Skip to main content

Daftar Spot Favorit Untuk Melihat Sunrise dan Sunset di Jogja

Jogja, daerah istimewa yang selalu bikin kita kangen untuk berkunjung kesana lagi, bukan tanpa alasan, selain warganya yang ramah dan adat istiadat yang menarik, tempat wisata di daerah ini memang sangat banyak sekali.

foto romantis di puncak suroloyo 

Nah, bagi kamu pemburu sinar matahari, tentunya kamu setuju jika di jogja terdapat banyak tempat menarik untuk melihat sunset ataupun sunrise, bagi kamu pecinta fotografi maka wajib hukumnya untuk mengunjungi tempat tempat dibawah ini, lalu dimana sajakah itu ?




Puncak Suroloyo, Kulon Progo

foto pemandangan indahnya sunrise di puncak soroloyo 
indahnya sunrise di puncak suroloyo. foto : tourismwave 

Puncak suroloyo terletak di pegunungan manoreh, kulon progo, lokasi ini bisa kita tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota yogyakarta, puncak suroloyo memiliki ketinggian sekitar 1.019 mdpl, nah, di puncak ini terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan sekitar.

Untuk menuju puncaknya kita harus menaiki kurang lebih 300 anak tangga, lokasi ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam dengan pemandangan gunung merbabu dan merapi dari kejauhan yang sedang diselimuti kabut saat pagi, untuk melihat sunrise kamu bisa mulai mendaki saat subuh.

baca selengkpanya : indahnya sunrise di puncak suroloyo






Gunung Api Purba Nglanggeran

foto indahnya sunset dari puncak gunung api purba jogja 
senja dari puncak. foto : sofyaniis

Masih dengan spot pegunungan, kali ini tempat menarik untuk melihat sunrise lainnya adalah di gunung api purba yang terletak di desa nglanggeran, gunung kidul, gunung api purba merupakan pegunungan berbentuk batuan andesit, untuk sampai di puncak hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja kok.

Gunung Api Purba menawarkan pemandangan khas desa yang ada di nglanggeran, selain itu di kawasan desa wisata ini juga terdapat objek wisata lainnya juga lho.






Bukit Parang Endog Dan Pantai Parangtritis

foto pemandangan sunset dari bukit parang endog jogja 
sunset dari atas bukit parang endog. foto : fredy_cha

Pantai Parangtritis memang terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang indah, menikmati senja di pinggir pantai dengan suara deburan ombak bersama pasangan memang menjadikan suasana kian romantis.

Sedangkan bukit parang endog merupakan perbukitan yang terletak disamping pantai parangtritis, lokasi ini biasa digunakan untuk kegiatan paralayang, cobalah naik ke puncaknya, dari atas situ kamu bisa melihat indahnya matahari terbit dan terbenam.

baca selengkapnya : bukit parang endog, lokasi keren untuk melihat sisi lain pantai parangtritis






Candi Ratu Boko

foto indahnya sunset di candi ratu boko 
sunset yang terbingkai indah di ratu boko. foto : fajaradrian13

Melipir sedikit dari candi prambanan, terdapat sebuah candi yang memiliki pemandangan sunset tak kalah indah, yaitu candi ratu boko, pemandangan matahari terbenam akan terlihat sangat indah karena terbingkai oleh arsitektur bangunan candi, seolah meminta kita untuk mengabadikan kedalam kamera.






Kalibiru 

kalibiru sunrise
view pegunungan. foto IG @perbika

Kembali ke kawasan pegunungan manoreh, disini terdapat sebuah desa wisata bernama kalibiru, menikmati senja dari atas papan pohon yang menjadi ikon wisata disini memang mempesona, perlahan matahari mulai menghilang dengan pemandangan hutan dan waduk sermo memang sangat menakjubkan.







Pantai Pok Tunggal

foto senja sunset di pantai pok tunggal jogja 
menikmati sore hari di pantai pok tunggal. foto : berandalanjogja

Kembali ke kawasan gunung kidul, terdapat sebuah pantai yang menarik perhatian kita, yaitu pantai pok tunggal, menikmati senja di pinggir pantai bersama teman teman memang menyenangkan, terlebih lagi kita juga bisa mendirikan tenda disini, sama halnya dengan pantai parangtritis, lokasi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai pemandangan sunset di pinggir pantai.





Pantai Krakal

foto indah sunrise di pantai krakal jogja 
sunrise di pantai krakal. foto : (sumber)

Masih di daerah gunung kidul, terdapat sebuah pantai yang layak kita kunjungi, bukan Pantai Kukup ataupun Pantai Wediombo, melainkan Pantai Krakal yang menarik kita untuk datang mengunjunginya, kamu bisa datang saat fajar, cobalah untuk naik pulau karang yang ada disana, maka kamu bisa melihat keindahan sunrise gunung kidul, cahaya kuning matahari sekejab menghangatkan tubuh kita dari dinginnya malam.






Itulah beberapa tempat yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit ataupun terbenam di jogja, kenapa tidak ada candi borobudur dan punthuk setumbu di dalam daftar ? ya, itu karena kedua tempat wisata tersebut masih termasuk dalam kota magelang, jawa tengah, bukan termasuk di provinsi yogyakarta.

Walaupun kita tahu jika pemandangan sunrise dari candi borobudur dan punthuk setumbu memang sangat mempesona, tapi sayangnya list daftar diatas hanya untuk objek wisata yang ada di jogja saja.
jadi dari tempat-tempat wisata diatas, mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi ?


Sumber foto header :  IG https://www.instagram.com/fia_nurul/



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar