Skip to main content

Daftar Pantai Indah di Jember yang Bikin Mata Seger

Jember, salah satu kota di Jawa Timur ini juga termasuk tujuan favorit bagi wisatawan, siapa sangka selain kota Batu juga ada Jember yang senantiasa ramai dikunjungi turis, tempat wisata di Jember sendiri lebih banyak didominasi oleh pantai-pantai.

Hal ini karena Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, selain itu Kabupaten ini juga berbatasan langsung dengan Banyuawangi, Bondowoso dan Probolinggo, menjadikan kota Jember cukup mudah untuk dijangkau wisatawan yang sedang berlibur di tiga kota tersebut.

Nah bagi kamu yang ingin berlibur ke Jember, di bawah ini merupakan pantai-pantai indah di Jember yang bisa kamu kunjungi, apa sajakah itu? yuk kita simak.






Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan)

foto pemandangan pantai papuma
pemandangan pantai dari atas bukit. foto : budi_digital

Pantai Papuma merupakan sebuah singkatan dari Pantai Pasir Putih Malikan, pantai ini menjadi salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan, pemandangan pantai Papuma sangat indah dengan pasir putih dan birunya air laut yang akan menemani kita bersantai.

Selain itu di dekat kawasan pantai juga terdapat goa lawa yang memiliki kedalaman sekitar 30 meter, banyak orang mengatakan jika goa tersebut merupakan tempat bersemahyamnya putri penguasa laut selatan.

Pantai Papuma terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, hanya berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Jember.







Pantai Watu Ulo

foto sunset di pantai watu ulo
sunset di pantai watu ulo. foto : enrikaiglesias

Jika kita lihat dari namanya, pantai ini cukup menyeramkan karena Watu Ulo merupakan bahasa jawa yang berarti “Batu Ular”. Namun ternyata tempat wisata ini tak seseram namanya loh, malah terlihat sangat keren.

Pantai Watu Ulo terletak tak jauh dari pantai Papuma, yaitu di sebelah selatannya, dari sini kamu bisa melihat bebatuan yang ada di pantai Papuma.

Karakteristik dari pantai Watu Ulo sendiri hampir sama dengan pantai Papuma, hanya saja pasir di pantai ini berwarna coklat, tapi ada beberapa spot yang pasirnya berwarna putih kok.

Pantai Watu Ulo akan sangat ramai saat tanggal 1-10 syawal, pada saat itu di pantai ini akan diadakan acara Pekan Raya, banyak wisatawan yang datang kesini untuk menyaksikan acara tersebut, selain itu di dekat kawasan pantai juga terdapat banyak penjual cinderamata yang terbuat dari cangkang kerang.

Menurut cerita masyarakat sekitar, dahulu lokasi ini merupakan tempat tinggal seekor ular pemangsa bernama Nogo Rojo, namun dibalik mitos dan namanya yang menakutkan tersimpan pemandangan yang sangat menawan.

Pantai Watu Ulo terletak di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, hanya berjarak sekitar 40 km sebelah selatan kota Jember.







Pantai Bandealit

foto pantai bandealit
boleh ikut tiduran mbak ? foto : mamik_sn

Untuk kamu yang menyukai aktivitas atau olahraga air, maka kamu harus berkunjung ke Pantai Bandealit, di pantai ini kita bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti bermain body surfing, berkeliling pantai menggunakan speed boat hingga bermain kano.

Pantai Bandealit masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Beriti, disini selain berwisata pantai kita bisa melihat penangkaran rusa juga guys, jadi setelah puas bermain air kita bisa melihat rusa-rusa yang dilindungi di Taman Nasional Meru Beriti ini.

Selain itu di dekat pantai juga terdapat sungai yang unik, karena konon katanya jika musim hujan sungai ini akan surut dan begitu sebaliknya saat musim kemarau volume air akan cukup banyak.

Di sekitar muara sungai juga terdapat hutan mangrove, jadi saat berlibur kesini kita tidak hanya merasakan sensasi pantai saja, tapi juga penangkaran rusa, dan melihat hutan mangrove. Pantai Bandealit terletak di desa Andongrejo, kecamatan Tempurejo.








Pantai Puger

foto pemandangan di pantai puger
pasir hitam yang tak kalah keren. foto : mietaputry

Dari beberapa pantai di Jember, pantai Puger merupakan pantai yang sering dan paling ramai dikunjungi wisatawan, pantai Puger merupakan tempat pelelangan ikan di Jember, pantai ini menjadi lokasi favorit bagi orang yang memiliki hobi memancing.

Di sekitar pantai juga terdapat Cagar Alam Puger Wetangan, untuk menuju kesana kita harus menyewa perahu nelayan, walaupun pemandangan di pantai Puger tak seindah di pantai Papuma, namun nyatanya pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Puger hanya berjarak sekitar 35 km arah barat laut dari kota Jember.






Pantai Payangan

foto pantai payangan jember
pemandangannya unik ya, culik aku kesana !. foto : ayu.cilik

Pantai Payangan memiliki pemandangan yang cukup mempesona, pantai ini juga menjadi lokasi favorit bagi anak-anak muda Jember, disini kita bisa melihat indahnya sunset sambil bersantai di atas bukit yang terkenal dengan nama Teluk Cinta.

Dari atas bukit pemandangan pantai Payangan terlihat sangat jelas dan indah, tempat ini bisa menjadi alternatif wisata untuk menghabiskan sore harimu bersama teman, keluarga atau pasangan.

Pantai Payangan terletak di desa Sumberrejo, kecamatan Ambulu.



Nah, itulah beberapa pantai indah yang ada di Kabupaten Jember, sebuah kota yang termasuk dalam provinsi Jawa Timur. Dari beberapa pantai di daftar atas, mana favorit kamu?



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar