Nusa Penida dan Surga Wisata Tersembunyi yang Dimilikinya


Bali memang surganya pantai dan taman bawah laut yang indah, salah satunya nusa penida, yaitu sebuah pulau kecil yang masih termasuk dalam kawasan provinsi bali ini menyimpan pesona keindahan taman bawah laut yang tak diragukan lagi.



diving dan snorkeling di nusa penida
pemandangan bawah laut nusa penida. foto :alam_indonesia





Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini, seperti diving dan snorkeling, selain itu nusa penida juga digunakan sebagai tempat konservasi penyu langka, di dekat nusa penida juga terdapat dua pulau yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi, yaitu nusa lembongan dan nusa ceningan, dari ketiga pulau ini, Nusa Penida merupakan pulau terbesar.



Sejarah Nusa Penida

Disebutkan bahwa pada abad ke-18 Nusa Penida digunakan sebagai tahanan dinasti gelgel dari bali dibawah pimpinan Kerajaan Majapahit. Dinasti Gelgel merupakan sebuah kerajaan di Bali yang daerah kekuasaannya meliputi pulau lombok.

Sebelum Majapahit datang ke Bali, Dinasti Gelgel merupakan kerajaan yang telah menguasai Nusa Penida setelah membunuh Raja terakhir di Kerajaan Nusa Penida. Sejak saat itu kerajaan di Bali mulai memerintah di kerajaan Nusa Penida pada paruh abad ke-17.

Cara Menyeberang Ke Pulau Nusa Penida

untuk menuju ke nusa penida ada beberapa cara, yaitu menyeberang dengan naik speed boat dari pelabuhan Benoa yang memakan waktu sekitar 45 menit atau menaiki perahu dari pantai Sanur, pilihan lainnya adalah dari pelabuhan padang bai dan pantai kusumba.

Bagi kamu yang ingin membawa kendaraan seperti motor dan mobil ke Nusa Penida, berarti kamu harus menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai menggunakan kapal feri (Kapal Ro-Ro dan Kapal Re-Re) untuk ke Nusa Penida. Sayangnya penyeberangan menggunakan kapal feri ini hanya untuk berlabuh di Nusa Penida tidak untuk ke Nusa Lembongan danatau Nusa Ceningan.
Nusa Penida memiliki taman bawah laut yang sangat menakjubkan, ada banyak sekali jenis ikan yang bisa kita lihat ketika snorkeling, seperti ikan mola mola dan manta ray, bahkan jika kamu beruntung kamu bisa melihat hiu paus juga.

terumbu karang disini masih terlihat alami, jadi sangat cocok untuk snorkeling dan diving, namun sebelum melakukan diving kita juga harus memperhatikan cuaca terlebih dahulu, bukan hanya snorkeling dan diving yang terkenal disini, tapi juga pantai pantainya tak kalah indah lho, untuk penginapan sendiri sudah banyak villa dan bungalow, tinggal pilih saja.

dibawah ini merupakan informasi tentang tempat tempat wisata yang ada di Nusa Penida, simak ulasan berikut :


Pantai Atuh


foto pantai atuh nusa penida
suasana santai dan tenang. foto : best_of_bali




terletak di ujung barat daya pulau nusa penida, pantai ini memang tersembunyi dan belum banyak orang yang tau, untuk sampai di pantai atuh kita harus melewati jalan setapak dimana disisi kiri dan kanannya terdapat jurang dan tebing.
sekitar 200 meter dari bibir pantai ada sebuah batu karang besar yang berdiri dengan kokoh, batu karang ini menjadi salah satu pemandangan unik di pantai atuh, objek wisata satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai ketenangan.

baca juga : daftar pantai unik di bali 




Pantai Pasih Uug


foto pantai pasih uug nusa penida
 karang bolong yang menjadi ikon pantai pasih uug. foto : mahakemala





pasih uug” merupakan kalimat dalam bahasa bali yang bisa diartikan sebagai “pantai rusak” walaupun artinya adalah rusak, tapi pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat wisatawan ingin mengunjunginya.

terletak di bagian barat Nusa Penida tepatnya di desa bunga mekar, wisata pantai ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana tenang dengan suara deburan ombak, jika beruntung, kita bisa melihat ikan pari dan hiu disini.



Mata Air Temeling


foto mata air temeling nusa penida

indahnya mata air tembeling. foto : ayodolan




merupakan sebuah objek wisata tersembunyi di Bali yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang, terletak di desa batumadeg, mata air tembeling menawarkan pemandangan jernihnya air kolam yang berwarna biru, disini kita bisa mandi dan beristirahat sejenak, menjauh dari keramaian.

baca juga : situ biru cilembang, keindahan tersembunyi di sumedang




Pura Penataran Agung Ped


foto pura dalem ped nusa penida
halaman depan pura agung ped. foto : aiiudian





juga dikenal dengan sebutan Pura Dalem Ped, pura ini terletak di desa ped, sempalan, nusa penida, berada sekitar 50 meter sebelah selatan dari selat nusa, pura ini sudah dikenal di seluruh plosok Bali karena termasuk dalam Pura Sad Kahyangan, pura ini menjadi salah satu tempat wisata menarik di nusa penida.



Bagaimana Mengenai Akomodasi di Nusa Penida ?

Berlibur ke Nusa Penida tak puas jika kita hanya berkunjung satu hari saja, untuk itu disarankan agar kamu berlibur ke pulau satu ini lebih dari satu hari, nah, tentunya kita membutuhkan penginapan bukan, di Nusa Penida sudah terdapat banyak sekali hotel dan resort yang bisa kita sewa, tinggal sesuaikan saja dengan budget yang kamu bawa.

nah, itulah beberapa tempat wisata menarik yang ada di pulau nusa penida, bagi kamu yang sedang berlibur di bali, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke nusa penida ya

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »