Top 10 Tempat Wisata Populer di Surabaya yang Harus Kamu Datangi


Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur, tak heran jika Surabaya menjadi salah satu kota metropolitan terpadat di Indonesia, selain itu Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, jadi jangan kaget jika terkadang jalanan macet dan panas.

Namun, dibalik semua itu, kota yang terkenal dengan julukan “Kota Pahlawan” ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik, mulai wisata alam, kuliner hingga yang paling banyak adalah wisata sejarah, nah, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi.





Jembatan SURAMADU






foto keren jembatan suramadu
keren yah, mirip di luar negri. foto : nettik.net







Siapa yang tidak kenal dengan jembatan satu ini, jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura tersebut merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, bukan hanya sebagai sarana umum saja, jembatan Suramadu juga menjadi tempat favorit bagi para fotografer.

Waktu terbaik adalah saat malam tiba, dimana kita akan melihat jembatan yang disinari oleh lampu-lampu yang menjadikan jembatan ini semakin terlihat indah, momen inilah yang sering dimanfaatkan para pecinta fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang keren.


Lokasi : Jl. Tol Suramadu, Jawa Timur


baca juga : gentala arasy, jembatan keren di kota Jambi




Ciputra Waterpark









foto ciputra waterpark surabaya
main air bareng anak. foto : kurniawati_md








Inilah waterpark populer di Surabaya, mengusung konsep Sinbad si pelaut terkenal di dunia yang tentunya banyak disukai anak-anak, ternyata taman air ini sempat menjadi waterpark terbesar di Indonesia lho.

Namun, kini ada Jogja Bay yang menjadi waterpark terbesar dan termodern di Indonesia, walaupun begitu Ciputra Waterpark tetap menjadi pilihan masyarakat Surabaya untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Di Ciputra Waterpark yang dikelola oleh Ciputra Grup ini terdapat banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba seperti Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beach, jadi apa kamu tertarik ?

Lokasi : Kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Kota Surabaya, Jawa Timur





Monumen Kapal Selam








foto monumen kapal selam surabaya
pemandangan dari ketinggian. foto : elidadtjokro









Monumen Kapal Selam terletak di pusat kota Surabaya, di kawasan Monumen terdapat sebuah kapal selam besar yang dipajang, tapi jangan salah sangka, kapal selam tersebut bukanlah replika melainkan kapal selam sungguhan, yaitu kapal selam KRI Pasopati 410.

KRI Pasopati termasuk jenis SS type Whisky Class dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952, berperan aktif dalam menegakkan kedaulatan negara dan hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora, jadi bagi kamu yang ingin tahu mengenai sejarah operasi Trikora, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke monumen ini.


Lokasi : Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur





Tugu Pahlawan









foto tugu pahlawan surabaya
keren bro! foto : en.wikipedia.org








Inilah Tugu paling populer di Surabaya, monumen tersebut dibangun untuk mengingat keberanian arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu. Monumen setinggi 41.15 meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik ini mempunyai badan tiang berbentuk lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas.

Kawasan Tugu Pahlawan menjadi tempat nongkrong favorit bagi kalangan muda, tak jarang komunitas-komunitas di Surabaya menjadikan Tugu Pahlawan sebagai tempat berkumpul menghabiskan sore bersama, Tugu Pahlawan juga menjadi ikon kota Surabaya lho.

Lokasi : dekat kantor Gubernur Jawa Timur, Kelurahan Alun-Alun Contong,Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.


baca juga : daftar tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negeri






Patung Budha 4 Wajah








foto patung budha 4 wajah
fotogenik nih. foto : www.agentwisatabromo.com









Patung Budha empat wajah ini memiliki kemiripan dengan patung Buddha yang ada di Bangkok, Thailand, yaitu terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Patung Budha tersebut juga pernah tercatat masuk dalam rekor MURI sebagai patung tertinggi di Indonesia lho, objek wisata satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga di kala hari libur dan weekend.


Lokasi : Jalan Sukolilo No. 100, Surabaya








Kebun Binatang Surabaya







foto komodo kebun binatang surabaya
salah satu koleksinya nih, komodo. foto : tommyanderiansyah










Kebun binatang Surabaya memiliki luas sekitar 37 hektar dengan beraneka ragam koleksi satwa, kebun binatang ini sering menjadi pilhan favorit wisata bersama anak-anak untuk mengenalkan mereka pada hewan-hewan langka.

Bukan hanya hewan dari Indonesia saja, melainkan dari berbagai negara, hewan langka yang terdapat di kebun binatang ini mulai dari badak, jerapah, zebra dan hewan-hewan langka lainnya, ditambah dengan harga tiketnya yang murah menjadikan Kebun Binatang Surabaya selalu ramai oleh pengunjung.


Lokasi : Jl. Setail No. 1, Surabaya, Jawa Timur 60291, Telp. (031) 5678703





Hutan Mangrove Wonorejo







foto hutan mangrov wonorejo
adem ayem tentrem. foto : indotours.com








Terletak dekat dengan bandara Juanda Surabaya, wisata alam satu ini harus kamu masukkan kedalam daftar tempat tujuanmu, di hutan mangrove ini terdapat jembatan yang bisa kita lalui untuk berkeliling hutan, selain berkeliling dengan berjalan kaki kita juga bisa menggunakan perahu kok.


Lokasi : Jl. Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur







Pantai Ria Kenjeran







foto pantai ria kejeran
cocok nih buat nyantai. foto : indotravelguides.com







Pantai Ria Kenjeran merupakan pantai favorit masyarakat Surabaya, di pantai ini kita bisa melakukan banyak aktivitas seru lho, selain itu lokasi ini juga sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam.

Ditambah lagi setiap tanggal merah juga digelar acara drag race di park-sirkuit, Selaian itu kita juga bisa melihat atraksi pacuan kuda dan layang layang, bukan hanya itu, setiap bulan purnama akan diadakan pertunjukan barongsay yang memang didatangkan langsung untuk menghibur wisatawan.


Lokasi : Jl. Sukolilo No. 100 Surabaya Timur







Taman Bungkul








foto taman bungkul surabaya
lumayan buat nongkrong. foto : cclinejatim.blogspot.com









Taman Bungkul merupakan sebuah taman kota yang menjadi lokasi favorit untuk nongkrong selain Tugu Pahlawan, uniknya kawasan taman Bungkul terdapat makam Mbah Bungkul, Beliau adalah salah satu wali dalam menyebarkan agama islam di Surabaya.

Dengan konsep Sport, Education, dan Entertainment, taman ini tidak pernah sepi pengunjung saat malam menjelang. Area seluas 900 m2 yang dibangun dana sekitar Rp 1,2 milyar itu pun dilengkapi berbagai fasilitas, seperti skateboard & sepeda BMX track, jogging track, plaza (sebuah open stage yang bisa digunakan untuk live performance berbagai jenis entertainment), akses internet nirkabel (Wi-Fi atau Hotspot), telepon umum, arena green park seperti kolam air mancur, dan area pujasera. Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan jalur bagi penyandang cacat agar mereka pun bisa ikut berekreasi.


Lokasi : JL. Raya Progo, Taman Bungkul, 60291






Taman Pelangi







foto taman pelangi surabaya
hayo mana tamannya ? foto : rooang.com









Taman Pelangi juga sering disebut dengan nama taman Bulog karena lokasinya yang berada di depan kantor Bulog Surabaya, taman ini wajib kamu kunjungi jika kamu menyukai kegiatan fotografi, sama halnya dengan jembatan Suramadu, taman Pelangi terlihat indah ketika malam hari, dengan lampu warna-warni menghiasi bangunan taman menjadikan pemandangan terlihat keren.

Lokasi : Jalan Ahmad Yani, depan Kantor Bulog



Nah, itulah beberapa tempat wisata populer di Surabaya yang wajib kamu kunjungi minimal salah satunya, dari beberapa tempat wisata diatas, mana favoritmu ?



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »