Ranto Canyon, Wisata Memacu Adrenalin di Brebes


Tidak banyak orang tahu tentang tempat wisata di Brebes, sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan telur asinnya, asal kamu tahu, ternyata di Brebes terdapat sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan dan suasana layaknya wisata alam di eropa lho.


foto body rafting di ranto canyon brebes
yuk body rafting disini. foto : reza.zaenulm




Namanya adalah Ranto Canyon, pasti kamu sudah tahu kan tentang Green Canyon di Pangandaran ? nah, Ranto Canyon juga memiliki konsep wisata serupa dengan Green Canyon, masyarakat setempat sendiri lebih mengenal tempat wisata ini dengan nama Leuwih Ranto.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Ranto Canyon, seperti berenang, cliff jumping hingga body rafting, Ranto Canyon sendiri merupakan aliran sungai Winduasri yang juga merupakan nama dari Desa lokasi Ranto Canyon.

Di Ranto Canyon kita akan menyusuri aliran sungai sepanjang 769 meter ini, sepanjang pengarungan sungai kita akan disuguhkan dengan pemandangan tebing-tebing besar yang mengapit di kedua sisi sungai dengan beraneka ragam formasi bebatuan keren yang akan memanjakan matamu.



foto air terjun di ranto canyon brebes keren
menikmati butiran air yang jatuh dari aats. foto : ukhtiutti 


Ada beberapa spot seru dan menantang yang bisa kita coba di Ranto Canyon, diantaranya seperti saat kita dipaksa menuruni batu dengan ketinggian sekitar 10 meter menggunakan tali, bagi kamu yang takut dan memutuskan untuk tidak melakukannya, berarti kamu terpaksa kembali tanpa menikmati keseruan di Ranto Canyon terlebih dahulu.

Objek wisata Ranto Canyon tidak hanya menawarkan wisata memacu adrenalin saja, namun juga menyajikan pemandangan alam yang mempesona, selain menyusuri sungai, di kawasan Ranto Canyon juga terdapat kebun teh, air terjun dan goa lho, keren kan?

Dengan semakin populernya Ranto Canyon, kini tempat wisata ini sudah ditunjang dengan beragam fasilitas yang memanjakan pengunjungnya, jadi kamu tidak perlu kawatir mengenai fasilitas disini.

baca juga : Igir Wringin, wisata alam keren di Purbalingga


foto menuruni batu besar di ranto canyon
kamu berani? foto : mayangcitta


Rute Menuju Ranto Canyon

Akses menuju Ranto Canyon bisa dibilang cukup mudah, hanya saja di beberapa bagian masih sedikit rusak, dari pusat kota Brebes kamu tinggal menuju ke daerah Salem saja, nah dari Salem sudah ada beberapa papan penunjuk jalan menuju ke lokasi, jika tidak tahu bisa bertanya ke warga sekitar.

baca juga : daftar air terjun tertinggi di Indonesia



foto menyusuri sungai di ranto canyon
wih keren! foto : ranto_canyon


Tips Berlibur Ke Ranto Canyon


  • Waktu terbaik adalah saat hari biasa (senin-jumat).
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor.
  • Wisata ini sangat cocok bagi orang yang menyukai kegiatan memacu adrenalin.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan pastikan kamu membawa baju ganti ya.


Harga Tiket Masuk :

Untuk harga tiket masuk masih gratis atau hanya membayar uang parkir saja, tapi bagi kamu yang ingin menyusuri sungai bisa membayar Rp. 30.000/orang lengkap dengan pemandu.

Update Juli 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun

Akomodasi (Penginapan)

Bagi kamu yang ingin menginap, bisa mencari hotel di pusat kota Brebes, karena masih belum terdapat hotel/villa di dekat kawasan Ranto Canyon.





Lokasi :


  • Alamat ; Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
  • 60 Km dari pusat Kabupaten Brebes melalui Jl. Pantura (1 jam 55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke ranto canyon


Wisata Terdekat Dari Ranto Canyon :

Air Panas Guci (2 jam 33 menit)
Gunung Slamet

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »