Tips Lengkap Rafting (Arung Jeram) Bagi Pemula

0 Comments A+ a-

Arung Jeram atau Rafting merupakan sebuah kegiatan seru yang cukup memacu adrenalin, Arung Jeram dilakukan di sungai yang memiliki aliran cukup deras dan cukup luas.

Bagi orang yang sudah pernah melakukan kegiatan ini mungkin tidak akan terlalu bingung, namun bagi orang yang baru pertama kali ikut Arung Jeram pasti sedikit bingung bagaimana cara menjaga keseimbangan dan sebagainya.

foto arung jeram seru di indonesia
siapkan mentalmu untuk arung jeram. foto : www.merrillmagee.com

Sebenarnya saat kamu pertama kali rafting atau Arung Jeram, pemandu akan menjelaskan tips-tips yang perlu kamu lakuakan, mulai dari cara mendayung yang benar, apa yang harus dilakukan ketika perahu terbalik dan banyak lainnya.

Nah dibawah ini adalah beberapa tips bagi kamu yang pertama kali ingin mencoba olahraga rafting/Arung Jeram, yuk kita simak.





Kondisi Tubuh

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan arung jeram adalah kondisi tubuh kita, apakah kita sedang tidak enak badan, masuk angin atau sakit lainnya.

Pastikan sebelum rafting kondisi tubuhmu benar-benar sehat ya, apabila kamu tidak bisa berenang jangan lupa untuk memberi tahu pemandu juga.





Pilihlah Operator yang Terpercaya

Populernya olahraga arung jeram menajadikan banyak sekali operator rafting yang bermunculan di Indonesia, namun sayangnya tidak semua operator memiliki fasilitas dan pelayanan terbaik.

Untuk itu sebelum kamu memulai arung jeram, pastikan kamu memilih operator yang benar-benar terpercaya, salah satu tipsnya adalah dengan memilih operator yang sudah cukup terkenal.

baca juga :
Green Canyon, arung jeram seru di Jawa Barat




Pemanasan

Setiap akan memulai kegiatan outdoor pastikan kamu melakukan peregangan atau pemanasan dulu ya agr otot tubuh tidak kaku, jika kamu tidak melakukan pemanasan bisa jadi saat melakukan arung jeram otot akan kram dan itu cukup berbahaya karena arus sungai yang deras.





Jangan Membawa Barang Elektronik Saat Arung Jeram

Karena kamu akan melakukan kegiatan yang akan membuat tubuhmu basah, jadi pastikan kamu tidak membawa barang-barang elektronik seperti HP atau kamera ya.

Tapi jika memang kamu ingin membawanya pastikan juga  barangmu sudah dilengkapi dengan water case agar tidak kemasukan air, dan jaga baik-baik agar tidak hilang terbawa arus.




Gunakan Peralatan Safety

Inilah poin paling penting dalam kegiatan arung jeram, pastikan kamu menggunakan peralatan yang aman ya guys, seperti menggunakan helm dan pelampung, biasanya peralatan tersebut sudah disediakan oleh operator masing-masing.

Selain itu gunakan juga pakaian lengan panjang dengan bahan yang tidak mudah menyerap air, karena biasanya arung jeram dilakukan di siang hari jadi jangan sampai kulitmu belang-belang terkena terik matahari.

Gunakan juga krim pelindung UV, dan pastikan kamu menggunakan alas kaki yang aman juga, jangan menggunakan sandal jepit.

baca juga :
yuk rafting di sungai Ayung, Ubud




Ketika Terjatuh Dari Perahu Saat Arung Jeram

Saat kamu terjatuh dari perahu jangan langsung panik dengan berenang melawan arus, sekalipun kamu tidak bisa berenang, cukup tenang dan langsung merubah posisi tubuh menjadi terlentang.

Arahkan pandanganmu tetap kedepan dengan kaki sedikit diangkat, hal ini dilakuakan apabila terdapat batu didepan maka kamu bisa menghindarinya dengan kaki dan tunggu hingga pemandu menolongmu.




Ketika Perahu Terbalik Saat Arung Jeram

Terkadang saat melakukan arung jeram perahu kita terbalik karena terhantam batu atau memang disengaja untuk menambah keseruan.

Ketika perahu terbalik kita tidak boleh panik, cukup menyelamlah dan keluar dari dalam perahu lalu ikuti tips seperti ketika kamu terjatuh dari perahu.


Nah itulah beberapa tips bagi kamu yang pertama kali akan melakukan arung jeram, setelah melihat tips-tips diatas sekarang kamu sudah memiliki sedikit info, tinggal menunggu info tambahan dari pemandumu saja.



Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments