Skip to main content

Info & Tips Lengkap Mendaki Gunung Pulosari Banten

Gunung Pulosari adalah sebuah gunung mungil yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, bisa dibilang Gunung Pulosari adalah gunung paling populer di Banten karena selain tidak terlalu tinggi, pemandangan yang ditawarkan juga cukup indah.

puncak gunung pulosari
selfie di puncak dulu guys. foto : @yat_tzu

Gunung Pulosari sendiri memiliki ketinggian 1346 Mdpl, walaupun tingginya yang tidak melebihi Gunung Andong di Magelang, tapi jangan salah, jalur pendakian di Gunung Pulosari cukup menguras tenaga lho.

Bagi masyarakat sekitar, Gunung Pulosari adalah gunung yang penuh misteri karena ditemukan banyak arca dan situs-situs kuno disekitar kawasan gunung.

Di Museum Nasional Indonesia di Jakarta terdapat sejumlah arca yang disebut "arca Caringin" karena pernah menjadi hiasan kebun asisten-resisten Belanda di tempat tersebut. Arca tersebut dilaporkan ditemukan di Cipanas, dekat kawah Gunung Pulosari.

Menurut pengalaman para pendaki yang sudah mendaki di Gunung Pulosari, walaupun tingginya hanya 1346 Mdpl, namun jalur pendakiannya hampir mirip dengan jalur Gunung Cikuray dan Gunung Gede via Putri.

Nah, bagi kamu yang ingin mendaki di Gunung Pulosari, sebelumnya kamu bisa membaca informasi berikut sebagai referensi.

Baca Juga :
daftar tempat wisata populer di Banten



Bagaimana Cara Menuju ke Basecamp Gunung Pulosari ?

Untuk menuju ke Basecamp Gunung Pulosari, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Dari Pandeglang kamu tinggal menuju kearah pertigaan Mengger, setelah sampai di Mengger kamu tinggal lurus saja menuju Mandalawangi, tetap lurus hingga kamu sampai di Pari hingga kamu menemukan Pasar Pari.

Tidak jauh dari Pasar Pari akan terdapat petunjuk bertuliskan Tempat Wisata Pulosari, ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi.


Sedangkan bagi kamu yang ingin menggunakan transpotrasi umum, kamu bisa naik kereta dengan jalur :
Tanah Abang/Duri - Rangkasbitung, St. Rangkas - Terminal Mandala, Terminal Mandala - Pandeglang, Pandeglang - Pasar Pari, dari Pasar Pari menuju Warung/Basecamp harus naik ojek.

Atau kamu juga bisa menggunakan bus dengan jurusan Kalideres – Labuan dan turun di pertigaan Mengger lalu dilanjutkan dengan naik angkot menuju Pari dan dilanjutkan lagi dengan ojek menuju Basecamp.


Berapa Biaya Retribusi Gunung Pulosari ?

Rp. 10.000/orang
(harga tiket bisa berubah kapanpun)



Dimana Lokasi Camp Terbaik ?

Lebih disarankan untuk mendirikan tenda di sekitar kawah karena areanya yang sangat luas dibandingan di puncak yang cukup sempit dan akan langsung penuh saat banyak pendaki.

kawah gunung pulosari
kawah di gunung pulosari. foto : @ditadaaa





Apakah Ada Sumber Air di Gunung Pulosari ?

Ya, di Gunung Pulosari terdapat sebuah air terjun bernama Curug Putri yang dijadikan sebagai tempat wisata, lokasi Curug Putri setelah kita melewati Pos 1, biasanya para pendaki lebih memilih berlama-lama disini untuk bersantai.

curug putri gunung pulosari
curug putri di gunung pulosari. foto : @visitpandeglang



Apakah Terdapat Warung di Jalur Pendakian Gunung Pulosari ?

Terdapat warung di Basecamp dan Kawah, namun untuk warung di area kawah biasanya memiliki harga yang cukup mahal.



Apakah Jalur Pendakian Gunung Pulosari Mudah ?

Sesuai pengalaman para pendaki, jalur pendakian Gunung Pulosari bisa dibilang cukup menguras tenaga, jalur akan semakin berat setelah kita melewati Curug Putri, dari situ jalur lebih didominasi oleh tanjakan dan sangat minim “bonus”.


jalur vertikal di gunung pulosari
jalur vertikal di gunung pulosari. foto : @nazuafs


Berapa Lama Pendakian di Gunung Pulosari ?

Rata-rata waktu pendakian di Gunung Pulosari sekitar 3 jam, tergantung kecepatan kita dalam berjalan, terutama ketika dari kawah menuju puncak, disini terdapat dua jalur yang bisa kita pilih.

Pertama dengan mendaki melalui jalur Vertikal dengan kemiringan hampir 70 derajat namun hanya memakan waktu kurang lebih 45 menit saja, atau memutari punggung gunung tapi memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 1 jam lebih.


Baca Juga :
daftar Gunung ramah pendaki di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula






Tips Mendaki di Gunung Pulosari Banten :

  • Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Pulosari adalah saat musim kemarau, karena saat musim hujan jalur akan sangat licin.
  • Sumber air yang jernih adalah di Curug Putri, selain itu biasanya keruh karena ulah para pendaki nakal.
  • Lokasi camp terbaik adalah di Kawah.
  • Di Kawah terdapat warung dan kamar mandi, jadi kamu tidak perlu kawatir buang air sembarangan.
  • Disarankan utnuk melatih fisik seminggu sebelum mendaki, karena walaupun tidak terlalu tinggi tapi Gunung Pulosari memiliki jalur yang cukup susah.


Nah, jadi kapan kamu berencana mendaki di Gunung Pulosari?



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar