Tips Mendaki Gunung Batur, Gunung Tertinggi Kedua di Bali

1 Comments A+ a-

Ngaku pecinta alam ? atau pendaki gunung ? saat berlibur ke Bali kenapa tidak mencoba untuk mendaki di gunung ini.

gunung batur bali
gunung batur. foto : @michaeleckstein71

Bali bukan hanya tentang pantai pantai indahnya dan pura saja, melainkan terdapat juga wisata alam seperti air terjun dan gunung, salah satunya Gunung Batur.

Gunung Batur terletak di daerah Kintamani, merupakan gunung berapi yang masih aktif di Bali, Gunung Batur terakhir meletus pada tahun 2004, dan letusan paling dahsyat terjadi pada tahun 1926 yang sempat mengubur Desa Batur dan Pura Ulun Danu dengan lavanya.

Desa Batur dan Pura Ulun Danu Batur dibangun kembali dibagian selatan Kintamani, Pura Ulun Danu hingga kini terkenal sebagai pura paling indah di Bali, pura ini dipersembahkan kepada “dewi danu” merupakan dewi yang dipercayai umat hindu sebagai penguasa air.

Disamping letusannya yang mengerikan, tersimpan berbagai keindahan yang terdapat di Gunung Batur ini lho, Desa Kintamani merupakan salah satu kawasan wisata favorit bagi pecinta alam, udara di daerah ini cukup sejuk karena berada di kaki Gunung Batur yang memiliki ketinggian 1717 mdpl, tingginya hampir sama dengan gunung andong di magelang kan ya?

danau batur kintamani
view danau batur dan gunung agung. foto : @jackct129

Tepat dibawah Gunung Batur terdapat sebuah danau terluas di Bali, danau ini bernama Danau Batur, saat sampai setengah perjalanan pendakian Gunung Batur kita sudah bisa melihat indahnya Danau Batur dari ketinggian.

Starting point pendakian atau basecamp Gunung Batur berada di Desa Toya Bungkah, saat sampai di Desa Toya Bungkah kita akan dihampiri oleh banyak guide yang menawarkan diri sebagai pemandu hingga puncak, namun jika kamu tidak mau menggunakan jasa guide juga tidak masalah kok.

Tapi sebenarnya sangat disarankan untuk menggunakan Guide, Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB) pun sebagai himpunan pemandu Gunung Batur, sangat menyarankan untuk setiap turis yang mendaki Gunung Batur agar menggunakan jasa pemandu.

Selain kita tidak akan tersesat, kita juga membantu perekonomian warga sekitar, jadi tidak ada salahnya kan?

indahnya sunrise gunung batur kintamani 
pemandangan sunrise di puncak batur. foto : @kokaiiniajakonetuliaseita

Ada satu hal unik yang bisa kita lakukan di puncak Gunung Batur ini, yaitu kita bisa merebus telur dengan alami, caranya, pertama kita harus mencari tanah yang masih mengeluarkan asap, lalu kuburlah telur yang kamu bawa kedalam tanah tersebut, dan tunggu hingga kira kira sudah matang.


Rute Menuju Starting Point Gunung Batur

Dari Kuta kamu bisa langsung menuju ke Kintamani, Bangli. tepatnya ke desa Penelokan (kintamani), cari jalan turun ke Danau Batur. Terus Ikuti jalan turun tersebut sampai ada pertigaan, dari situ belok kiri.

Dan setelah melewati jalan yang dikelilingi batu lava kering akibat letusan Gunung Batur yang cukup panjang, maka kamu akan sampai di Desa Toya Bungkah.

Jalur Pendakian Gunung Batur Bali

Gunung Batur merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah gunung Agung, memiliki 2 jalur yaitu desa Toya Bungkah dan Pura Jati.

Estimasi waktu pendakina kira kira 1,5 jam hingga 2 jam tergantung kecepatan kamu saat mendaki, biasanya wisatawan lebih memilih lewat jalur Thoya Bungkah.

foto lautan awan di puncak gunung batur 
lautan awan di puncak gunung batur. foto : @whatawasteoftime





Tips Mendaki Gunung Batur Kintamani

  • yang paling penting adalah, bawa turun sampahmu, jangan buang sampah sembarangan, jangan mecoret coret apapun yang kamu lewati, dan jangan merusak alam.



  • seperti halnya gunung gunung lainnya di Indonesia, disarankan untuk berolahraga seminggu sebelum mendaki, walaupun gunung batur tidak terlalu tinggi, namun rutenya cukup menantang bagi pendaki pemula, untuk mencegah kram jadi sangat disarankan untuk olahraga terlebih dahulu.



  • bawalah telur mentah dari bawah, untuk merebusnya saat sampai di puncak, walaupun ada juga yang berjualan diatas namun harganya bisa jauh lebih mahal.



  • perhitungkan waktu pendakian jika memang tidak membawa tenda, jangan sampai kamu sampai puncak beberapa jam sebelum matahari terbit, selain terlalu lama menunggu sunrise kita juga bisa menggigil kedinginan.



  • bawalah barang secukupnya, karena gunung ini tidak terlau tinggi jangan sampai memberatkan diri sendiri ketika mendaki, dan tentunya gunakan sepatu atau sandal gunung agar tidak mudah terpeleset.



  • gunakan jasa pemandu jika kamu belum pernah mendaki di gunung batur untuk menjaga keselamatan, kita bisa bernegosiasi masalah harga hingga mendapatkan harga yang cocok.

  • Guide : kurang lebih Rp. 60.000/orang (tergantung negosiasi)




Lokasi :

  • Alamat ; Kintamani, Bangli, Bali
  • 69 km dari pusat kota Denpasar melalui Jl. Nusantara (2 jam 1 menit)
  • 82 km dari Bandara Ngurah Rai melalui Jl. Nusantara (2 jam 17 menit)
  • 144 dari pelabuhan gilimanuk (3 jam 53 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Gunung Batur :

Danau Batur (9 menit)
Batur Natural Hot Spring (9 menit)




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments

1 komentar:

Write komentar
11/06/2015 11:04 PM delete

Masih jadi Gunung impian saya untuk di daki nih, sekalian sama Gunung Agung.
Lumayan deket ya 1,5 jam pendakian?

Salam kenal mas:)

Reply
avatar