Skip to main content

Mau Liburan ke Singapura? Cek Dulu Syaratnya di Sini!

kunjungi singapura


Berfoto di depan patung Merlion Park yang ikonik adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Singapura. Sosok yang menyerupai separuh ikan dan separuh singa ini tampak berdiri gagah di tepi perairan dengan latar belakang gedung-gedung bertingkat.

Masih banyak destinasi favorit wisatawan lain yang ada di Singapura dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika rute penerbangan ke negara ini cukup ramai sejak dahulu, khususnya dari Indonesia. Nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke sana dalam waktu dekat, ketahui terlebih dahulu syarat masuk Singapore 2021 berikut ini:

 

1.   Memiliki Paspor yang Masih Berlaku

Salah satu syarat yang wajib kamu penuhi saat menyeberang perbatasan antarnegara adalah memiliki paspor. Paspor merupakan dokumen resmi yang di dalamnya terdapat identitas pemiliknya. Begitu pula ketika kamu berlibur ke Singapura, kamu wajib banget membuat paspor terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli tiket.

Biaya membuat paspor tidak terlalu mahal, yaitu Rp 350.000 untuk 48 halaman. Kamu bisa membuatnya di Kantor Imigrasi setempat dengan melengkapi syarat-syarat yang ditentukan.

Proses pembuatannya pun selesai dalam satu hari saja. Bawalah paspor tersebut saat akan berangkat menuju Singapura. Paspor juga bisa kamu pakai berkali-kali ketika berkunjung ke negara mana pun.


2.   Asuransi Perjalanan Terkait Perawatan Covid-19

Syarat berikutnya yang perlu kamu penuhi sebelum masuk ke Singapura adalah telah memiliki asuransi perjalanan, khususnya terkait Covid-19. Artinya, apabila kamu terkena Covid-19 selama dalam perjalanan wisata ke Singapura, ada jaminan biaya perawatan.

Aturan ini diberlakukan karena pemerintah Singapura tidak menanggung biaya pengobatan Covid-19 secara gratis. Karena itu, kamu wajib membayar premi asuransi yang memiliki nilai pertanggungan paling sedikit 30.000 dolar Singapura atau jika dirupiahkan sekitar Rp 318,16 juta.


3.   Telah Divaksinasi Lengkap

Selanjutnya, kamu juga harus melakukan vaksinasi lengkap sebelum masuk ke wilayah Singapura. Ini penting banget dipatuhi karena akan diperiksa oleh kewenangan setempat. Vaksin lengkap yang dimaksud adalah dua dosis, kecuali untuk vaksin Janssen hanya butuh satu dosis.

Singapura telah membuktikan bahwa vaksin memang efektif melawan virus Covid-19. Sekitar 99% warga yang terinfeksi virus ini hanya mengalami gejala ringan. Hingga saat ini, hampir dua per tiga warga Singapura telah divaksin booster.


4.   Mengisi SG Arrival Card

SG Arrival Card adalah Kartu Kedatangan Singapura. Nah, setiap pelancong yang akan masuk ke negara tersebut wajib mengisi kartu tersebut. Ingat, kamu harus mengisinya dalam waktu 72 jam sebelum tiba di Singapura. Tidak perlu khawatir karena pengisian tersebut bisa dilakukan secara online.

Melalui SG Arrival Card, kamu harus mengunggah sertifikat vaksin dalam bahasa Inggris. Sertifikat tersebut harus mencakup informasi berupa nama, tanggal lahir, nama vaksin, negara asal vaksin, serta tanggal vaksinasi. Supaya lebih lancar, kamu bisa mengisi SG Arrival Card tiga hari sebelum berangkat ke Singapura.


5.   Menunjukkan Bukti Tes PCR dengan Hasil Negatif

Sebelumnya, semua pengunjung dari negara lain wajib melakukan tes Covid-19 saat tiba di Singapura. Syarat itu telah diubah sehingga kamu bisa lebih fleksibel saat berlibur ke negara itu. Pendatang hanya perlu menunjukkan bukti telah melakukan tes PCR dengan hasil negatif.


Tes PCR harus dilakukan maksimal dua hari sebelum keberangkatan. Jadi, kamu bisa melakukan reschedule perjalanan dengan lebih praktis apabila ternyata menerima hasil tes positif. Jangan lupa, bukti tes PCR yang ditunjukkan harus dalam bahasa Inggris supaya diakui dengan sah.


6.   Mengunduh Aplikasi TraceTogether

Selama menjelajahi Singapura, kamu juga diwajibkan untuk menggunakan aplikasi TraceTogether. Aplikasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi tingkat penyebaran virus di negara tersebut. Data dari sistem digital itu akan digunakan untuk menelusuri pasien Covid-19 yang berkeliaran.


Karena itu, bukan hanya warga lokal, seluruh pendatang yang berada di Singapura juga wajib menggunakannya. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play atau App Store. Aplikasi ini telah dipakai di Singapura sejak 2020. Konsepnya kurang lebih seperti aplikasi PeduliLindungi yang digunakan di Indonesia.


7.   Tidak Perlu Karantina

Sebelumnya, para pengunjung wajib melakukan karantina saat baru tiba di Singapura. Tujuannya untuk mengurangi risiko penularan virus yang mungkin dibawa dari negara asal. Saat ini, syarat tersebut telah dihilangkan sehingga kamu bisa lebih leluasa saat berlibur.


Syarat karantina juga mulai dilonggarkan oleh berbagai negara seiring dengan menurunnya kasus Covid-19. Bagi pelancong, ini adalah kabar baik karena tidak perlu menyediakan waktu dan dana lebih untuk kebutuhan karantina. Apalagi Singapura merupakan negara yang biasanya dikunjungi dalam waktu singkat.

 

Nah, itulah beberapa syarat masuk ke Singapura yang wajib kamu ketahui sebelumnya. Jangan lupa untuk mempersiapkannya sejak awal sehingga tidak mengalami gangguan perjalanan yang berarti saat tiba di bandara atau ketika sedang berjalan-jalan di negara tersebut.

Singapura merupakan negara destinasi favorit, khususnya masyarakat Indonesia. Kamu pun tidak perlu ragu lagi mewujudkan mimpi untuk liburan ke sana apabila dana yang dibutuhkan telah tersedia. Beli tiketnya di Traveloka agar lebih praktis dan hemat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

 



Nggak nemuin barang yang kamu cari? Coba cari di toko Shopee ini Naya TOP
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar