Green Canyon Pangandaran Salah Satu Tempat Wisata Mirip Luar Negri Di Jawa Barat




Berpetualang Menyusuri Sungai Di Cukang Teneuh (Green Canyon Indonesia)





Jawa Barat, wisata di provinsi satu ini memang identik dengan wisata yang ada di kota bandung, namun apa kamu tahu jika di pangandaran terdapat sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi? namanya green canyon.




foto pemandangan green canyon dari atas tebing 
selfie diatas tebing dulu. foto : agusskurniawan 



Warga lokal biasa menyebutnya dengan nama Cukang Teneuh yang berarti “jembatan tanah” tapi wisatawan lebih mengenalnya dengan nama green canyon, ya green canyon bukan grand canyon, kalau grand canyon itu berada di colorado, amerika serikat.


Green canyon menawarkan kegiatan seru dengan pemandangan yang sangat indah, merupakan sebuah aliran sungai dimana terdapat tebing tebing besar di bagian samping yang ditumbuhi lelumutan berwarna hijau, oleh karena itu tempat ini dinamakan green canyon.

Disini kita bisa menyusuri sungai cijulang menggunakan perahu kayu atau biasa disebut “ketinting” dan kita akan melewati tebing tebing besar dengan bebatuan stalaknit dan stalakmit yang sangat keren, pemandangan disini sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya.



foto serunya berenang di green canyon pangandaran 
bersantai dulu di sungai. foto : rickyarsha




Perjalanan kita dimulai dari dermaga ciseureuh, untuk sampai di bibir green canyon kita akan menyusuri sungai menggunakan perahu yang sudah ada disana selama kurang lebih 30 menit dengan jarak sekitar 3 km.


Tenang, selama perjalanan kamu tidak akan merasa bosan, karena pemandangan yang ditawarkan cukup menarik untuk kita abadikan di kamera, tebing tebing besar dan air sungai yang berwarna hijau tosca membuat kita untuk segera mengabadikannya.

Pengarungan sungai menggunakan perahu kita akan berakhir setelah terlihat jeram-jeram sungai dengan jalur yang sempit, sehingga perahu tidak bisa lewat, nah, disinilah tandanya kita sudah sampai di green canyon.



foto menyusuri sungai green canyon 
arusnya cukup deras lho. foto : kiranaant




Dari situ kita memulai perjalanan dengan berenang, tenang, bagi kamu yang tidak bisa berenang sudah disediakan pelampung dan ban karet, pun jika kamu tidak ingin berenang kamu bisa mencoba sesuatu yang lebih memacu adrenalin, yaitu merayap di bebatuan pinggir tebing.

Aliran sungai ini cukup panjang, jadi kita bisa puas berenang kesana kemari hingga capek, dan tentunya keamanan disini sangat terjaga,  bahkan cukup aman untuk anak anak kok, anak anak bisa menggunakan perahu karet yang akan dipandu oleh si pemilik perahu yang kita sewa.


Setelah lelah berpetualang di green canyon, kita bisa mengisi perut terlebih dahulu, sudah banyak warung makan di dekat pintu masuk, jadi tidak perlu kawatir kelaparan.
Sebagai tempat wisata populer, akses menuju lokasi bisa dibilang cukup mudah dan dapat dijangkau darimanapun, pun bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencari penginapan di kota pangandaran.



foto pemandangan green canyon pangandaran keren 
ini dia pemandangannya, keren kan. foto : dikirivercanyon







Tips Saat Berlibur Ke Green Canyon (Cukang Teneuh) :


  • jangan lupa membawa baju ganti.
  • jangan buang sampah sembarangan.
  • disarankan untuk datang pagi hari.
  • karena tempat ini merupakan objek wisata populer, jadi akan cukup ramai saat weekend dan hari libur.
  • disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya.
  • kamu bisa membawa bekal makanan sendiri saat melakukan petualangan, karena tempat makan hanya ada di pintu masuk.
  • bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.
  • disarankan untuk datang saat musim kemarau, karena saat musim hujan biasanya debit air akan besar dan cukup berbahaya.




Lokasi :


  • Alamat ; Desa Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
  • 28 km dari pusat kota Pangandaran melalui Jl. Raya Cijulang (56 menit)
  • 73 km dari kota Ciamis melalui Jl. Raya Karangkamiri (1 jam 51 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Tiket Perahu :
Rp. 75.000/orang
kapasitas perahu 6-7 orang

Jam Buka :
setiap hari jam 08:00 WIB – 17:00 WIB
khusus hari jumat buka Jam 13:00 WIB



Wisata Terdekat Dari Green Canyon :

Pantai Batu karas (19 menit)





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »