Kota Tua, Wisata Murah Meriah Di Jakarta



Mengajak Keluarga Berwisata Sambil Belajar Sejarah Di Kota Tua



Kamu tinggal di jakarta, namun sering bingung mencari tempat wisata selain mall-mallnya yang sangat banyak ? ke kota tua aja, kota tua atau oud batavia (batavia lama) merupakan situs warisan yang ditujukan untuk menjaga arsitektur bangunan jaman dahulu.

Tak heran jika disini terdapat banyak sekali bangunan-bangunan dengan arsitektur jaman dahulu, lokasi ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan menghabiskan akhir pekan, tentunya bagi kamu pecinta fotografi, kawasan kota lama bisa menjadi pilihan hunting foto keren kamu.

Selain menawarkan bangunan bangunan berarsitektur lama, di kawasan ini juga terdapat restoran hingga museum lho, jadi selain berwisata kita juga bisa mendapatkan tambahan ilmu sejarah, bukankah itu seru ? apalagi bagi anak-anak.


Dibawah ini merupakan beberapa spot menarik yang harus kamu datangi saat berada di kawasan kota lama.



Museum Fatahillah

 

 

foto museum fatahillah sejarah jakarta

jakarta history museum. foto : arisssuyanto



jaman dahulu, bangunan ini digunakan sebagai balai kota, ruang pengadilan dan penjara bawah tanah, namun kini bangaunan tersebut dirubah menjadi museum yang tak lepas dari sejarah kota jakarta, oleh karena itu musuem fatahillah juga sering disebut dengan nama musuem sejarah jakarta.

setelah puas berkeliling di museum fatahillah, jangan buru buru keluar, bersantailah sejenak di taman dalam, taman dalam merupakan sebuah taman yang terletak di kawasan museum fatahillah, lokasi ini sangat cocok untuk bersantai apalagi saat cuaca sedang terik, terdapat banyak tempat duduk dan pepohonan rindang, ditambah lagi banyak juga penjual kerak telor yang merupakan makanan khas jakarta.

di bagian luar musuem terdapat lapangan yang jaman dahulu digunakan untuk mengeksekusi para tahanan, namun kini lapangan tersebut berubah menjadi lokasi yang sangat menarik, kita bisa bersepeda disini, bukan sekedar sepeda biasa, melainkan sepeda ontel khas jaman dulu.





Museum Bank Indonesia





foto suasana museum bank indonesia jakarta 
suasana museum bank indonesia. foto : meicmo




jaman dahulu, bangunan ini merupakan sebuah rumah sakit bernama Binnen Hospital, pada tahun 1828 bangunan ini di alih fungsikan menjadi de javasche bank, bangunan inilah awal berdirinya bank indonesia.

kini bangunan bank indonesia dijadikan sebuah museum, dimana lokasi tersebut menjadi spot favorit bagi remaja untuk berfoto ria, museum bank indonesia buka setiap hari pada jam 08:00-14:30 WIB (senin-kamis), 08:30-11:00 WIB (jumat), dan 09:00-16:00 WIB (sabtu-minggu).




Museum Seni Rupa Dan Keramik



foto museum seni rupa dan keramik jakarta 
halaman depan museum seni rupa dan keramik. foto : kawasankotatua




di museum seni rupa terdapat kurang lebih 350 lukisan dan 1300 jenis keramik, koleksi tersebut dari berbagai negara, mulai dari benua asia hingga eropa, bahkan jika kamu penasaran, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara membuat keramik disini lho.


museum seni rupa dan keramik terletak di tengah tengah kawasan kota tua, tak heran jika untuk menemukan lokasi ini sangat mudah, terlebih bangunannya yang mencolok dengan arsitektur mirip white house amerika.

Nah, setelah puas mengunjungi tempat-tempat menarik diatas, tentunya perut mulai keroncongan, ini saatnya kamu memanjakan perutmu, datanglah ke café batavia, oh iya, asal kamu tahu, café batavia merupakan bangunan tertua di kawasan kota tua.

disekitar area café batavia banyak sekali penjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau, jadi kamu tidak perlu kawatir kelaparan saat berlibur ke kota tua, selain di jakarta, di semarang juga terdapat kawasan serupa kota tua bernama kota lama juga lho, kamu bisa mampir kapan kapan ya.




Tips Saat Berlibur Ke Kota Tua :


  • selain menggunakan kendaraan pribadi, bisa juga dijangaku dengan kendaraan umum lainnya.
  • saat weekend dan hari libur biasanya akan ramai oleh wisatawan, jadi datanglah lebih pagi ya.
  • hati hati dengan barang bawaan kamu, karena saat ramai wisatawan disitu juga rawan oleh kejahatan.
  • jangan buang sampah sembarangan.



Lokasi :


  • Alamat ; Jalan Taman fatahillah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 
  • 10 km dari pusat kota Jakarta Barat melalui Jl. Prof. Dr. Latumeten (33 menit)
  • 11 km dari pusat kota Jakarta melalui Jl. Gajah Mada (35 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Kota Tua :

Taman Impian Jaya Ancol (15 menit)
Monas (16 menit)
Museum Nasional (19 menit)





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »