Info dan Tips Lengkap Gunung Puntang, Bumi Perkemahan Favorit di Bandung



Mari Berwisata Alam Di Bumi Perkemahan Gunung Puntang


Bandung. hayo, wisata apa saja yang sudah kamu kunjungi di Bandung ? trans studio, kawasan wisata di lembang, atau farm house yang terkenal dengan rumah hobbit mirip di luar negeri itu ? Bandung sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa kita kunjungi.


foto bersepeda di sungai gunung puntang 
bersepeda di sungai. foto : wisnusiswanda 


Apa kamu tahu jika di Bandung ternyata terdapat sebuah gunung yang menarik untuk dikunjungi ? namanya adalah Gunung Puntang, kawasan wisata Gunung Puntang sudah lama terkenal sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bandung, terutama  bagi mereka pecinta alam.

Gunung Puntang juga dikenal dengan sebutan Bumi Perkemahan Gunung Puntang, objek wisata alam Bandung satu ini juga menjadi tempat perkemahan, jadi tak heran jika saat kita berkunjung ke Gunung Puntang terdapat banyak pelajar atau mahasiswa yang sedang mengadakan acara kemah.


foto jalan jalan santai di gunung puntang bandung jawa barat 
jalan jalan santai. foto : rekagustini


Gunung Puntang sendiri memiliki ketinggian 2223 mdpl, sedangkan kawasan bumi perkemahan berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl, yang menjadikan udara dikawasan Bumi Perkemahan sangat sejuk dan segar, tak hanya itu saja. pemandangan alam di kawasan Gunung Puntang juga sangat indah dan asri lho, sangat cocok untuk melakukan kegiatan berbau alam.


Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Gunung Puntang, seperti berkemah, trekking hingga downhill, ya, banyak juga lho wisatawan yang bersepeda di kawasan Gunung Puntang ini, sangat pas bagi kamu pecinta kegiatan yang memacu adrenalin, sesekali boleh lah kamu mencoba trek di Gunung Puntang ini.


foto bersepeda di kawasan gunung puntang bandung 
bersepeda juga seru lho. foto : reksart 


Selain itu terdapat juga air terjun siliwangi yang menambah daya tarik dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang, dan tepat didepan bekas reruntuhan stasiun radio belanda terdapat sebuah kolam besar bernama kolam cinta, karena kolam tersebut memiliki bentuk "LOVE", namun sayang, kolam ini sudah tidak dirawat lagi.


Tapi tenang, bagi kamu yang sedikit kecewa, mari kita beralih ke spot keren lainnya, di kawasan Gunung Puntang juga terdapat Goa Belanda yang memiliki panjang sekitar 20 meter, namun sayangnya goa tersebut kini ditutup akibat banyaknya wisatawan yang tersesat didalam goa.

Selain berkeliling dikawasan Bumi Perkemahan, kita juga bisa mendaki ke Puncak Mega Gunung Puntang lho, pendakian menuju Puncak Mega memakan waktu sekitar 4 jam dari kawasan perkemahan dengan jalur menanjak hingga puncak, ditambah lagi tidak adanya sumber air di jalur pendakian, jadi bawalah perbekalan yang mencukupi.


foto pendakian gunung puntang bandung 
wisatawan mulai mendaki. foto : bdgonphoto


Sejarah Gunung Puntang

Menengok sedikit tentang sejarah Gunung Puntang, karena lokasinya yang sangat strategis, dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat siaran radio yang sinyalnya bisa terdengar hingga negara Belanda.

Pada tahun 1923 kawasan ini dijadikan jalur komunikasi, lalu dibangunlah sebuah stasiun radio yang menurut cerita merupakan stasiun radio terbesar di dunia pada zamannya dulu.

Tapi kini, reruntuhan dari stasiun radio tersebut hampir tidak bisa kita temukan, yang tersisa hanyalah dataran luas bekas pemukiman dan tembok tembok bekas bangunan yang hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh rerumputan.


Rute Menuju Gunung Puntang Bandung

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Gunung Puntang, akses menuju tempat tujuan tidaklah sulit, lokasinya yang cukup strategis menjadikan kita mudah menjangkaunya, pun bagi kamu yang berasal dari luar daerah.

Dari pusat Kota Bandung silahkan menuju arah Banjaran, setelah sampai di Banjaran, perjalanan dilanjutkan menuju arah Pangalengan, sekitar 5 km dari Pangalengan terdapat plang petunjuk jalan menuju objek wisata Gunung Puntang, silahkan belok kiri (mengikuti plang) dari jalan Banjaran-Pangalengan di km +/- 5 km menuju arah Gunung Puntang, nah, setelah itu kamu bisa mengikuti petunjuk hingga sampai di lokasi.

Atau bagi kamu yang ingin menggunakan trasnportasi umum bisa naik angkot dengan tujuan akhir Soreang atau Dayeuh Kolot. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi dengan naik angkutan lokal yang menuju ke arah Cimaung dan turun di Bumi Perkemahana Gunung Puntang.




foto trekking di sungai gunung puntang jawa barat 
trekking di sungai juga tak kalah seru kok. foto : andi_juhari


Fasilitas :


  • WC
  • Tempat parkir
  • Fasilitas penunjang kegiatan outdoor
  • Penginapan
  • Masjid/Mushola
  • Dan masih banyak lainnya


Harga Tiket Masuk Gunung Puntang :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Selain berkemah, Gunung Puntang juga menyediakan villa-villa yang bisa kita sewa, villa tersebut berkonsep pondok penginapan dengan harga kisaran Rp.150.000-Rp.200.000/malam




Tips Saat Berlibur Ke Gunung Puntang :

  • datanglah saat pagi hari, kamu bisa merasakan segarnya udara khas pegunungan.
  • jika kamu penyuka aktivitas memacu adrenalin, maka kamu harus mencoba menjajal kemampuan bersepedamu di trek gunung puntang.
  • sangat cocok untuk kegiatan berkemah.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • apabila kamu ingin suasana yang lebih nyaman dan tenang, kamu bisa berkunjung di hari biasa (senin-jumat) karena saat weekend biasanya ramai oleh pengunjung.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Banjaran, Bandung, Jawa Barat.
  • 29 km dari pusat kota Bandung melalui Jl. Raya Banjaran (1 jam 16 menit)
  • 18 km dari Soreang melalui Jl. Mekar Jaya-Sindang Pangon (36 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Bumi Perkemahan Gunung Puntang :

Kawah putih Ciwidey (1 jam 40 menit)
Situ Patengan (1 jam 40 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »