Danau Beratan Yang Termasuk 20 Danau Tercantik Di Dunia


Melihat Indahnya Danau Beratan Diatas Perahu





Selain danau batur yang merupakan danau terluas di Bali, ternyata Bali masih memiliki satu danau lagi yang tak kalah mempesona yaitu danau beratan bedugul, terletak diketinggian 1239 mdpl membuat udara disekitar danau cukup sejuk dan segar.






indahnya danau beratan bedugul 
pemandangannya keren ya. foto dari IG : @daily_secret






Disamping danau beratan terdapat sebuah pura yang bernama Ulun Danu Beratan, keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengunjunginya, keindahan danau dan keelokan pura menjadi daya tarik utama di kawasan ini.

Pemandangan alam di danau Beratan tak perlu diragukan lagi keindahannya, namun perlu diingat, temperatur di kawasan danau pada malam hari sekitar 18o C dan pada saat sinag hari bisa mencapai 240 C, danau bedugul memiliki luas sekitar 375 hektar dengan kedalaman kurang lebih 22 – 48 meter dan total luas keliling sekitar 12 kilometer, menjadikan danau beratan ini terluas kedua di bali setelah danau batur.

baca juga : danau Kaolin, danau indah mirip luar negri





Apa Yang Menarik Di Danau Beratan ?


Pura Ulun Danu
pura ulun danu terletak di ujung danau beratan, dibangun pada abad ke-17 sebagai “subak”, subak merupakan bahasa bali yang berarti “irigasi” namun fungsi utama pura ini adalah sebagai tempat pemujaan Dewi Danu (dewi air/kesuburan).




indahnya pura ulun danu beratan 
pemandangan pura ulun danu. foto dari IG : @bradeastman







Pura Ulun Danu akan terlihat indah ketika pagi hari, yaitu saat matahari terbit dimana sinarnya menyinari danau dan kabut meyelimuti gunung, momen seperti itulah yang ditunggu oleh wisatawan, sering juga lokasi ini digunakan untuk foto prewedding.

Arsitektur pura sangat mencirikan bangunan khas Bali yaitu memiliki atap yang bertingkat seperti menara, Tingkat tersebut menyimbolkan kepercayaan umat hindu Bali terhadap tiga dewa, yaitu Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat), dan Dewa Siwa (3 tingkat).
Jika kamu penasaran bagaimana bentuk dari pura ulun danu beratan ini, silahkan keluarkan uang 50.000 milikmu dan lihat di gambar tersebut, itulah gambar dari pura ulun danu beratan.

baca juga : Upside Down World Bali, rasakan sensasi terbalik di dalam ruangan

Berkeliling Danua Dengan Perahu
sama seperti saat kita di danau batur, di kawasan danau beratan kita juga bisa mengelilingi danau dengan cara menyewa perahu yang sudah disediakan, kita bisa melihat indahnya kawasan danau dan sekitarnya dari atas perahu. selain berkeliling dengan perahu kita juga bisa memancing di danau ini lho.

Karena kawasan wisata danau beratan bedugul ini merupakan salah satu wisata unggulan di Bali, jadi fasilitasnya juga cukup memadai, banyak penjual makanan dan minuman di sekitar danau, dari harga yang paling murah seperti di warung hingga makanan mahal seperti di restoran.

Akomodasinya juga cukup mudah, disekitar kawasan wisata danau bedugul ini sudah terdapat banyak tempat penginapan seperti hotel dan villa, tinggal kita pilih saja mana yang cocok dengan budget dan selera kita. Danau beratan bedugul juga pernah masuk dalam daftar 20 danau tercantik di dunia lho (sumber : huffingtonpost.com)

Akses menuju lokasi juga sangat mudah karena berada di jalan raya yang menghubungkan kabupaten Tabanan dan Singaraja, sangat cocok untuk kita yang mencari wisata keluarga selain pantai, karena di kawasan ini juga sudah terdapat taman bermain anak.






Tips Saat Berlibur Ke Danau Beratan :

  • Untuk melihat pemandangan dari sudut lain, kamu bisa mencoba berkeliling danau dengan menggunakan perahu, maka kamu bisa melihat indahnya pemandangan danau Beratan dan Pura Ulun Danu.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah saat pagi hari dan sore menjelang sunset.
  • Lokasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • 55 Km dari pusat Kota Denpasar melalui Jl. I Gusti Ngurah Rai (1 jam 47 menit)
  • 48 Km dari Kabupaten Tabanan melalui Jl. Raya Denpasar - Gilimanuk (1 jam 39 menit)
  • 63 km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. Denpasar - Singaraja (2 jam 7 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)









Buka  pada jam 08:00 – 18:00 WITA




Wisata Terdekat Dari Danau Beratan :

Kebun Raya Bedugul (9 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »