Air Terjun Mata Jitu Pesona Keindahan Pulau Moyo


Pernah mendengar tentang pulau moyo ? pulau yang terletak sekitar 3 kilometer sebelah utara lepas pantai sumbawa ini menjadi salah satu tempat tujuan favorit bagi traveler yang sedang berkunjung di Nusa Tenggara Barat.


indahnya air terjun mata jitu pulau moyo 
air terjunnya bertingkat. foto : putureza


Memiliki luas sekitar 32.000 hektar, secara administratif pulau moyo masih termasuk dalam wilayah desa labuan aji dan desa sebotak, kabupaten sumbawa, Nusa Tenggara Barat


Daya tarik utama di pulau moyo adalah air terjun mata jitu, keindahan air terjun ini sudah terkenal di dunia, banyak tokoh dunia yang sudah pernah datang kesini seperti Van Der Sar dan mendiang Putri Diana, sejak Lady Diana mengunjungi air terjun ini pada tahun 1993, keindahan air terjun mata jitu menjadi sangat populer di dunia, bahkan sebagian wisatawan dan masyarakat sekitar menyebutnya "Queen Waterfall".

Untuk menuju ke lokasi air terjun kita harus berjalan kaki sekitar 3 kilometer dari pantai atau sekitar 20-30 menit kita akan sampai di tempat tujuan, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan air terjun mata jitu tersebut, suasananya yang tenang karena terletak di tengah hutan dengan pemandangan yang masih asri bisa melupakan rasa lelah kita setelah setengah jam berjalan kaki.

Karakteristik air terjun mata jitu memang sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun pada umumnya, aliran air disini sangat jernih dengan warna hijau kebiruan seperti air laut, batu-batu disekitarnya juga bukan batu padat melainkan batu kapur.



foto air terjun mata jitu lady diana di pulau moyo 
yuk basah basahan. foto : ethatha


Sebenarnya wisatawan yang datang kesini dilarang mandi di air terjun karena alasan untuk menjaga keasrian alam disekitarnya, jika kamu ingin mandi, sudah ada tempat yang disediakan khusus, karena itulah tersebut kealamian di kawasan air terjun sangat terjaga.

Air terjun mata jitu memiliki ciri khas yaitu berbentuk berundak dengan memiliki 3 bagian, yaitu bagian atas, tengah, dan bawah, jadi bagi kamu yang ingin mandi tidak usah kecewa. kita bisa mandi dibagian bawah, karena dibagian atas dan tengah hanya boleh digunakan untuk tamu amanwana dan tamu pemerintah daerah.

Stalaktit-stalagmit yang menghiasi permukaan dinding Air Terjun Mata Jitu menambah indah pemandangan yang tersaji. Bentuk stalaktit dan stalagmit yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

untuk penginapan, jika kamu memiliki budget lebih bisa mencoba untuk menginap di satu satunya hotel di pulau moyo yaitu Amanwana Resort dengan harga sekitar $800/malam, atau kamu juga bisa mencoba untuk mencari penginapan bertipe homestay, sudah banyak warga sekitar yang menyediakan tempat penginapan seperti ini dengan harga sekitar 200-700ribu, tinggal tanya-tanya dengan masyarakat setempat.


Rute Menuju Pulau Moyo

Bagi kamu yang ingin kesini, kamu bisa mengikuti rute Mataram (lombok) – pelabuhan kayangan – pelabuhan pota tano – sumbawa besar – pelabuhan muara kali – pulau moyo (kurang lebih 6 jam)


foto pemandangan pulau moyo 
masih sangat alami lho. foto : yulitasimon





Tips Berlibur ke Pulau Moyo :


  • bawalah perbekalan makan dan minum, karena letak air terjun mata jitu ditengah hutan jadi tidak ada warung atau penjual makanan.

  • siapkan stamina sebelum memutuskan untuk mengunjungi objek wisata ini, karena kamu diharuskan untuk berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit.

  • jika kamu berlibur ke sumbawa, wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas daerah sumbawa.

  • bawalah kamera anti air untuk berjaga jaga jika tercebur ke air.

  • jika kamu ingin menuju ke pulau moyo, dapat ditempuh dari kota mataram, lombok, penyebrangan dari pelabuhan kayangan menuju pota tano, setelah itu diteruskan dengan perjalanan darat menuju kabupaten sumbawa lalu dilanjutkan menuju pulau moyo.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB





Wisata Terdekat Dari Air Terjun Mata Jitu :

Pantai Tanjung Pasir
Pantai Ai Manis

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »