Top 18 Tempat Menarik Di Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi


Jakarta, ibu kota Indonesia ini memang memiliki infrastruktur yang memadai, banyak orang menyebut Jakarta sebagai kota yang semrawut, langganan banjir dan macet, namun jangan salah, di Jakarta juga terdapat tempat wisata keren yang mungkin bisa menjadi pilihan berlibur kamu saat weekend lho.

Tempat wisata di Jakarta banyak didominasi oleh wisata berupa taman bermain seperti waterpark dan museum, walaupun begitu, nyatanya Jakarta masih menjadi salah satu tempat tujuan favorit bagi wisatawan, terutama sebagai tujuan study tour sekolah-sekolah diluar daerah.

foto indahnya bundaran HI sore hari 
bundaran HI saat sore hari


Nah, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga, wisata-wisata Jakarta dibawah ini hanyalah beberapa saja, masih terdapat banyak sekali tempat wisata keren dan menarik di Jakarta.


Ocean Ecopark


ocean ecopark ancol
yuk ngasih makan ikan. foto : ekowd



Tempat wisata di Jakarta pertama adalah Ocean Ecopark, Ocean Ecopark merupakan salah satu objek wisata di Jakarta yang mengusung konsep unik, sesuai namanya, Ocean Ecopark akan mengajak kita untuk "back to nature", ada banyak kegiatan seru berbau alam yang bisa dilakukan di Ocean Ecopark, mulai dari belajar menanam, bersepeda, bermain outbond, hingga berkunjung ke rumah lebah, tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak untuk lebih mengenal alam.



Museum Gajah


koleksi kermaik vietnam di museum gajah
koleksi keramik vietman di museum gajah. foto : adriana



Wisata di Jakarta selanjutnya yaitu Museum Gajah, walaupun namanya Museum Gajah, bukan berarti terdapat banyak gajah di Museum ini, Museum Gajah atau juga dikenal dengan nama Museum Nasional merupakan salah satu Museum dengan koleksi terlengkap di Indonesia selain Museum Purba Sangiran.

Setidaknya terdapat kurang lebih 142.000 koleksi yang terpajang dikawasan Museum dengan dibagi menjadi beberapa kategori seperti arkeologi, keramik, etnografi, geografi dan sejarah, Museum Gajah sangat cocok sebagai media belajar dan wisata di Jakarta yang sangat sayang untuk dilewatkan.



Masjid Istiqlal


masjid istiqlal
masjid istiqlal jakarta. foto : nnabilahmnasir


Beralih ke wisata religi, di Jakarta terdapat sebuah Masjid dengan arsitektur sangat megah, namanya Masjid Istiqlal, atau dalam bahasa Indonesia Istiqlal berarti Merdeka, arsitektur Masjid Istiqlal merupakan gabungan dari gaya Indonesia dan Timur Tengah, sehingga terlihat sangat indah.



Gereja Katedral


gereja katedral jakarta
serasa diluar negeri ya. foto : heni_sukma


Selain wisata religi bagi umat muslim, di Jakarta masih terdapat wisata religi lainnya yang tak kalah keren, yaitu Gereja Katedral, Gereja ini merupakan Gereja tertua di Jakarta karena dibangun pada tahun 1901.


Setu Babakan


sunset di danau setu babakan
sunset di setu babakan. foto : hd_1803


Kembali ke wisata alam dan budaya, tempat wisata di Jakarta satu ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan, terutama wisatawan lokal, Setu Babakan merupakan sebuah kawasan wisata budaya, di kawasan Setu Babakan kita bisa mengenal budaya Betawi lebih jauh.

Selain itu terdapat sebuah danau yang menjadi ikon wisata dari Setu Babakan, di danau ini kita bisa berkeliling menggunakan perahu dengan pemandangan alam sekitarnya yang terlihat cukup asri.


Waterboom Jakarta


waterboom jakarta
waterboom jakarta. foto : niaramadhania


Waterboom Jakarta merupakan salah satu tempat wisata yang sudah sangat populer, waterpark ini memiliki banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba, tapi untuk berkunjung ke Waterboom Jakarta, kamu harus pandai-pandai memilih hari, sebab objek wisata Jakarta ini tak pernah sepi oleh pengunjung.

Monas (Monumen Nasional)


foto keren monas
monas. foto : ifahadaninggar 



Wisata di Jakarta lainnya adalah Monas, siapa yang tidak tahu tentang Monas ? Monas didirikan untuk mengenang perlawanan rakyat indonesia dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah, berdiri kokoh dengan tinggi sekitar 132 meter, Monumen yang dibangun oleh presiden pertama Ir. Soekarno ini memiliki ujung yang dilapisi emas.

Monas memang sudah menjadi ikon kota jakarta, banyak orang dari luar daerah datang kesini untuk sekedar melihat dan berfoto, selain itu lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event seru yang tidak boleh kamu lewatkan, saat kamu datang di malam hari maka kamu akan melihat indahnya monas dengan air mancur yang mengelilinginya.






Kota Tua


foto kota tua jakarta 
kota tua. foto : arif_kusmawan

Wisata Jakarta selanjutnya adalah kawasan Kota Tua, Kota Tua merupakan salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, sama halnya dengan Kota Lama di semarang, disini kamu masih bisa menemukan bangunan bangunan dan berbagai macam peninggalan jaman dahulu.

Tempat wisata satu ini sering digunakan sebagai tempat foto prewedding karena memang suasananya yang retro, banyak tempat menarik yang bisa kamu temui di kota tua, seperti museum fatahillah, pelabuhan sunda kelapa, museum bank indonesia dan museum seni rupa.

baca selengkapnya : Kota Tua, wisata murah meriah di Jakarta





Kepulauan Seribu





foto kepulauan seribu jakarta 
kepulauan seribu. foto : xiehyikai


Siapa bilang di jakarta tidak ada wisata bahari layaknya di indonesia timur, di kepulauan seribu kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti diving, snorkeling atau sekedar bersantai sambil melihat sunset.

Kepulauan seribu merupakan gugusan pulau-pulau kecil, seperti pulau bidadari, pulau pari, pulau harapan dan pulau tidung, terlebih lagi objek wisata ini didukung dengan sarana akomodasi yang sangat baik sehingga memudahkan pengunjung yang ingin berlibur kesana.

baca juga : daftar pulau indah di Kepulauan Seribu yang harus kamu kunjungi





TMII (Taman Mini Indonesia Indah)


foto taman mini indonesia indah 
taman mini indonesia indah. foto : erryn_luvyna


Taman mini indonesia indah merupakan sebuah tempat wisata yang mencakup kebudayaan indonesia, ada banyak sekali spot menarik yang bisa kita kunjungi, dan bisanya saat akhir pekan lokasi ini akan ramai dikunjungi wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang tua, lokasi ini sangat cocok untuk wisata anak karena menawarkan wisata bernuansa edukasi.


Hutan Mangrove PIK

foto indahnya hutan mangrove jakarta 
hutan mangrove PIK. foto : santoklaus


Wisata Jakarta lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah hutan Mangrove PIK, rimba mangrove bisa menjadi pilihan alternatif liburan kamu, terletak di jakarta utara, tepatnya didekat perumahan elite pantai indah kapuk, wisata Jakarta satu ini menawarkan wisata berkeliling hutan mangrove yang terlihat sangat indah dan asri.

baca selengkapnya : mencari wisata alam ? yuk datang ke hutan mangrove PIK aja



Ancol



foto ancol jakarta 
ancol, jakarta. foto : deskaandayani
 

Ancol merupakan sebuah taman wisata yang menawarkan berbagai macam wahana menarik, seperti sea world, gelanggang samudra dan dunia fantasy, objek wisata ini bisa dibilang sebagai icon wisata kota jakarta karena hampir setiap hari tidak pernah sepi pengunjung, bisanya sekolah-sekolah SMP dari luar daerah mengadakan study tour kesini.







Kebun Binatang Ragunan


foto kebun binatang ragunan 
kebun binatang ragunan. foto : faqihah.itsnaini


Memiliki luas sekitar 147 hektar dan terdapat kurang lebih 2.000 ekor satwa, menjadikan objek wisata Jakarta satu ini sebagai tempat wisata paling populer untuk anak-anak, di Kebun Binatang Ragunan, selain melihat satwa kita juga bisa mengajak anak-anak untuk naik wahana seperti sepeda ganda, kereta keliling hingga menunggangi unta.





Taman Menteng


foto taman menteng jakarta 
taman menteng. foto : ernidestiarini


Terletak di tepi jalan perumahan mewah di menteng menjadikan taman ini tidak pernah sepi, lokasi ini sangat cocok untuk bersantai dan hunting foto, jika kamu tidak suka suasana ramai, kamu bisa berkunjung di hari hari biasa.

Bundaran HI



foto bundaran HI 
bundaran HI. foto : travel_nusantara




Keindahan cahaya lampu-lampu malam dan air mancur di bundaran HI menarik banyak fotografer yang sedang hunting foto, lokasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan teknik fotografi slow speed, biasanya para fotografer akan berdatangan saat malam untuk mengabadikan gambar.



Dufan


foto dufan ancol jakarta 
dufan. foto : regif_subhan

Dufan atau dunia fantasi adalah sebuah tempat wisata yang masih termasuk di dalam kawasan Ancol, tempat ini memiliki banyak sekali wahana yang bisa kita coba, dan terlebih lagi terdapat spot spot dengan background negara-negara lainnya.



Kidzania


foto kidzania jakarta 
anak sedang bermain di kidzania

Kidzania menawarkan wisata bekonsep edutainment bagi anak anak usia 2-16 tahun, taman bermain indoor ini berbentuk layaknya replika kota untuk anak-anak, disini hanya anak-anak yang boleh bermain, selama permainan berlangsung orang tua tidak boleh ikut dalam kegiatan, melainkan akan menjadi penonton.





Taman Suropati

foto taman suropati jakarta 
taman suropati foto : annisameidaiana98


Taman suropati menjadi pilihan alternatif bagi warga ibukota, taman ini selalu ramai dikunjungi warga, lokasinya yang nyaman sangat cocok untuk bersantai dan nongkrong bersama teman, bisanya banyak komunitas-komunitas yang melakukan aktivitas disini.

Itulah tempat-tempat menarik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi, setelah lelah seharian bekerja cobalah untuk mengunjungi salah satu tempat wisata diatas, maka rasa lelah kamu akan sekejab hilang dan menjadi bahagia lagi.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »