Skip to main content

Sunrise hingga Sunset l Tur Sehari ke Pura Paling Indah di Bali

 pura paling indah di bali

sumber: http://www.viceroybali.com



BroBali, Bali – Bali emang nggak ada habisnya buat bikin kita kagum. Dari alamnya yang indah, budayanya yang kaya, sampai pura-puranya yang cantik banget. Nah, salah satu cara asyik buat nikmatin semua itu adalah dengan jalan-jalan sehari ke pura-pura paling keren di Bali, dari pagi sampai sore. Di artikel ini, kita bakal bahas gimana caranya kamu bisa nikmatin keindahan spiritual dan alam Bali dalam satu hari penuh.

Pertama-tama, kita mulai pagi-pagi banget buat lihat sunrise di Pura Lempuyang. Pura ini terkenal dengan gerbangnya yang disebut "Gates of Heaven". Keren banget buat foto-foto, apalagi dengan latar belakang Gunung Agung. Setelah itu, kita lanjut ke Pura Besakih, pura terbesar di Bali, buat nikmatin suasana siang di sana. Di sore hari, kita mampir ke Pura Ulun Danu Beratan yang berada di tepi danau. Terakhir, kita tutup hari dengan menikmati sunset di Pura Tanah Lot yang legendaris.

Yuk, kita mulai perjalanan ini. Siap-siap buat terpesona sama keindahan dan keunikan tiap pura yang bakal kita kunjungi. Jalan-jalan sehari yang bakal bikin kamu nggak mau pulang!


Pagi: Menyaksikan Sunrise di Pura Lempuyang

pura lempuyangan
Sumber: Pinterest/Tours To Go

Bangun pagi-pagi banget, sekitar jam 3 atau 4 subuh, kita langsung menuju ke Pura Lempuyang. Pura ini terkenal dengan "Gates of Heaven" yang jadi spot foto favorit di Instagram. Bayangin deh, berdiri di depan gerbang yang kayak ngarah ke surga dengan latar belakang Gunung Agung, pasti keren banget!

Pura Lempuyang sendiri terletak di timur Bali, di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Perjalanan dari Ubud bisa makan waktu sekitar 2-3 jam, jadi pastikan kamu berangkat lebih awal. Setibanya di sana, kita harus mendaki sekitar 1.700 anak tangga untuk mencapai pura utama. Capek? Pasti! Tapi semua terbayar begitu lihat pemandangan dari atas.

Jangan lupa bawa air minum dan pakai pakaian yang nyaman. Dan yang paling penting, siap-siap buat foto yang keren banget di gerbang Pura Lempuyang. Tapi ingat, hormati tempat suci ini dengan berpakaian sopan dan mengikuti aturan yang ada​​.



Tengah Hari: Mengunjungi Pura Besakih, Pura Terbesar di Bali

pura besakih

Sumber: Pinterest/Shanti Travel



Setelah puas menikmati sunrise, kita lanjut perjalanan ke Pura Besakih, pura terbesar dan paling penting di Bali. Pura ini juga dikenal sebagai "Mother Temple" karena menjadi pusat spiritual Bali. Lokasinya di lereng Gunung Agung, membuatnya jadi tempat yang sempurna buat menikmati keindahan alam sambil merasakan ketenangan spiritual.

Di Pura Besakih, kamu bisa menjelajahi kompleks pura yang luas, terdiri dari 23 pura yang berbeda. Setiap pura punya keunikan dan sejarahnya sendiri. Jangan lupa untuk menyewa pemandu lokal yang bisa menjelaskan lebih dalam tentang sejarah dan mitologi pura ini.

Harga tiket masuk ke Pura Besakih sekitar IDR 60,000 per orang. Jangan lupa juga untuk membawa kamera dan mengabadikan momen-momen indah di sini. Dan tentunya, tetap hormati aturan berpakaian yang berlaku di setiap pura di Bali​​.


Sore: Menikmati Keindahan Pura Ulun Danu Beratan

pura ulun danu beratan

Sumber: Pinterest/BestHQWallpapers



Setelah dari Pura Besakih, kita melanjutkan perjalanan ke Pura Ulun Danu Beratan yang terletak di tepi Danau Beratan, Bedugul. Pura ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan udara pegunungan yang sejuk. Cocok banget buat menikmati sore hari.

Pura Ulun Danu Beratan didirikan untuk menghormati Dewi Danu, dewi air, sungai, dan danau. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pura yang seolah mengapung di atas danau, terutama saat air sedang pasang. Pura ini juga jadi spot favorit buat fotografi, jadi pastikan kamu mengatur waktu kunjungan saat golden hour untuk hasil foto yang maksimal.

Selain menikmati keindahan pura, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas lain di sekitar danau, seperti naik perahu atau menikmati kuliner lokal di warung-warung sekitar. Pastikan kamu nggak melewatkan momen ini untuk merasakan ketenangan dan keindahan alam Bali​​.


Senja: Menyaksikan Sunset di Pura Tanah Lot

pura tanah lot

Sumber: Pinterest/Dreamstime Stock Photos



Menutup hari yang penuh petualangan ini, kita menuju Pura Tanah Lot, salah satu pura paling ikonik di Bali. Pura ini terletak di atas batu karang besar di tepi laut dan menawarkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa. Sunset di Pura Tanah Lot adalah salah satu pemandangan paling memukau yang bisa kamu nikmati di Bali.

Pura Tanah Lot juga dikenal dengan ombaknya yang besar yang sering menghantam batu karang, menciptakan pemandangan yang dramatis. Jangan lupa untuk datang lebih awal agar bisa mendapatkan spot terbaik untuk menikmati sunset.

Selain menikmati sunset, kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar area pura dan mengunjungi pasar seni yang menjual berbagai oleh-oleh khas Bali. Harga tiket masuk ke Pura Tanah Lot sekitar IDR 60,000 per orang. Pastikan kamu juga mengikuti aturan dan etiket saat berada di pura ini.

Dengan mengikuti tur sehari ini, kamu bisa menikmati keindahan spiritual dan alam Bali dari sunrise hingga sunset. Untuk informasi lebih lanjut tentang aktivitas menarik lainnya di Bali, kamu bisa cek Viceroy Bali. Jadi, siap-siap untuk petualangan yang nggak terlupakan di pulau dewata ini!


Tips dan Panduan untuk Tur Sehari

Biar tur sehari ke pura-pura di Bali ini makin lancar dan menyenangkan, ada beberapa tips dan panduan yang bisa kamu ikuti.

Rekomendasi Transportasi

  1. Sewa Mobil dengan Sopir: Pilihan terbaik buat ngunjungi beberapa pura dalam satu hari adalah dengan menyewa mobil lengkap dengan sopir. Sopir lokal biasanya udah familiar dengan jalanan dan tempat-tempat tersebut, jadi kamu bisa santai dan menikmati perjalanan tanpa harus mikirin rute.
  2. Tur Terorganisir: Kalau kamu lebih suka semuanya diatur, banyak operator tur yang nawarin paket sehari penuh ke pura-pura terkenal di Bali. Ini biasanya udah termasuk transportasi, pemandu wisata, dan kadang makan siang.
  3. Sewa Motor: Buat yang suka petualangan, sewa motor bisa jadi opsi menarik. Tapi ingat, jalanan di Bali bisa cukup menantang, terutama buat yang belum biasa.

Perlengkapan yang Dibawa

  1. Kamera dan Power Bank: Pura-pura di Bali sangat fotogenik. Jangan lupa bawa kamera atau smartphone dan pastikan baterainya penuh. Bawa juga power bank buat jaga-jaga.
  2. Air Minum dan Snack: Perjalanan bisa panjang dan melelahkan, jadi bawa air minum yang cukup dan beberapa snack biar tetap bertenaga.
  3. Pakaian Nyaman dan Sarung: Karena akan banyak berjalan dan mendaki, pakai pakaian yang nyaman dan sepatu yang pas. Jangan lupa bawa atau sewa sarung di pura, karena di beberapa pura, kamu harus menutup bagian tubuh tertentu sebagai bentuk penghormatan.

Etika di Pura

  1. Berpakaian Sopan: Selalu kenakan pakaian yang menutup bahu dan lutut. Di beberapa pura, sarung bisa disewa di pintu masuk.
  2. Hormati Tempat Suci: Jaga perilaku dan suara saat berada di area pura. Jangan berdiri di depan orang yang sedang berdoa, dan jangan memanjat struktur pura untuk berfoto.
  3. Ikuti Arahan Lokal: Kadang ada aturan khusus di setiap pura. Ikuti arahan dari pemandu atau petugas pura untuk memastikan kunjungan kamu berjalan lancar dan hormat.

Dengan mengikuti tips dan panduan ini, kamu bisa menikmati tur sehari ke pura-pura di Bali dengan lebih maksimal dan nyaman. Ingat untuk selalu menghormati budaya dan tradisi lokal selama perjalananmu.


Rencanakan dan Nikmati

Menjelajahi pura-pura di Bali dalam satu hari penuh, dari sunrise hingga sunset, adalah pengalaman yang nggak boleh dilewatkan. Dari keindahan spiritual Pura Lempuyang dengan "Gates of Heaven"-nya, kemegahan Pura Besakih sebagai pusat spiritual Bali, ketenangan Pura Ulun Danu Beratan di tepi danau, hingga sunset yang memukau di Pura Tanah Lot, setiap pura menawarkan pengalaman unik dan pemandangan yang mempesona.

Rencanakan perjalananmu dengan baik, perhatikan tips dan panduan yang telah dibahas, dan siapkan dirimu untuk petualangan yang tak terlupakan di pulau dewata ini. Buat yang ingin menikmati berbagai aktivitas menarik lainnya di Bali, jangan lupa cek aktivitas di Bali. Viceroy Bali menawarkan berbagai kegiatan yang bisa membuat liburanmu di Bali semakin lengkap dan berkesan. Jadi, kapan lagi bisa menikmati keindahan dan kedamaian pura-pura Bali dalam satu hari? Selamat menjelajah dan semoga perjalananmu penuh kenangan indah!



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar