Gili Labak, Spot Snorkeling Terbaik Di Jawa Timur




Mari Melihat Keindahan Surga Tersembunyi Di Jawa Timur



Gili, jika kita mendengar kata itu pasti yang terpikir di kepala adalah gili trawangan atau gili lainnya yang ada di lombok, tapi apa kamu tahu jika di jawa timur juga terdapat gili ? namanya gili labak, selama ini kita mengenal madura dengan jembatan suramadunya kan, kini gili labak menjadi ikon wisata di madura lho.



foto snorkeling di gili labak 
snorkeling di gili labak. foto : gililabakisland



Pulau Gili Labak dahulunya disebut dengan nama pulau tikus, entah kenapa bisa disebut begitu, pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan dihuni kurang lebih 40 kepala keluarga, cukup kecil kan ? saat kamu berada disini memang terasa sedang tidak berada di madura.



Walaupun dihuni oleh kurang lebih 40 kepala keluarga, namun sebagian besar masyarakat yang tinggal di pulau gili labak hanya bisa berbahasa madura, jadi alangkah lebih baiknya dalam rombongan kamu ada minimal satu orang yang bisa berbahasa madura.

Pemandangan di pulau ini sudah tidak diragukan lagi, pasir putih dan birunya laut menjadi pemandangan pertama yang akan kita lihat, bukan cuma itu saja, taman bawah laut di pulau ini juga tak kalah mempesona.




foto pemandangan indah gili labak 
kelihatan bersih dan keren. foto : cece_afila




Banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat keindahan bawah laut di pulau gili labak, diving dan snorkeling menjadi aktivitas utama yang tak boleh kamu lewatkan jika sedang berlibur kesini, selain dua aktivitas diatas, kita juga bisa berjemur, berjalan jalan santai sepanjang pantai atau hanya berenang saja.

Pun bagi kamu yang menyukai petualangan, kamu bisa menjelajah pulau kecil ini dengan berjalan kaki, untuk mengelilingi pulau gili labak hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja kok, oh iya bagi kamu yang ingin snorkeling jangan lupa membawa peralatan sendiri ya, karena di pulau gili labak tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling.


Sebagai tempat wisata yang kini menjadi populer, banyak traveler baik lokal maupun mancanegara ingin mencoba merasakan pesona gili labak, pun bagi kamu yang tak ingin repot, saat ini sudah banyak kok paket wisata yang menawarkan perjalanan ke gili labak, tinggal pilih-pilih saja.


foto suasana di gili labak 
jernihnya air laut dan putihnya pasir pantai. foto : ramaditya_20




Pesona keindahan pulau gili labak memang tak diragukan lagi, tapi sayang tidak didukung oleh fasilitas yang memadai, seperti listrik yang masih mengandalkan tenaga surya, tidak terdapatnya warung dan air bersih yang masih mengambil dari pulau lainnya. Walaupun infrastrukturnya kurang memadai, tapi tak menyurutkan animo masyarakat untuk melihat keindahan surga tersembunyi madura ini.




Untuk akses menuju lokasi sendiri, pertama kita harus menuju ke kabupaten sumenep, apabila kalian berasal dari surabaya, bisa naik bis di terminal bungurasih untuk menuju ke madura, nah, biasanya pemberhentian terakhir berada di terminal sumenep atau pelabuhan kalianget.

Estimasi waktu dari terminal bungurasih hingga terminal sumenep kurang lebih 4 jam, apabila bis hanya berhenti di terminal sumenep, kita bisa menggunakan ojek atau menyewa angkot untuk menuju ke pelabuhan kalianget, yaitu pelabuhan tempat kita menyeberang ke pulau gili labak.

Sebelumnya, ada dua jenis bis yang bisa kita pilih, yaitu bis AC dan ekonomi, untuk bis AC sendiri, perjalanan akan melalui tol suramadu, sehingga menghemat waktu 1 jam, biasanya bis jenis ini berangkat saat malam hari, sedangkan untuk bis ekonomi, waktu keberangkatan biasanya pagi atau siang hari, jalur yang dilewati menggunakan kapal ferry melalui pelabuhan tanjung perak dengan estimasi waktu sekitar 6 jam.

Karena pulau gili labak termasuk pulau kecil, jadi tidak ada kapal besar yang berlabuh disini, untuk menuju ke pulau gili labak dari pelabuhan kalianget, kita harus menyewa perahu motor nelayan dengan harga kurang lebih Rp.500.000 untuk pulang-pergi dengan kapasitas sekitar 18 orang/perahu, waktu tempuh sekitar 2 jam, tergantung ombak dan cuaca.




foto cantik di gili labak jawa timur 
bersih dan cantik. foto : gililabakisland





Tips Saat Berlibur Ke Gili Labak :


  • dari terminal sumenep menuju pelabuhan kalianget saat siang hari akan susah untuk menemukan angkot, biasanya hanya ada saat malam hari, sebagai penggantinya kamu bisa menggunakan ojek.
  • jangan lupa membawa peralatan diving atau snorkeling sendiri dan perbekalan makanan.
  • dari surabaya, pilihlah bis malam, karena biasanya bis malam melakukan pemberhentian terakhir hingga pelabuhan kalianget.
  • apabila kamu ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan alam, kamu bisa mendirikan tenda di pinggir pantai, tapi yang perlu diingat, jangan lupa membawa logistik secukupnya ya, perhatikan juga ketersediaan air bersih, dan tentunya jangan membuang sampah sembarangan.
  • waktu paling tepat untuk berkunjung ke pulau gili labak adalah saat musim kemarau, dan tentunya kita juga harus memperhatikan cuaca terlebih dahulu, karena kita menggunakan perahu nelayan jadi akan sangat berbahaya jika ombak besar datang.
  •  listrik disini hanya menyala saat malam, pastikan kamu sudah mengisi penuh batray smarphone agar tetap bisa mengabadikan keindahan pulau kecil ini




Lokasi :


  • Alamat ; Kecamatan Talang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.
  • sekitar 2-3 jam perjalanan laut dari pelabuhan kalianget
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Gili labak menjadi pilihan wisata paling tepat jika kamu menyukai suasana tenang di pinggir pantai dan kegiatan snorkeling atau diving, jadi kapan kamu berlibur ke gili labak ?


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »