Top 37 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi


Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang masih kental dengan budaya khas jawa, di Jawa Tengah sendiri terdapat lebih dari 20 Kabupaten dengan objek wisata khasnya masing-masing yang tak kalah dengan provinsi lainnya di Indonesia bahkan di luar negeri.

Jawa Tengah sendiri memiliki beraneka ragam jenis wisata, mulai dari wisata kuliner, alam, sejarah, budaya hingga wisata keluarga, nah, bagi kamu yang berdomisili baik di Jawa Tengah maupun di luar provinsi ini tentunya akan sedikit bingung ketika ingin memutuskan untuk berlibur.

Sebenarnya terdapat banyak sekali tempat wisata yang direkomendasikan di Jawa Tengah, tapi untuk memudahkannya kita sudah merangkum daftar tempat wisata populer di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi, wisata-wisata dibawah ini merupakan wisata paling terkenal disetiap Kabupaten di Jawa Tengah, yuk kita simak.


Wisata Sejarah dan Alam di Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang


foto gedong songo jateng
gedong songo semarang. foto : natgeoindonesia



Di Kabupaten Semarang terdapat sebuah tempat wisata yang sudah sangat populer dikalangan traveler, yaitu komplek Candi Gedong Songo, objek wisata Candi Gedong Songo merupakan sebuah tempat wisata sejarah bernuansa alam.

Wisata Candi Gedong Songo terletak tepat di lereng Gunung Ungaran yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Semarang, di tempat wisata Candi Gedong Songo ini terdapat 5 candi utama yang tersusun rapi dari bawah hingga atas lereng gunung Ungaran.

Candi Gedong Songo tak hanya menawarkan wisata sejarah saja, di objek wisata yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ini juga menawarkan wisata alam yang cukup menarik, di Candi Gedong Songo kita bisa melihat pemandangan alam Kabupaten Semarang yang sangat mempesona, selain itu dari sini kita juga bisa melihat megahnya Gunung Merbabu, Merapi hingga Gunung Sumbing lho.

Komplek Candi Gedong Songo harus juga menjadi tempat wisata wajib dikunjungi di Kabupaten Semarang, selain aksesnya yang mudah fasilitas di tempat wisata ini juga terbilang cukup lengkap dengan pengelolaan yang bagus.



Wisata Sejarah di Lawang Sewu, Semarang


foto lawang sewu jateng
lawang sewu ketika senja. foto : ocirosemary



Siapa yang tidak tahu dengan Lawang Sewu, sebuah tempat wisata yang juga menjadi ikon wisata Kota Semarang ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda yang kini masih kokoh berdiri.

Di Lawang Sewu kita bisa berwisata sejarah mengenai bangunan zaman dahulu, dinamakan Lawang Sewu karena di objek wisata tersebut terdapat banyak sekali pintu, walaupun sebenarnya pintu di Lawang Sewu tidak sampai berjumlah 1000, namun untuk memudahkannya jadi disebut dengan Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia berarti Pintu Seribu.

Lawang Sewu menawarkan keindahan dan keunikan arsitektur peninggalan Belanda, waktu terbaik untuk berkunjung di tempat wisata populer Semarang ini adalah ketika senja, saat itu kita bisa melihat indahnya bangunan Lawang Sewu yang dihiasi dengan lampu-lampu, tempat ini juga bisa menjadi wisata romantismu bersama pasangan lho.


Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

masjid agung jawa tengah malam hari
majid agung semarang di malam hari. foto : www.cakrawalatour.com

Masih di Kabupaten Semarang, di ibu kota Jawa Tengah ini terdapat sebuah Masjid megah dengan arsitektur yang sangat menawan, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki beberapa payung raksasa yang akan mekar ketika Shalat Jumat dan Shalat di Hari Raya, bentuk payung ini mirip dengan Masjid Nawabi. Bagi kamu yang menyukai wisata religi, tentunya Masjid Agung Jawa Tengah harus menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Semarang.


Wisata Pantai di Pantai Alam Indah, Kabupaten Tegal


foto sunset di pantai alam indah jateng
sunset di pantai alam indah. foto : rifki_alfirahman



Tempat wisata di Kabupaten Tegal memang masih kalah populer dari beberapa Kabupaten tetangganya, tapi jangan salah, di Tegal ternyata terdapat sebuah wisata bernama Pantai Alam Indah Tegal, objek wisata ini terletak hanya sekitar 500 meter dari Jalur Pantura lho.

Wisata Pantai Alam Indah Tegal bisa menjadi tempat yang sangat cocok dikunjungi ketika sedang melewati jalur pantura atau sedang mudik, sesuai namanya, pantai paling populer di Tegal ini menawarkan wisata yang sangat menyenangkan, terlebih untuk berwisata bersama keluarga.

Pantai Alam Indah Tegal tak hanya menawarkan wisata pantai dengan pemandangan indah saja, melainkan juga terdapat banyak sekali fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan, seperti waterboom, kereta anak-anak, hingga sepeda dan andong.

Bukan hanya itu, Pantai Alam Indah Tegal juga menjadi tempat wisata alam favorit yang wajib kamu kunjungi di Tegal, jadi jangan saat sedang berada di Tegal pastikan kamu tidak melewatkan tempat wisata satu ini ya.


Wisata Alam di Kopeng, Kabupaten Salatiga



foto kolam renang kopeng jateng
waterpark mini. foto : kopeng


Tempat wisata rekomendasi di Jawa Tengah lainnya adalah kawasan Kopeng di Kabupaten Salatiga, Kopeng merupakan sebuah nama salah satu desa di Salatiga, di desa tersebut terdapat sebuah objek wisata alam yang memiliki nama serupa.

Objek wisata alam Kopeng terletak di kaki Gunung Merbabu, sebuah gunung dengan pemandangan terindah di Jawa Tengah, Kopeng menawarkan suasana yang sangat menyenangkan terutama untuk berwisata bersama keluarga, wisata Kopeng juga menawarkan area outboond yang sangat cocok untuk lokasi gathering di Salatiga.

Selain itu Kopeng juga menjadi tempat wisata alam paling populer di Kabupaten Salatiga, setiap orang yang pernah berkunjung ke Salatiga pasti tahu dengan wisata satu ini, jadi wajib hukumnya ketika kamu sedang berlibur di Salatiga harus menyempatkan untuk mampir ke Kopeng, selain menawarkan wisata alam Kopeng juga menawarkan oleh-oleh khas berupa jeruk Kopeng yang memiliki rasa segar lho.

baca juga : daftar tempat wisata kece di Salatiga



Kampung Batik Laweyan, Solo

kampung batik laweyan solo
kampung batik laweyan solo. foto : www.surakarta.go.id

Bersama dengan Pekalongan, Solo merupakan pusatnya pengrajin batik di Jawa Tengah, sebenarnya di Solo terdapat banyak tempat untuk berburu kain batik dengan corak ciri khas daerah ini, dari banyaknya tempat tersebut, terdapat satu kawasan di Solo yang cukup direkomendasikan untuk membeli batik.

Yaitu Kampung Batik Laweyan, di Kampung Batik Laweyan terdapat banyak penjual batik yang bisa kita kunjungi satu persatu, uniknya lagi bangunan-bangunan di Kampung Batik Laweyan memiliki bentuk yang hampir mirip dengan arsitektur Eropa zaman dahulu lho.



Keraton Kesultanan Surakarta, Solo

keraton kesultanan solo
halaman depan keraton. foto : kidnesia.com

Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya masih berada di Solo, yaitu Keraton Kesultanan Surakarta, bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan budaya, Keraton Kesultanan Surakarta merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi di Solo.

Untuk bisa memasuki kawasan Keraton kita diwajibkan berpakaian sopan, di dalam Keraton kita dapat melihat berbagai koleksi yang berhubungan dengan Kesultanan Surakarta ini.


Wisata Memacu Adrenalin di Black Canyon, Kabupaten Pekalongan


foto kedung sipingit jateng
yuk rafting. foto : oddiyy_28


Nah, jika kamu bosan dengan wisata alam yang begitu saja, cobalah datang ke Pekalongan tepatnya di objek wisata Black Canyon atau warga setempat biasa menyebutnya dengan nama Kedung Sipingit, tempat wisata ini menawarkan sebuah petualangan menyusuri sungai yang dijamin seru dan memacu adrenalinmu.

Tempat wisata Black Canyon memiliki konsep serupa dengan wisata Green Canyon di Pangandaran dan Ranto Canyon di Brebes, jadi bagi kamu pecinta petualangan, ayo tantang nyalimu dengan menyusuri sungai di Kedung Sipingit (Black Canyon) ini.

Untuk kamu yang tertarik mencoba keseruan di Kedung Sipingit ini, pastikan sebelum kesana kamu sudah reservasi tempat terlebih dahulu ya, sebab saat weekend atau hari-hari tertentu objek wisata ini ramai oleh wisatawan.


Wisata Heritage di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang


foto romantis di candi borobudur
romantisnya! foto : ardiansyah097


Untuk wisata satu ini, semua orang pasti sudah tahu, Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia, selain itu Candi Borobudur juga menjadi Candi Budha terbesar di Indonesa jadi tak heran jika wisata satu ini sudah sangat terkenal baik lokal maupun mancanegara.

Sayangnya banyak yang salah mengartikan jika Candi Borobudur terletak di Jogja, padahal sebenarnya Candi Borobudur berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pun begitu tentunya objek wisata sejarah satu ini tidak boleh kamu lewatkan dong ketika berkunjung ke Magelang.



Wisata Komplit di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo


foto pemotongan rambut gimbal dieng
acara pemotongan rambut gimbal. foto : bambang_santosa


Ini dia primadona wisata alam di Kabupaten Wonosobo dan Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng memang menjadi salah satu tempat wisata paling favorit bagi masyarakat Jawa Tengah, di Dataran Tinggi Dieng kita bisa menemukan banyak sekali tempat-tempat kece seperti Telaga Warna, Telaga Dlingo, Kawah Sikidang, Candi Arjuna dan Gunung Prau.

Apalagi saat acara Dieng Culture Festival diadakan, dijamin ribuan wisatawan akan menyerbu Dieng untuk melihat upacara sakral pemotongan rambut gimbal yang biasa dilaksanakan di komplek Candi Arjuna, tak hanya wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan mancanegara juga tak mau kalah menyaksikan festival tahunan tersebut.



Wisata Pantai Nampu, Kabupaten Wonogiri


foto pantai nampu jateng
vitamin sea. foto : zaenulfarichin


Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, walaupun masih kalah populer namun Wonogiri memiliki beberapa tempat wisata keren, salah satunya adalah Pantai Nampu, sebuah pantai paling populer di Wonogiri.

Pantai Nampu memiliki pemandangan yang sangat mempesona, sebenarnya Wonogiri juga memiliki Waduk Gajah Mungkur yang menjadi ikon wisata di Kabupaten ini, namun keindahan Pantai Nampu tak boleh kita lewatkan juga, jadi pastikan kamu berkunjung ke wisata ini ya.



Wisata Alam Posong, Kabupaten Temanggung


foto wisata alam posong jateng
view gunung sindoro. foto : mnururrohman


Bagi kamu pecinta wisata alam, di Temanggung terdapat sebuah wisata alam yang menawarkan pemandangan sangat indah bernama Posong, wisata alam Posong terletak di kaki gunung Sindoro, di wisata alam Posong kita bisa melihat megahnya gunung Sumbing di depan mata dan gunung Sindoro di belakang kita.

Bukan hanya itu, wisata alam Posong juga sangat cocok sebagai spot untuk melihat sunrise di Temanggung lho, bahkan jika beruntung disaat cuaca cerah kita bisa melihat lautan awan yang mengelilingi gunung kembar Sumbing Sindoro juga.



Wisata Air di Pandawa Water World, Kabupaten Sukoharjo


foto pandawa water world jateng
yuk perosotan. foto : handitaafl_


Kabupaten Sukoharjo berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten dan Surakarta, Sukoharjo juga masih dalam kawasan Solo Raya yang menjadikan banyak orang kebingungan mengenai lokasi wisata di Kabupaten ini.

Di Sukoharjo sendiri terdapat banyak sekali wisata keren, salah satu wisata kece dan cukup direkomendasikan di Sukoharjo adalah Pandawa Water World, yaitu sebuah waterpark dengan konsep budaya jawa.

Pandawa Water World sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga di Sukoharjo, ditambah lagi dengan banyaknya wahana yang ditawarkan seperti wave pool,action rider,fantastic,slides,aerated spa,warm spa,sight tower,dan masih banyak lagi.

baca juga : daftar tempat wisata menarik di Kabupaten Sukoharjo



Wisata Sambil Belajar di Situs Sangiran, Kabupaten Sragen



foto situs sangiran jateng
ini fosil apa hayo? foto : idbud


Situs Sangiran merupakan tempat wisata paling populer di Kabupaten Sragen, selain itu Situs Sangiran juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Haritage Site yang menjadikan tempat wisata ini kian menarik.

Di Situs Sangiran kita bisa melihat beraneka ragam koleksi kuno seperti patung manusia purba, binatang hingga tulang belulang, tempat wisata Sangiran ini sangat cocok dikunjungi oleh mahasiswa dan pelajar karena disini kita bisa berwisata sambil menambah ilmu pengetahuan.



Wisata Religi di Makam Sunan Bonang, Kabupaten Rembang


foto makam sunan bonang jateng
yuk berziarah. foto : www.news.arrahmah.co.id



Rembang juga dikenal dengan Kota Religi sebab terdapat banyak sekali makam-makam sunan dan pondok pesantren, nah bagi kamu umat islam tentunya sudah tidak asing dengan wisata-wisata di Rembang.

Salah satunya adalah Makam Sunan Bonang di kawasan Makam Sunan Bonang terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Rembang yang bisa kamu jadikan sebagai souvenir, selain berwisata kita juga bisa berziarah di Makam Sunan Bonang yang merupakan salah satu wali dalam penyebaran agama Islam.


Wisata Air Terjun di Curug Muncar, Kabupaten Purworejo



foto curug muncar jateng
keren ya air terjunnya. foto : adetyapreteers


Curug Muncar merupakan air terjun paling populer di Purworejo, hanya berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota, air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan debit air cukup deras, Curug Muncar sendiri terletak di dataran dengan ketinggian sekitar 900Mdpl menjadikan udara di kawasan wisata alam ini cukup sejuk dan segar.


Wisata Bukit di Puncak Sendaren, Kabupaten Purbalingga


foto puncak sendaren jateng
berani selfie disini? foto : panji



Kabupaten Purbalingga terkenal dengan Gunung Slamet, tapi siapa sangka selain Gunung Slamet di Purbalingga terdapat sebuah tempat wisata alam bernama Puncak Sendaren, wisata Puncak Sendaren menawarkan pemandangan alam Purbalingga dari ketinggian yang terlihat sangat indah.

Wisata Puncak Sendaren juga menjadi tempat wisata favorit dikalangan anak muda Purbalingga, setiap harinya, terutama di akhir pekan akan banyak wisatawan yang datang kesini sekedar bersantai atau melihat keindahan alam Kabupaten Purbalingga dari ketinggian, sebenarnya masih terdapat banyak spot keren di Purbalingga yang menawarkan pemandangan serupa layaknya di Puncak Sendaren, salah satuny adalah di Igir Wringin.



Pantai Widuri, Kabupaten Pemalang


foto pantai widuri jateng
suasana di pantai widuri foto : weweconel46



Pantai Widuri terletak sekitar 3 km dari pusat Kota Pemalang, walaupun Pantai Widuri tak memiliki pasir putih dan air laut yang biru namun nyatanya tempat wisata ini selalu memikat banyak hati wisatawan yang sedang berada di Pemalang.

Pemandangan paling keren di Pantai Widuri adalah sunsetnya, di objek wisata ini kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam, selain itu Pantai Widuri merupakan salah satu pantai paling populer di Pemalang.



Wisata Waterpark di Jumawa Water Fantasy, Kabupaten Pati


foto juwana water fantasy jateng
yuk basah basahan. foto : www.ticpati.com



Juwana Water Fantasy atau lebih dikenal dengan nama (JWF) adalah sebuah tempat wisata keluarga yang terdapat di Kabupaten Pati, arsitektur di Jumawa Water Park terinspirasi oleh bangunan tembok di eropa sana yang menjadikan objek wisata ini kian menarik

Jumawa Water Fantasy menawarkan beraneka ragam wahana seru seperti :

  • Kolam Air,
  • Kolam Arus,
  • Kolam Tumpah,
  • Kolam Renang Dewasa,
  • Seluncuran Air,
  • Becak Air,
  • Gua Hantu,
  • Rotary Coaster,
  • Arena Bermain Anak,
  • Playground,
  • Mini Train,
  • Flying Fox,
  •  Bumper Car,
  • Gokart,
  • Bioskop 3D,
  • Miniatur Keajaiban Dunia,
  • Becak Mini,
  • Lapangan Futsal,
  • Viking Kora-kora,
  • Panggung Gembira,
  • Trambolin,
  • Family Karaoke dan lain-lain.



Wisata Sejarah di Masjid Menara Kudus, Kabupaten Kudus



foto masjid menara kudus jateng
keren ya arsitekturnya. foto : hidayat


Selain Rembang, Kudus juga terkenal sebagai Kota Religi, di Kabupaten satu ini terdapat banyak sekali wisata berbau Religi, salah satunya adalah Masjid Menara Kudus, di Masjid tersebut terdapat sebuah menara yang juga menjadi ikon dari Masjid ini.

Menara tersebut dibangun dari tumbukan batu bata dengan atap terbuat dari kayu berbentuk limas, setiap harinya Masjid Menara Kudus tak pernah sepi dari pengunjung baik yang memang datang untuk beribadah maupun sekedar berwisata.



Candi Prambanan, Kabupaten Klaten


foto candi prambanan jateng
view dari kejauhan. foto : rizkyydy



Perlu diketahui jika Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Jogja dan Kabupaten Klaten, jadi tidak ada yang salah ketika orang menyebutkan lokasi objek wisata ini berada di Klaten maupun Jogja, Candi Prambanan sendiri merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia.

Bersama dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan menjadi wisata candi paling populer di Indonesia, setiap harinya tak hanya wisatawan lokal saja yang berlibur kesini melainkan wisatawan mancanegara juga tertarik untuk melihat megahnya Candi Prambanan.


Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten

naik motor di dalam air umbul ponggok
naik motor dalam air.

Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya masih berada di Kabupaten Klaten, Kabupaten yang terkenal memiliki banyak wisata air ini memang sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menyukai basah-basahan.

Tempat wisata paling populer di Klaten adalah Umbul Ponggok, yaitu sebuah kolam renang dengan air yang bersumber langsung dari mata air, sehingga terasa sangat segar, selain itu kita juga bisa berfoto di dalam air dengan berbagai peralatan lho, seperti motor, laptop, hingga tenda.


Curug Sewu, Kabupaten Kendal



foto curug sewu jateng
ini keren banget. foto : ridlosaanu


Tak jauh dari Semarang, tepatnya di Kabupaten Kendal terdapat sebuah tempat wisata yang juga menjadi ikon wisata dari Kabupaten tersebut, yaitu Curug Sewu, sebuah air terjun dengan pemandangan alam sangat indah.

Objek wisata Curug Sewu terletak di Desa Curug Sewu, Kendal, air terjun ini memiliki debit air sangat deras dengan diameter air terjun yang cukup lebar, pemandangan alam di sekitar air terjun masih cukup alami dengan rimbunnya pepohonan, Curug Sewu menjadi air tejun paling populer di Kendal dan salah satu air terjun terindah di Jawa Tengah lho.

baca juga : Curug Sewu, air terjun paling keren di Kendal



Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen



foto pantai menganti jateng
pantai unik nih. foto : wiwidwa 


Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang dianugerahi dengan banyaknya wisata pantai selatan, salah satu pantai indah di Kebumen adalah pantai Menganti, sama halnya dengan kebanyakan pantai laut selatan, Pantai Menganti juga dikelilingi oleh perbukitan karst.

Untuk melihat keindahan Pantai Menganti Kebumen ini kamu bisa naik keatas bukit disekitar pantai, dari atas sana kita bisa melihat indahnya alam sekitar objek wisata Pantai Menganti dan luasnya samudera hindia.


Benteng Van Der Wijck, Kabupaten Kebumen

benteng van der wijck kebumen
benteng van der wijck. foto : www.kebumenkab.go.id

Masih di Kabupaten Kebumen, terdapat sebuah tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, yaitu Benteng Van Der Wijck, sesuai namanya, benteng ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang masih terlihat megah dengan dominasi warna merahnya.

Benteng Van Der Wijck juga pernah menjadi tempat syuting film The Raid 2 : Berandal lho, tepatnya pada saat adegan perkelahian di tengah lapangan, adegan tersebut dilakukan di halaman tengah benteng.


Gerojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar


foto gerojogan sewu jateng
tinggi banget air terjunnya. foto : ioyik



Kabupaten Karanganyar berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan di Jawa Timur, Karanganyar juga terkenal dengan wisata alamnya, di Kabupaten tersebut terdapat banyak sekali wisata alam keren salah satunya adalah air terjun Gerojogan Sewu yang terletak di Kecamatan Tawangmangu.

Gerojogan Sewu menjadi ikon wisata Karanganyar dan menjadi air terjun yang wajib dikunjungi, debit air yang sangat deras dan tingginya air terjun menjadikannya terlihat sangat megah, selain itu tempat wisata favorit Karanganyar ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas menarik yang kian memanjakan pengunjung.


Candi Sukuh, Kabupaten Karanganyar

candi sukuh karanganyar mirip luar negeri
candi sukuh karanganyar. foto : www.jalansolo.com

Candi Sukuh merupakan salah satu candi terunik di Indonesia, karena di tempat wisata Jawa Tengah satu ini kita bisa menemukan patung-patung yang menonjolkan organ reproduksi pria. Kerennya lagi bentuk dari Candi Sukuh sangat mirip dengan bangunan Suku Maya di Meksiko lho.


Karimun Jawa, Kabupaten Jepara


foto karimun jawa jateng
pemandangan dair ketinggian. foto : retno



Nah, bersama Dataran Tinggi Dieng, Karimun Jawa menjadi primadona wisata di Jawa Tengah, Karimun Jawa merupakan sebuah kepulauan yang terletak tak jauh dari Jepara namun masih dalam kawasan Kabupaten Jepara.

Tempat wisata ini sudah terkenal hingga mancanegara dan menjadi tujuan favorit di Jawa Tengah, terutama bagi pecinta wisata bahari seperti snorkeling dan diving, Karimun Jawa menawarkan keindahan bawah laut yang tak perlu diragukan lagi, bahkan Karimun Jawa termasuk dalam daftar spot diving terindah di Indonesia lho.

baca juga : daftar tempat wisata di Jepara yang wajib dikunjungi


Museum RA Kartini, Kabupaten Jepara

museum ra kartini jepara
patung RA Kartini. foto : www.pegipegi.com

Bagi pecinta wisata sejarah, di Jepara terdapat sebuah Museum yang sudah sangat populer bernama Museum RA Kartini. di Museum ini tersimpan berbagai koleksi peninggalan yang berhubungan dengan Kabupaten Jepara dan RA Kartini.


Waduk Gedung Ombo, Kabupaten Grobogan



foto waduk gedung ombo jateng
waduk gedung ombo.


Kabupaten Grobogan memang tidak terlalu populer dikalangan traveler, tapi Kabupaten Grobogan juga memiliki wisata andalannya yang tak boleh kamu lewatkan, Waduk Gedung Ombo salah satunya, di tempat wisata ini kita bisa melakukan banyak hal seperti memancing, bersantai, berkeliling waduk menggunakan perahu hingga berwisata kuliner.



Wisata Religi di Makam Sunan Kalijaga, Kabupaten Demak


foto makam sunan kalijaga
makam sunan kalijaga.



Bersama Kabupaten Rembang dan Kudus, Demak menjadi salah satu Kota santri yang sangat cocok dikunjungi untuk berwisata religi, salah satu tempatnya adalah Makam Sunan Kalijaga yang terkenal dengan penyebaran islam di Indonesia dengan cara pendekatan melalui budaya.


Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap


foto pulau nusakambangan jateng
berkeliling menggunakan speedboat. foto : hanif



Pulau Nusakambangan memang menjadi lokasi perasingan para narapidana kelas kakap, Walaupun merupakan pulau perasingan, pulau ini tetap memiliki daya tarik wisata tersendiri. Daya tarik wisata yang dimiliki oleh pulau ini antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan.




Body Rafting di Ranto Canyon, Kabupaten Brebes


foto ranto canyon jateng
body rafting di ranto canyon. foto : bagus



Jika kamu mencari wisata memacu adrenalin lainnya selain di Black Canyon Pekalongan, di Brebes menawarkan wisata serupa bernama Ranto Canyon, sejatinya kedua tempat wisata ini memiliki konsep serupa hanya saja lokasi dan jalurnya berbeda, menurut informasi Ranto Canyon sedikit lebih berat daripada Black Canyon di Pekalongan, ya, itu opini pribadi masing-masing sih. Kini Ranto Canyon menjadi tempat wisata alm paling favorit dan populer di Brebes, jadi kamu wajib kesini ya.

baca juga : Ranto Canyon, wisata alam memacu adrenalin di Brebes



Agro Wisata Sapi Perah, Kabupaten Boyolali



foto agro wisata sapi perah jateng
yuk ajak anak anak kesini. foto : areasoloraya.blogspot.com


Kabupaten Boyolali memang terkenal sebagai penghasil susu kualitas terbaik, salah satu daerah di Boyolali yang terkenal sebagai penghasil susu terbanyak adalah di kawasan Cepogo, di Cepogo terdapat sebuah tempat wisata bernama Agro Wisata Sapi Perah.

Di tempat wisata ini pengunjung bisa melihat proses pemerahan susu sapi secara langsung dan tentunya juga bisa menikmati segarnya susu sapi murni, setiap harinya tak sedikit wisatawan yang datang kesini karena ingin merasakan segarnya susu sapi Boyolali.



Kebun Teh Pagilaran, Kabupaten Batang


foto kebun teh pagilaran jateng
kebun teh pagilaran. foto : henydiyahs



Kebun Teh Pagailaran memiliki luas sekitar 1.100 hektar dan terletak di ketinggian 1.000-1.700 mdpl, Kebun Teh Pagilaran menyajikan pemandangan hijau hamparan kebun teh serta udara yang sejuk dan segar. Tempat wisata ini sangat cocok kamu jadikan tempat wisata bersama keluarga, sebab tak hanay menawarkan keindahan kebun teh saja, di kawasan ini juga tersedia beberapa wahana permainan seperti flying fox, kolam renang dan juga kebun binatang mini.



Golden Sunrise Gunung Prau, Banjanegara



foto gunung prau jateng
cantik ya. foto : mellami


Sebelumnya agar kamu tidak salah paham Gunung Prau terletak di beberapa Kabupaten seperti Wonosobo, Temanggung dan Banjanegara, tapi memang jalur pendakian populer terletak di Wonosobo, kamu bisa membacanya di 17 fakta tentang Gunung Prau yang pasti belum kamu tahu.

Gunung Prau menawarkan pemandangan sangat indah, dari puncaknya kita bisa melihat gunung lain seperti Sumbing dan Sindoro, tak hanya itu kita juga bisa melihat Telaga Warna dari kejauhan dan asap dari kawah sikidang lho.

baca juga : yuk melihat golden sunrise di gunung prau



Wisata Baturaden, Kabupaten Banyumas


foto bauraden jateng
curug telu di baturaden. foto : renya



Wisata Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas dan berada 14 Km dari Kota Purwokerto. Wisata baturaden juga terkenal dengan legenda lutung kasarungnya yang dipercaya sebagai asal muasal nama Baturaden ini.

Disana juga terdapat sebuah komplek wisata yang didalamnya terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik. Diantaranya adalah Pancuran Pitu, yaitu sebuah pemandian air panas yang mengandung belerang yang berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit khususnya penyakit kulit.

baca juga : Baturaden, wisata alam keluarga di Banyumas

Nah, itulah daftar tempat wisata disetiap Kabupaten di Jawa Tengah, wisata-wisata diatas merupakan tempat wisata paling populer, jadi mana tempat wisata favoritmu?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »