Museum Nasional, Museum Pertama Di Indonesia Dengan Banyak Koleksi Peninggalan Kuno




Belajar Sejarah Di Museum Gajah Jakarta




Apa yang kamu tahu tentang pariwisata di Jakarta ? dufan, ancol, monas dan kepulauan seribu, tapi apakah kamu tahu jika di Jakarta terdapat sebuah museum nasional yang katanya merupakan museum pertama di Indonesia.



foto pemandangan museum nasional jakarta 
halaman depan



Namanya Museum Gajah atau juga dikenal dengan nama Museum Nasional, didirikan pada tahun 1778 silam, lalu apa yang menarik dari museum gajah ini ? di dalam museum kita bisa menemukan benyak sekali koleksi barang-barang kuno.

Barang barang seperti prasasti, arca kuno, dan barang kerajinan lainnya, semua barang tersebut dikelompokkan dalam beberapa kategori, seperti perunggu, etnografi, keramik, sejarah dan masih banyak lagi.

Museum Gajah memiliki koleksi lebih dari 140.000 buah, yang menjadikan museum ini terlengkap di Indonesia, tempat wisata satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata berbau sejarah dan geografi.





foto anak anak di museum nasional jakarta 
jangan lupa ajak anak anak. foto : themanwho_6






Museum gajah sendiri terletak di jakarta pusat atau berada di sebelah barat dari Monas, jadi cukup mudah untuk menemukan lokasinya, museum ini buka setiap hari kecuali hari senin dan libur nasional, walaupun terdapat banyak sekali arca, tapi ada satu arca yang sangat mencolok, yaitu arca Bhairawa.

Arca Bhairawa memiliki ketinggian sekitar 4 meter dimana hampir menyentuh atap bangunan, didalam bangunan kita bisa melihat taman arca, disini merupakan sebuah lahan terbuka seperti taman yang ditumbuhi rumput hijau, dan taman ini dipenuhi arca-arca dengan berbagai bentuk.

Sama halnya dengan kampung gajah wonderland di bandung, di museum gajah tidak terdapat gajah sungguhan, jadi jangan berharap bertemu dengan gajah disini ya, kalau mau bertemu gajah kamu bisa pergi ke kebun binatang ragunan.





foto taman arca di museum gajah jakarta 
arca di taman arca. foto : ekaariefs

 


Akses menuju objek wisata ini sangat mudah dan bisa dijangkau darimanapun, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat ini, sebagai tempat wisata populer fasilitas disini sudah memadai, dan sangat cocok untuk anak-anak sebagai sarana belajar sejarah.

Bagi kamu yang ingin menginap, sudah banyak penginapan di sekitar kawasan museum gajah mulai dari penginapan berkonsep homestay hingga hotel bintang 1 sampai 5, tarif yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai dari yang murah hingga paling mahal, tinggal sesuaikan saja dengan budget kamu.




foto peninggalan sejarah di museum nasional 
barang peninggalan kuno. foto : gitasekar__





Tips Saat Berlibur Ke Museum Nasional :


  • datanglah saat hari biasa, karena saat musim liburan akan sangat ramai oleh pengunjung.
  • sangat cocok untuk sarana belajar bagi anak-anak.
  • datanglah saat pagi.
  • lokasinya strategis, bisa dijangkau darimanapun.
  • jangan buang sampah sembarangan.




Lokasi :


  • Alamat ; Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  • 2 km dari Bundaran HI melalui Jl. M.H. Tamrin (5 menit)
  • 6 km dari Stasiun Pasar Senen melalui Jl. Medan Merdeka Barat (15 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Museum Gajah (Museum Nasional) :

Monumen Nasional (2 menit)
Taman Suropati (9 menit)
Taman Menteng (8 menit)
Museum Kebangkitan Nasional (8 menit)
Ancol (33 menit)




Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »