Yuk Menyegarkan Mata Di Kawah Wurung Bondowoso


Bondowoso, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memang tak terlalu populer mengenai tempat wisatanya , berbeda dengan Malang dan Surabaya yang sudah menjadi destinasi favorit wisatawan luar daerah.



foto pemandangan kawah wurung bondowoso 
pemandangan keren di kawah wurung. foto : hakkimen



Namun, apa kamu tahu jika di Bondowoso terdapat sebuah tempat wisata yang sangat keren ? namanya Kawah Wurung, walaupun namanya kawah tapi disini tidak terdapat kawah yang mengeluargan asap belerang, melainkan hamparan luas rumput hijau dengan bukit yang menjulang tinggi.


Dinamakan Kawah Wurung karena lokasi ini mirip dengan sebuah kawah yang gagal atau tidak jadi, oleh karena itu tempat keren ini dinamakan Kawah Wurung yang merupakan bahasa jawa berbarti kawah yang tidak jadi.

Karakteristik dari tempat wisata ini adalah sejauh mata memandang kita akan disuguhkan pemandangan hijaunya rerumputan, di kawasan ini terdapat perbukitan bernama bukit Cincin, dinamakan bukit Cincin karena ditengah bukit ini berbentuk seperti kaldera (kawah) dengan diameter sekitar 100 meter melingkar layaknya cincin.



foto romantis di kawah wurung bondowoso 
bareng pasangan biar romantis. foto : peye15




Tempat wisata ini memiliki banyak sebutan, diantaranya bukit teletubbies, Highland Paradise, dan Kawah Wurung sendiri, lokasinya yang berada di ketinggian kurang lebih 1500 mdpl menjadikan udara disini cukup sejuk dan segar.





Apa Yang Bisa Dilakukan di Kawah Wurung ?



foto suasana di kawah wurung bondowoso 
sejauh mata memandang, ijo !. foto : harrypatriantono




ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Kawah Wurung, jika kamu penyuka kegiatan memacu adrenalin, maka kamu harus mencoba paralayang dari atas bukit di area Kawah Wurung, atau kamu ingin lebih santai, bisa bersepeda berkeliling kawasan Kawah Wurung, tak hanya itu, kita juga bisa melakukan off-road dan bermain motor trail, seru kan ?

Selain melakukan kegiatan diatas, tempat ini juga sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi, pemandangan disini akan memanjakan matamu dan memaksamu untuk segera mengabadikannya kedalam kamera.

Namun sayang, akses menuju ke lokasi bisa dibilang cukup sulit, fasilitasnya juga masih seadanya, tapi mengenai penginapan, kita tidak perlu kawatir, karena sudah terdapat beberapa penginapan yang sudah disediakan oleh Perhutani.





foto kawah wurung bondowoso jawa timur 
keren ya, adem. foto : pendaki_tangerang







Tips Saat Berlibur Ke Kawah Wurung :


  • datanglah saat pagi atau sore hari, karena saat siang biasanya sinar matahari cukup terik.
  • disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena transportasi umum cukup sulit ditemukan disini.
  • jangan membuang sampah sembarangan.




Lokasi :


  • Alamat ; Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • 52 km dari pusat kota Bondowoso melalui Jl. Kawah Ijen (1 jam 42 menit)
  • 41 km dari pusat kota Banyuwangi melalui Jl. Kawah Ijen (1 jam 22 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Kawah Wurung :

Kawah Ilalang (3 menit)
Gunung Raung
Kawah Ijen (1 jam 16 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »