Berpetualang Menuju Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Yuk


Kamu Berjiwa Petualang ? Belum Sah Jika Berlibur Ke Lombok Tapi Tidak Mengunjungi Objek Wisata Ini



Bosen dengan wisata pantai ? tenang, di pulau lombok terdapat wisata lain selain pantai, namun bukan Gunung Rinjani ya, tepatnya di lombok utara, terdapat sebuah air terjun yang memiliki pemandangan alam sangat indah.


indahnya tiu kelep waterfall lombok utara 
pemandangannya keren. foto : fahmiadimara


Tiu Kelep waterfall, merupakan salah satu air terjun yang terdapat di senaru, lombok utara, memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan terletak di kaki gunung rinjani menjadikan udara di tempat wisata ini cukup segar, air terjun tiu kelep banyak di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, bahkan air terjun Tiu Kelep juga menjadi lokasi syuting film MTMA The Movie juga lho.


Tiu kelep juga menjadi salah satu tempat tujuan favorit bagi wisatawan yang menyukai kegiatan alam, karena kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk menuju ke lokasi air terjun, tiu kelep berada diatas air terjun sendang gile, jadi kita bisa mengunjungi 2 air terjun sekaligus di kawasan ini.

Air terjun sendang gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki kita sudah bisa melihat kerennya air terjun Sendang Gile, berbeda dengan tiu kelep yang membutuhkan waktu 30 menit berjalan kaki dari sendang gile, karena itu banyak wisatawan yang lebih memilih berkunjung ke sendang gile saja.

Sendang Gile memang tidak memiliki kolam layaknya di Tiu Kelep, tapi sering terlihat orang-orang bermain-main di bawahnya. Pada hari libur, objek wisata ini akan ramai oleh pengunjung, uniknya jika sinar matahari tak terhalang awan, kita bisa melihat lengkungan pelangi yang nampak indah. Bagian tengah dari air terjun ini pun tertutupi oleh dedaunan tumbuhan paku.



foto pemandangan air terjun tiu kelep lombok 
jangan lupa foto dulu ya. foto : una_syailillah


Namun bagi kamu yang berjiwa petualang, tidak sah apabila kamu tidak mengunjungi air terjun tiu kelep juga, sepanjang perjalanan menuju kedua air terjun kamu akan melewati lebatnya pepohonan hutan yang masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Saat melanjutkan perjalanan menuju air terjun tiu kelep, kita akan melewati hutan yang sangat lebat, sungai, dan menuruni tangga yang cukup curam, rasa lelah akan terbayar dengan indahnya pemandangan di air terjun.

Di sepanjang perjalan menuju ke kedua air terjun tersebut, kita akan disuguhkan dengan pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh di area ini adalah tumbuhan tropis. Seperti Pohon Bajur (Pterocarpus sp.), Pohon Ipil (Insia biyuga), Pohon Sentul (Sondarium), dan Pohon Jati (Tektona grandis).

Banyak fotografer lokal maupun mancanegara yang betah disini, mereka sibuk mengabadikan keindahan alam yang dimiliki kedua air terjun tersebut, untuk menuju ke lokasi wisata alam ini bisa dibilang cukup mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota mataram.

Setelah puas menjelajah hutan, kita bisa mampir sejenak di warung warung dekat kawasan wisata air terjun, sudah terdapat restoran di sekitar wisata ini jadi jangan kawatir kelaparan, kamu juga bisa mencoba makanan khas lombok yang lezat itu lho.

“Tiu Kelep” berasal dari bahasa suku sasak yang berarti “kolam terbang” karena di lokasi air terjun tiu kelep dibawahnya terdapat kolam yang mengeluarkan busa karena derasnya aliran air, sedangkan “Sendang Gile” diambil dari legenda setempat yang menceritakan seorang pangeran yang sedang dikejar singa gila, lalu pangeran tersebut bersembunyi dibalik air terjun, maka air terjun itu dinamakan sendang gile.


foto indahnya tiu kelep waterfall 
suasana sekitar air terjun. foto : ketut_dastra





Tips Berlibur di Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep :


  • gunakan sendal/sepatu treking karena jalanan berbatu biasanya licin
  • jika berlibur saat musim hujan disarankan untuk membawa jas hujan
  • apabila takut tersesat, disarankan untuk menyewa pemandu
  • jika kamu tidak suka keramaian, disarankan untuk tidak mengunjungi objek wisata saat akhir pekan karena lokasi akan sangat padat oleh pengunjung
  • jangan buang sampah sembarangan
  • siapkan stamina karena kita akan berjalan selama kurang lebih 1 jam






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
  • 83 Km dari Kota Mataram melalui Jl. Raya Bayan (2 jam 9 menit)
  • 115 Km dari Bandara Int. Lombok melalui Jl. Raya Bayan (2 jam 47 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Air Terjun Tiu Kelep :

Gunung Rinjani (5 menit)
Bukit Pergasingan (48 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »