Pantai Plengkung (G-Land), Surga Peselancar di Jawa Timur


Selain Malang, salah satu kota yang menjadi tujuan favorit wisatawan di Jawa Timur adalah Banyuwangi, di Kabupaten yang terletak diujung pulau jawa ini menyimpan banyak sekali tempat wisata keren, salah satu tempat wisata tersebut adalah Pantai G-Land atau biasa disebut juga dengan nama Pantai Plengkung.


foto pantai plengkung banyuwangi
keren ya ombaknya. foto : sovrnrepublic


Pantai Plengkung masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, pantai ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang menyukai olahraga surfing, bahkan Pantai Plengkung termasuk dalam daftar spot sufing terbaik di Asia Tenggara lho.

Lokasinya yang strategis karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia menjadikan ombak di Pantai G-Land sangat menggoda para peselancar, pantai ini memang lebih populer dikalangan wisatawan asing daripada wisatawan lokal, pengunjung yang datang juga didominasi oleh warga eropa dan amerika.

Nama asli pantai ini adalah Pantai Plengkung, ada beberapa alasan mengapa pantai ini disebut G-Land seperti :
“G” diambil dari kata “Grajagan” yaitu sebuah teluk yang berada di timur pantai indah ini.
“Green” karena lokasi pantai ini yang berada didekat hutan tropis dimana terdapat banyak pepohonan hijau.
“Great” karena pantai ini memiliki ombak yang sangat menawan.
Alasan lainnya adalah karena bentuk dari pantai ini menyerupai huruf G jika dilihat dari atas.

Sedangkan asal usul dari nama asli pantai ini karena bentuknya yang melengkung, sehingga masyarakat setempat memanggilnya Pantai Plengkung, bentuk unik inilah yang menghasilkan ombak setinggi 8 meter diamana ombak tersebut hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah saja seperti di Hawai dan Afrika.

baca juga : inilah foto-foto keren dari ke-34 provinsi di Indonesia


foto surfing di pantai g-land banyuwangi
berani coba? foto : jakemakigrom



Ombak di Pantai Plengkung dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu :

  • Untuk pemula (Many Track Waves) Dengan ketinggian ombak 3-4 m
  • Tingkat medium (Speedis Waves) Dengan ketinggian ombak mencapai 5-6m
  • Untu pemain profesional (Kong Waves) yang merupakan paling tinggi hingga mencapai 6-8m


Jika beruntung, dalam waktu tertentu seperti bulan April sampai September kita bisa menemukan ombak setinggi 8 meter dengan panjang sekitar 2 km lho, karena kerennya ombak di pantai ini, tak jarang Pantai Plengkung dijadikan sebagai lokasi lomba surfing kelas dunia, salah satunya adalah Da Hui Pro Surfing World Championship seri III.

Namun perlu diingat, ombak besar di Pantai Plengkung tidak bisa setiap saat kita jumpai, ombak besar hanya muncul di bulan-bulan tertentu, puncaknya adalah bulan Agustus, selain bulan-bulan tertentu tersebut ombak di Pantai Plengkung terbilang cukup kecil dan tidak banyak ditemui aktivitas surfing.

Biasanya wisatawan asing yang ada disini datang langsung dari Bali dengan menggunakan speed boat, mereka akan menginap di Surf Camp yang terdapat banyak di kawasan pantai ini, selain itu fasilitas di Pantai Plengkung juga terbilang sangat memadai seperti terdapatnya Bungalow, Surf Camp, Bar hingga tempat penyewaan peralatan surfing.

Tapi karena semua fasilitas tersebut dalam bentuk dollar Amerika jadi akan terasa cukup mahal bagi wisatawan domestik, inilah salah satu alasan kenapa hanya sedikit ditemui wisatawan domestik yang sedang berlibur di pantai ini.

baca juga : Taman Nasional Baluran, Afrikanya Indonesia


foto nyantai di pinggir pantai dengan hammock
nyantai kayak di pantai. foto : shevtinayarivera




Rute Menuju Pantai Plengkung

Akses menuju tempat wisata ini bisa dibilang cukup mudah, Jika kamu menggunakan jalur darat bisa memanfaatkan transportasi umum seperti bus dari Banyuwangi menuju Kalipahit, setelah itu bisa menumpang mobil untuk menuju pos pancur (semua kendaraan berhenti di Pos Pancur).

Dari Pos Pancur untuk menuju pantai Plengkung, kita memiliki 2 pilihan, yaitu tracking berjalan kaki menuju Pantai Plengkung dengan jarak tempuh sekitar 9 KM atau bisa juga menyewa kendaraan khusus yang sudah disediakan pengelola Taman Nasional Alas Purwo.

Sedangkan bagi kamu yang ingin menggunakan jalur laut bisa menggunakan Speedboat atau perahu nelayan dari Pantai Grajagan yang letaknya sekitar 40 km selatan Banyuwangi, jika kita menggunakan Speedboat, Pantai Plengkung bisa ditempuh hanya sekitar 1 jam saja, sedangkan untuk perahu nelayan kurang lebih 2 jam.

baca juga : daftar tempat wisata di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi


foto pantai plengkung g-land saat surut
ini dia pantai G-Land saat surut. foto : rudyanza11



Tips Berlibur Ke Pantai Plengkung :


  • Jika kamu hobi surfing, maka kamu wajib mencoba ombak di pantai ini.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai G-Land adalah pada bulan April – Sepetember karena saat itu ombak sedang besar.
  • Karena sebagian besar fasilitas di tempat wisata ini berbentuk dollar, jadi tidak disarankan bagi kamu yang tidak mengerti tentang dollar.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.




Harga Tiket Masuk :
Harga tiket masuk taman nasional : Rp. 5.000,-
Harga tiket untuk menyebrang ke hutan lindung dan tepi pantai laut selatan Rp. 5.000,-

Update Agustus 2016
*harga tiket bisa berubah kapanpun

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak penginapan atau bungalow di kawasan pantai, tinggal pilih saja sesuai selera dan budgetmu.



Lokasi :


  • Alamat ; Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur



Lihat peta cara menuju ke pantai plengkung



Wisata Terdekat Dari Pantai Plengkung atau G-Land :

Pantai Grajagan
Taman Nasional Alas Purwo

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »