya aneka destinasi wisata belanja yang menggoda. Tertarik ingin mengunjungi Singapura? Coba cek harga tiket ke Singapore melalui aplikasi Traveloka.

Lalu, kapan waktu terbaik mengunjungi Singapura? Bagi kamu yang memiliki bujet berlebih sebenarnya bisa ke Singapura kapanpun juga. Nah, beda halnya apabila bujet kamu terbatas. Tentunya ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan saat akan berlibur ke Singapura.

Pemilihan waktu jadi faktor yang sangat penting saat kamu akan berlibur ke Singapura.Hindari musim puncak liburan atau peak season saat akan bepergian ke suatu daerah. Lalu, kapan sebenarnya waktu terbaik untuk mengunjungi negara tetangga ini? Yuk, simak informasinya berikut ini.


1. Kenali Peak Season dan Low Season di Singapura

Sebagai kota bisnis di Asia Tenggara, bisa dibilang Singapura tidak ada matinya. Negara ini ramai dikunjungi orang setiap tahunnya. Namun, ada masanya juga penerbangan dan akomodasi di Singapura tidak terlalu ramai. Biasanya bulan Juli hingga pertengahan bulan September menjadi salah satu waktu dimana wisatawan tidak seramai hari-hari biasanya.

Namun, apabila kamu memang berencana ingin berlibur di momen-momen khusus, seperti natal, tahun baru, dan imlek maka mau tidak mau kamu harus bepergian ke Singapura antara bulan Desember hingga Februari. Jumlah wisatawan memang super tinggi di waktu-waktu tersebut. Hal ini pun berimbas pada tarif akomodasi dan penerbangan. Biasanya terjadi peningkatan harga akomodasi selama perayaan tahun baru dan imlek.

Jika akomodasi murah menjadi salah satu target kamu, maka bulan November dan Oktober adalah waktu yang tepat mengunjungi Singapura. Sebab di bulan-bulan ini tarif akomodasi lebih murah daripada bulan-bulan yang lain.


2. Rayakan Imlek di Chinatown Singapura

Perayaan tahun baru imlek di Singapura bisa dibilang salah satu perayaan imlek yang paling meriah di Asia Tenggara. Kamu bisa mengunjungi Singapura pada waktu khusus ini, kalau bisa datanglah beberapa hari sebelum perayaan dimulai supaya harga akomodasi lebih terjangkau.

Kamu bisa mengunjungi chinatown Singapura yang berhias aneka lampion dan ornamen memikat. Aneka penganan khas tionghoa bisa kamu temukan dengan mudah saat perayaan berlangsung, contohnya kue keranjang dan jeruk mandarin. Pada bulan yang sama, etnis Tamil di Singapura juga melakukan perayaan Thaipusam. Mereka biasanya berjalan hingga 4,5 kilometer di sepanjang Serangoon Road.


3. Pesta Belanja di Bulan Juni

Apabila berbelanja adalah salah satu kegiatan yang kamu sukai saat bepergian, maka bulan Juni adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Singapura.Hal ini dikarenakan bulan Juni adalah periode liburan bagi anak sekolah di Singapura dan adanya agenda Singapore Great Sale yang sudah dinanti-nanti oleh seluruh warga Asia.

Saat Singapore Great Sale berlangsung, ratusan butik-butik ternama di Singapura akan menggelar diskon besar-besaran. Tak heran sebab Singapura dikenal sebagai salah satu kiblat mode di Asia Tenggara. Kamu juga  bisa membeli aneka barang bermerek dengan harga yang cukup miring. Namun ingat, beberapa tempat akan cenderung penuh karena bertepatan dengan anak-anak yang libur sekolah.


4. Merayakan Kemerdekan Singapura di Bulan Agustus

Agustus menjadi bulan yang istimewa bagi masyarakat Singapura, sebab pada tanggal 9 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan negara. Berbagai macam pertunjukan memikat bisa kamu nikmati selama bulan Agustus, contohnya Airshow yang dilakukan di area Marina Bay Sands.Atraksi ini mempertontonkan kepiawaian pilot Angkatan Udara Singapura.  Masyarakat Singapura juga kerap menikmati waktu sore musim panas pada bulan Agustus di Garden by the Bay.

Tak hanya pertunjukan memperingati national day yang ramai diselenggarakan di bulan ini. Penduduk Tionghoa di Singapura juga melakukan perayaan tahunan Hungry Ghost Festival setiap bulan Agustus. Perayaan ini bermaksud untuk memanggil arwah dan roh para leluhur


5. Festival Musim Gugur Ala Singapura

Walaupun terletak di negara tropis, Singapura memiliki budaya merayakan musim gugur lho. Oleh karena itu mengunjungi Singapura di bulan September dan Oktober jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin melihat festival ini. Festival musim gugur Singapura biasanya diselenggarakan di Jurong Chinese Garden.

Pada saat perayaan musim gugur berlangsung, kamu bisa makan bersama dengan penduduk sekitar atau siapapun yang hadir di festival tersebut. Hidangan yang wajib tersedia saat perayaan berlangsung adalah kue bulan isi kacang merah. Kamu dapat menyantap kue ini di malam hari di bawah sinar bulan dan langit Singapura. Terdengar cukup romantis ya bila dilaksanakan bersama pasangan.


6. Festival Deepavali yang Menggoda di November

Bulan November adalah salah satu waktu yang paling baik untuk plesiran ke negara Singapura. Pasalnya pada bulan ini diselenggarakan festival Devapali di kawasan Little India. Festival Deepavali dikenal juga dengan festival lampu, kamu bakalan disuguhi terangnya lampu warna-warni di Little India . Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati festival budaya dan juga bazar makanan saat perayaan dimulai.


Itu dia deretan waktu terbaik untuk mengunjungi Singapura. Segera atur jadwal liburan dan keberangkatan kamu dengan Singapore Airlines yang bisa kamu beli di aplikasi traveloka pastinya. Selamat liburan!




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar