Skip to main content

Danau Batur Kintamani, Danau Indah dan Terluas di Bali

Selain wisata pantai dan pura, ternyata pulau Bali memiliki jenis wisata lainnya yang tak kalah memikat hati, salah satunya adalah wisata danau, nah dari beberapa danau di Bali ada satu danau yang memiliki pemanangan sangat indah, yaitu Danau Batur.

foto pemandangan danau batur

pemandangan dari pinggir danau batur. foto : @rizalakbar_16

Danau Batur merupakan danau terluas di Bali dan menjadi salah satu tujuan wisata kintamani yang cukup favorit, berada diatas ketinggian sekitar 1000 mdpl membuat suasana di kawasan kintamani terasa sejuk dan segar.




Apa yang Menarik di Danau Batur ?

Di Bali sendiri terdapat empat danau, yaitu danau beratan, tamblingan, buyan dan danau batur itu sendiri, dari keempat danau tersebut, Danau Batur Kintamanilah yang terluas dengan luas sekitar 16 km persegi dan kedalaman sekitar 50 meter.

foto danau batur dari puncak gunung batur
view danau batur dari gunung batur. foto : @aikasinon26

Pemanfaatan Danau Batur ini tidak sama dengan Danau Tamblingan, namun sama dengan Danau Beratan. Danau Tamblingan dibatasi dalam hal pemanfaatan sebagai objek wisata dan lebih mengarah ke pemanfaatan alam.

Tapi pada Danau Beratan, pemanfaatannya lebih mengarah pada objek wisata, sama halnya dengan Danau Batur. Itu sebabnya di Danau Batur kita dapat mengelilingi danau menggunakan kapal kecil.

Nama Danau Batur diambil dari gunung di dekatnya yang bernama Gunung Batur, keindahan Danau Batur Kintamani akan semakin terlihat jelas jika kamu mendaki di Gunung Batur tersebut, selama perjalanan menuju puncak kita akan disuguhkan cantik dan luasnya Danau Batur ini.

Selain mendaki gunung, kita juga bisa melihat keindahan Danau Batur dari restoran, sudah banyak restoran yang menawarkan pemandangan keindahan Danau Batur Kintamani dari ketinggian, tinggal kita pilih-pilih saja mana yang cocok. cahaya matahari yang dipantulkan air danau dan kokohnya Gunung Batur menjadi pemandangan utama yang menemani kita saat menyantap makanan.




Apa yang Bisa Dilakukan di Danau Batur ?

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa kita lakukan di tempat wisata Kintamani ini, diantaranya seperti :

Berkeliling Menggunakan Perahu
Selain melihat keindahan Danau Batur dari kejauhan, kita juga bisa mengelilingi danau dengan menyewa perahu warga yang sudah disediakan khusus.

Memancing
Selain sebagai objek wisata, Danau Batur Kintamani juga dihuni oleh beraneka ragam biota laut, sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi memancing, suasananya yang nyaman dengan udara sejuk menjadikan Danau Batur sebagai tujuan favorit wisata keluarga di Bali terutama di Kintamani.




foto memancing di danau batur bali 
mancing di danau batur dapat ikan besar. foto : @ekahardi04

Uniknya, air Danau Batur ini kadang juga berubah warna lho, hal ini disebabkan karena kandungan belerang yang mengendap di dasar danau, dahulu warna air danau berwarna kebiruan dan pernah berubah menjadi hijau kekuningan.

Berendam di Pemandian Air Panas
Selain memancing dan berkeliling menggunakan perahu kita juga bisa mandi air panas, puas berkeliling danau kini saatnya kamu memanjakan tubuh dengan berendam di pemandian air panas, tak jauh dari lokasi Danau Batur terdapat pemandian air panas bernama Batur Natural Hot Spring atau wisatawan domestik biasa menyebutnya dengan nama Toya Bungkah.

Sumber air panas di pemandian Toya Bungkah berasal dari kaki Gunung Batur yang merupakan gunung berapi aktif dan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung

Danau batur Kintamani juga bisa menjadi pilihan alternatif wisata keluarga di Bali dikala kamu sudah bosan dengan wisata pantai pantainya, wisata Bali satu ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak, ditambah lagi akses menuju Danau Batur sangat mudah dan juga sudah terdapat banyak penginapan, jadi tunggu apa lagi ?

baca juga :
tips berlibur ke Bali pertama kali
tips berlibur ke Bali dengan murah

foto pemandangan danau batur 
pemandangan danau batur dari ketinggian. foto : @denada_visitia



Fasilitas :

  • Restoran
  • Sewa Perahu
  • Spot Foto 
  • Dan masih banyak lagi



Harga Tiket Masuk Danau Batur Kintamani :
Rp. 15.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak hotel di dekat wisata Danau Batur, sejauh ini Hotel atau Villa terdekat dari Danau Batur adalah :

#The Ayu Villa Kintamani
Jarak dari Danau Batur 1km (lihat peta cara menuju kesana dari Danau Batur)
Harga berkisar antara Rp. 1.000.000 - Rp. 4.000.000/malam
Cek dan Booking sekarang

#Arlina's Bungalow
Jarak dari Danau Batur 1km (lihat peta cara menuju kesana dari Danau Batur)
Harga berkisar antara Rp. 300.000 - Rp. 500.000/malam
Cek dan Booking sekarang






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali
  • 67 km dari pusat kota Denpasar melalui Jl. Nusantara (1 jam 53 menit)
  • 79 km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. Nusantara (2 jam 9 menit)
  • 147 dari Pelabuhan Gilimanuk (3 jam 57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Wisata Danau Batur

#Dari Bandara Ngurah Rai dan Sekitarnya
Dari Bandara Ngurah Rai kamu tinggal menuju ke jalan By Pass Ngurah Rai - Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga sampai di perempatan jalan pantai Siyut. Dari perempatan jalan pantai Siyut belok ke kiri menuju Jalan Raya Tulikup - Jalan Taman Bali.

Nah, dari Jalan Taman Bali lanjutkan perjalananmu menuju kota Bangli, sesampainya di Kota Bangli ikuti saja jalan Nusantara, arahkan kendaraanmu menuju ke Utara (searah dengan objek wisata Penelokan).

Dari objek wisata penelokan lanjutkan perjalanan menuju Jalan Windu Sara hingga kamu sampai di sebuah pertigaan yang apabila belok ke kanan kamu akan menuju dermaga Danau Batur dan objek wisata Desa Trunyan. Sedangkan jika kamu memilih ke kiri akan menuju objek wisata pemandian air panas Toya Bungkah dan Danau Batur.







Tips Saat Berlibur Ke Danau Batur :

  • datanglah saat pagi hari untuk merasakan suasana dan sejuknya udara di kawasan Danau Batur.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • lokasinya juga sangat cocok bagi kamu yang menyukai fotografi landscape.
  • setelah puas berkeliling, cobalah untuk mandi di pemandian air panas toya bungkah untuk merilekskan otot tubuh.










Wisata Terdekat Dari Danau Batur (- 1 Jam ) :

Gunung Batur (9 menit)
Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali, Gunung Batur terkenal memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah.

Batur Natural Hot Spring (1 menit)
Batur Natural Hot Spring atau Pemandian Air Panas Toya Bungkah merupakan pemandian air panas terdekat dari Danau Batur, pemandian ini sangat cocok dikunjungi setelah puas berkeliling di Danau Batur untuk merileks-kan otot tubuh.

Desa Trunyan (7 menit)
Desa Trunyan adalah salah satu Desa Wisata unik di Bali, Desa Trunyan terkenal memiliki tradisi pemakaman yang bisa dibilang cukup "aneh". Ketika kamu melihatnya, kamu akan kaget karena ketika umumnya orang meninggal itu dikuburkan, di Desa Trunyan malah dibiarkan begitu saja.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar