Danau Batur Kintamani, Danau Indah dan Terluas di Bali


Selain wisata pantai dan pura, ternyata pulau Bali memiliki jenis wisata lainnya yang tak kalah memikat hati, salah satunya adalah wisata danau, nah dari beberapa danau di Bali ada satu danau yang memiliki pemanangan sangat indah yaitu Danau Batur.

Danau Batur merupakan danau terluas di bali dan menjadi salah satu tujuan wisata kintamani yang cukup favorit, berada diatas ketinggian sekitar 1000 mdpl membuat suasana di kawasan kintamani menjadi sejuk dan segar.



foto pemandangan danau batur 
pemandangan dari pinggir danau batur. foto : rizalakbar_16




Di Bali sendiri terdapat empat danau, yaitu danau beratan, tamblingan, buyan dan danau batur itu sendiri, dari keempat danau tersebut Danau Batur Kintamanilah yang terluas dengan luas sekitar 16 km persegi dan kedalaman sekitar 50 meter.

Pemanfaatan danau batur ini tidak sama dengan danau tamblingan, namun sama dengan danau beratan. Danau tamblingan dibatasi dalam hal pemanfaatan sebagai objek wisata dan lebih mengarah ke pemanfaatan alam. Namun pada danau beratan, pemanfaatannya lebih mengarah pada objek wisata, sama halnya dengan danau batur. Itu sebabnya di danau batur kita dapat mengelilingi danau menggunakan kapal kecil.


Apa yang Menarik di Danau Batur ?

Nama Danau Batur diambil dari gunung didekatnya yang bernama Gunung Batur, keindahan Danau Batur Kintamani akan semakin terlihat jelas jika kamu mendaki di Gunung Batur tersebut, selama perjalanan menuju puncak kita akan disuguhkan cantik dan luasnya Danau Batur.




foto danau batur dari puncak gunung batur 
view danau batur dari gunung batur. foto : aikasinon26


Selain mendaki gunung, kita juga bisa melihat keindahan Danau Batur dari restoran, sudah banyak restoran yang menawarkan pemandangan keindahan Danau Batur Kintamani dari ketinggian, tinggal kita pilih-pilih saja mana yang cocok. cahaya matahari yang dipantulkan air danau dan kokohnya gunung batur menjadi pemandangan utama yang menemani kita saat menyantap makanan.

baca juga : tips agar liburan ke bali kamu lebih murah

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa kita lakukan di tempat wisata Kintamani ini, selain melihat keindahan Danau Batur dari kejauhan, kita juga bisa mengelilingi danau dengan menyewa perahu warga yang sudah disediakan khusus, pun bagi kamu yang tidak ingin naik perahu, kita juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti memancing ikan.

Selain sebagai objek wisata, Danau Batur Kintamani juga dihuni oleh beraneka ragam biota laut, suasananya yang nyaman dengan udara sejuk menjadikan Danau Batur sebagai tujuan favorit wisata keluarga di Bali terutama di Kintamani.




foto memancing di danau batur bali 
mancing di danau batur dapat ikan besar. foto : ekahardi04



Uniknya, air Danau Batur ini kadang juga berubah warna lho, hal ini disebabkan karena kandungan belerang yang mengendap di dasar danau, dahulu warna air danau berwarna kebiruan dan pernah berubah menjadi hijau kekuningan.

baca juga : yuk melihat lumba lumba liar di pantai lovina

Selain memancing dan berkeliling menggunakan perahu kita juga bisa mandi air panas, puas berkeliling danau kini saatnya kamu memanjakan tubuh dengan berendam di pemandian air panas, tak jauh dari lokasi Danau Batur terdapat pemandian air panas bernama Batur Natural Hot Spring atau wisatawan domestik biasa menyebutnya dengan nama Toya Bungkah.

Sumber air panas di pemandian Toya Bungkah berasal dari kaki gunung batur yang merupakan gunung berapi aktif dan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung

Danau batur Kintamani juga bisa menjadi pilihan alternatif wisata keluarga di Bali dikala kamu sudah bosan dengan wisata pantai pantainya, lokasi ini sangat cocok untuk berwisata bersama anak-anak, ditambah lagi akses menuju lokasi sangat mudah dan juga sudah terdapat banyak penginapan, jadi tunggu apa lagi ?

baca juga : pantai jimbaran, pantai romantis di bali




foto pemandangan danau batur 
pemandangan dari ketinggian. foto : denada_visitia


Rute Menuju Wisata Danau Batur

Dari Bandara Ngurah Rai kamu tinggal menuju ke jalan By Pass Ngurah Rai - Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan jalan pantai Siyut. Dari perempatan jalan pantai Siyut belok ke kiri menuju jalan raya Tulikup - jalan Taman Bali.

Nah, dari jalan Taman Bali lanjutkan perjalananmu menuju kota Bangli, sesampainya di Kota Bangli ikuti saja jalan Nusantara arahkan kendaraanmu menuju ke Utara (searah dengan objek wisata Penelokan).


Dari objek wisata penelokan lanjutkan perjalanan menuju Jalan Windu Sara hingga kamu sampai disebuah pertigaan apabila belok ke kanan kamu akan menuju dermaga Danau Batur dan objek wisata Desa Trunyan. Sedangkan jika Anda memilih ke kiri Anda akan menuju objek wisata pemandian air panas Toya Bungkahdan dan Danau Batur.

Tips Saat Berlibur Ke Danau Batur :

  • datanglah saat pagi hari untuk merasakan suasana dan sejuknya udara di kawasan Danau Batur.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • lokasinya juga sangat cocok bagi kamu yang menyukai fotografi landscape.
  • setelah puas berkeliling, cobalah untuk mandi di pemandian air panas toya bungkah untuk merilekskan otot tubuh.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali
  • 67 km dari pusat kota Denpasar melalui Jl. Nusantara (1 jam 53 menit)
  • 79 km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. Nusantara (2 jam 9 menit)
  • 147 dari Pelabuhan Gilimanuk (3 jam 57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Wisata Terdekat Dari Danau Batur :

Gunung Batur (9 menit)
Batur Natural Hot Spring (1 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »