Situ Biru Cilembang, Labuan Cermin Versi Sumedang ?


Situ Cilembang Danau Kecil Mirip Labuan Cermin




Sumedang, ada sebuah objek wisata terbaru yang sedang ngehits di sosial media, objek wisata ini memiliki beberapa nama, antara lain, situ cilembang, sirah cilembang, danau biru hariang cilembang hingga ada juga yang menyebutnya labuan cermin cilembang sumedang.


foto pemandangan situ cilembang yang indah 
kolam kecil berwarna biru. foto : ariesputuwasita

 

Ya, jika kita perhatikan memang mirip dengan Labuan Cermin di kalimantan yang terkenal dengan danau dua rasa karena memiliki dua jenis air, yaitu air tawar dan air asin, bedanya, di situ cilembang ini hanya memiliki air tawar saja.

Kedalaman dari danau ini kira-kira 3 meter, jika di Labuan cermin kita boleh mandi, disini tidak diperbolehkan mandi karena air di danau ini digunakan sebagai sumber kebutuhan air sehari-hari masyarakat sekitar.

Terletak di desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, situ biru cilembang sebenarnya bukanlah danau seperti labuan cermin, melainkan sebuah sumber mata air yang berbentuk seperti kolam kecil, namun tetap saja banyak wisatawan yang tertarik ingin melihat kejernihan dari situ biru cilembang ini.

foto indahnya situ cilembang di sumedang 
wisatawan yang datang. foto : ariesputuwasita

Namun ada yang perlu diingat, jika kamu ingin berlibur kesini, usahakan datang selain hari selasa dan jumat, karena menurut warga sekitar di 2 hari tersebut pantang untuk datang kesini, selain hari selasa dan jumat kamu boleh datang ke situ cilembang.
baca juga : 10 tempat wisata paling menarik di Bandung

Sama halnya dengan Labuan Cermin, lokasi situ cilembang juga berada di pedalaman hutan, jalur yang kita lalui cukup sulit, jadi persiapkan fisik terlebih dahulu ya, namun terlepas dari jalurnya yang sulit, suasana dan udara disini cukup sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan.

Jika kamu kelaparan, sudah ada pedagang asongan yang mangkal di tempat parkir, padahal dulu lokasi ini sepi dan terkenal angker, tapi sekarang malah banyak orang-orang berdatangan untuk melihat situ cilembang ini.

foto indahnya situ hariang cilembang 
pengunjung berfoto di pinggir kolam. foto : ariesputuwasita

Apabila dilihat sekilas memang air disini berwarna biru, tapi apabila kita ambil airnya sebenarnya warna air tetaplah jernih seperti air lainnya, yang menyebabkan warna biru pada air adalah cahaya matahari yang memantul di permukaan kolam sehingga menghasilkan warna biru.

Karena termasuk dalam objek wisata baru, fasilitas disini masih ala kadarnya, pun dengan jalan yang harus dilewati masih sedikit sulit, tapi tetap saja tidak membuat animo masyarakat berkurang, bahkan setiap hari bisa mencapai ratusan pengunjung, dan untuk sementara belum diberlakukan tiket masuk, hanya membayar uang parkir saja.
baca juga : 15 tempat wisata di Jakarta yang harus kamu kunjungi



Tips Saat Berlibur Ke Situ Biru Cilembang :

  • datanglah saat pagi hari karena suasana masih segar.
  • gunakan alas kaki yang kuat seperti sandal gunung atau sepatu karena jalurnya cukup sulit.
  • jika tidak tahan lapar, kamu bisa membawa bekal makanan.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • jangan buang sampah sembarangan.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • 22 km dari pusat kota Sumedang Utara melalui Jl. Hariang Cigarukgak (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


lihat peta cara menuju ke situ biru cilembang



Wisata Terdekat Dari Situ Cilembang :

pemandian air panas cileungsing




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »