Skip to main content

Mengenal Bitcoin: Investasi Aset Digital yang Kian Populer

investasi bitcoin paling populer


Kegiatan berinvestasi kian diminati karena bisa membantu tercapainya tujuan finansial dengan lebih cepat. Salah satu jenis investasi yang semakin populer, yaitu investasi aset digital dalam bentuk mata uang kripto atau dikenal sebagai cryptocurrency. Bitcoin yang mempunyai kode BTC adalah jenis mata uang kripto yang dapat dikatakan paling populer hingga saat ini.


Pilihan kepada mata uang digital crypto sebagai investasi oleh para milenial tidak lepas dari kemudahan dalam memperoleh serta mencairkannya. Selain itu kripto mempunyai banyak pilihan jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Disamping itu alasan utama orang berinvestasi melalui kripto termasuk Bitcoin (BTC) karena dianggap lebih menguntungkan.


Apakah Mata Uang Kripto Itu?

bitcoin


Sebelum mencoba untuk berinvestasi melalui kripto sebaiknya memang kenali dulu apa yang dimaksud dengan investasi aset digital tersebut. Mata uang kripto mempunyai banyak jenis, namun yang paling populer dan diminati sampai saat ini adalah Bitcoin (BTC).  Mata uang kripto sebagaimana yang dilansir dari website resmi Bank Indonesia merupakan aset berbentuk koin digital yang memang khusus didesain untuk dijadikan sebagai media pertukaran.


Cara kerjanya adalah dengan memakai kriptografi sebagai alat melakukan transaksi keuangan, verifikasi transfer aset dan kontrol terhadap penciptaan suatu unit tambahan. Kode yang disebut dengan kriptografi inilah yang membuat cryptocurrency sangat aman karena tidak bisa dipalsukan. Adanya kriptografi juga membuat transaksi yang dilakukan secara online mungkin dilakukan tanpa adanya pihak ketiga sehingga jauh lebih efisien dan aman.


Mata Uang Kripto Bitcoin

bitcoin  aset  digital


Meskipun ada beberapa jenis mata uang kripto yang cukup diminati masyarakat seperti Ethereum, Binance ataupun Tether nyatanya Bitcoin masih di posisi teratas. Dilansir oleh The Motley Fool bahwa kita bisa melihat popularitas suatu mata uang kripto lewat bagaimana kapitalisasi pasar terhadapnya.


Kapitalisasi pasar Bitcoin sendiri saat ini sudah nyaris mencapai nilai USD 1,1 Triliun sehingga bisa diumpamakan kalau BTC adalah suatu perusahaan maka besarnya sama dengan Meta atau Facebook. Sedangkan harga BTC coin hari ini menurut Coinmarketcap.com adalah sebesar USD 41,379.15. Harga tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,8% dari sebelumnya.


Faktor sebagai mata uang kripto pertama yang hadir di pasar sebagai investasi memang turut berpengaruh mengapa BTC menjadi yang paling populer dan diminati sampai sekarang.  Bukan itu saja karena kalangan investor sendiri merasa yakin bahwa BTC akan menjadi investasi yang aman dari inflasi karena koin yang beredar di seluruh dunia jumlahnya tidak akan melebihi 21 juta token Bitcoin.


Sifat Transaksi pada Bitcoin

investasi bitcoin


Bitcoin (BTC) adalah jenis koin kripto yang menggunakan sistem peer to peer dalam transaksinya. Sistem tersebut membuat transaksi BTC tidak memerlukan adanya pihak ketiga seperti bank sentral serta dapat memberikan keuntungan, yaitu tanpa biaya transaksi sebagaimana yang umum terjadi di bank konvensional.


Transaksi BTC juga bersifat terbuka, umum dan tidak seorangpun yang menjadi pemilik ataupun pengendali Bitcoin sehingga semua orang dari kalangan apapun bisa mengambil bagian didalamnya. Hanya saja yang perlu diketahui oleh masyarakat bahwa harga Bitcoin bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan secara tiba-tiba.


Bagaimana cara untuk mendapatkan mata uang kripto Bitcoin tersebut? Salah satunya adalah dengan cara menambang atau mining. Nah, jika Anda belum mengerti apa itu mining Bitcoin dan caranya silahkan langsung mempelajarinya melalui Indodax Academy dan mulailah langkah investasi aset digital. Penjualan maupun pembelian Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan aman melalui Mobile Apps ataupun website resmi Indodax.



Nggak nemuin barang yang kamu cari? Coba cari di toko Shopee ini Naya TOP
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar