Top 12 Gunung Ramah Pendaki Untuk Kamu Pendaki Pemula

0 Comments A+ a-

Mendaki gunung memang kini sudah menjadi sebuah lifstyle para anak muda Indonesia, namun bagi kamu yang sebelumnya belum pernah mendaki gunung, cobalah untuk mendaki gunung-gunung ramah pendaki dibawah ini.

foto jalur menuju puncak gunung ungaran 
jalur menuju puncak ungara. foto : brobali.com

Pemandangan lautan awan dan sunrise memang menjadi daya tarik utama di puncak gunung, siapa saja yang sudah pernah mendaki gunung dan sudah melihat pesona keindahan sunrise dan lautan awan pasti setuju, jika mendaki gunung bisa membuat orang kecanduan.

Nah, di bawah adalah daftar dari gunung-gunung di Indonesia yang tidak terlalu tinggi tapi memiliki pemandangan yang cukup indah.



Gunung Pulosari 1.346 mdpl

foto sunset di puncak gunung pulosari 
sunset puncak pulosari. foto : @muzib43

Gunung Pulosari terletak di Pandeglang, Banten, Gunung Pulosari merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif, namun sejauh ini belum pernah meletus.

Keindahan puncak gunung pulosari memang cukup menarik bagi para pecinta alam, dan yang paling terkenal dari Gunung Pulosari adalah jalur vertikalnya, cobalah sesekali mendaki gunung ini dan rasakan sensasinya.





Gunung Penanggungan 1.653 mdpl

foto pemandangan gunung arjuna dari puncak gunung penanggungan 
view gunung arjuna. foto : @chairiza_tristan

Gunung Penanggungan terletak di Mojokerto, Jawa timur, banyak yang mengatakan jika Gunung Penanggungan merupakan miniatur Semeru karena memiliki puncak yang tandus layakanya Gunung Semeru.

Walaupun terbilang pendek, namun pemandangan di Puncak Penanggungan cukup indah kok, jika beruntung kita bisa melihat lautan awan dan tentunya sunrise.

Trek yang akan kita lalui bisa mencapai kemiringan 65 derajat lho, jadi persiapkan dirimu ya, pendakian di Gunung Penanggungan biasanya memakan waktu sekitar 4 jam.





Gunung Andong 1.762 mdpl

foto sunrise di puncak gunung andong magelang 
sunrise dari puncak andong.

Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, gunung satu ini populer setelah foto-fotonya tersebar di internet, banyak orang mengaku jika pemandangan di Puncak Andong cukup indah, terlebih lagi Gunung Merbabu dan Merapi yang menjulang tinggi di depan mata.

Saat cuaca cerah kita bisa melihat deretan gunung lainnya, mulai dari Gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, Telomoyo hingga Prau yang terletak di Wonosobo.

Gunung Andong sendiri memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Alap-Alap dan Puncak Andong yang paling tinggi.

Pendakian Gunung Andong memakan waktu kurang lebih 1,5 jam tergantung kecepatan kamu saat mendaki, walaupun tergolong tidak terlalu tinggi, namun jalur yang harus kita lalui cukup membuat lelah, karena hanya terdapat sedikit jalur datar, dan selebihnya menanjak terus.






Gunung Batur 1.717 mdpl

foto sunrise dari puncak gunung batur bali 
sunrise dari puncak batur. foto : @sightseeing_sisters

Gunug Batur terletak di daerah Kintamani, pulau Bali, gunung ini tak hanya terkenal di kalangan pecinta alam indonesia saja, namun juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara juga lho, selain ramah pendaki, pemandangan di puncak Gunung Batur memang cukup indah.





Gunung Panderman 2.045 mdpl

foto sunset di gunung panderman batu malang 
sunset di gunung panderman. foto : @achmad_harizul

Gunung Panderman terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Siapa bilang di kota wisata satu ini hanya terdapat Jatim Park saja, Kota Batu memang surganya wisata di Jawa Timur, tak terlepas dengan wisata alam berupa gunung.

Gunung Panderman memiliki trek yang cukup mudah bagi pendaki pemula, dari puncak Panderman kita bisa melihat lautan awan, sunrise dan pemandangan Kota Batu.





Gunung Ungaran 2.050 mdpl

foto pemandangan di puncak gunung ungaran 
pemandangan di gunung ungaran.

Gunung satu ini terletak di Ungaran, Semarang, banyak yang mengatakan jika Gunung Ungaran sangat cocok untuk pendaki pemula yang sedang belajar mendaki, ya, karena jalur pendakian Gunung Ungaran bisa dibilang cukup ringan.

Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam, kita sudah bisa sampai di puncak, trek awal yang akan kita lewati adalah jalur datar hingga perkebunan teh, nah, stelah ini barulah pendakian mulai terasa cukup melelahkan.

Kita akan melewati jalur hutan dan bebatuan besar dengan jalur yang terus menanjak hingga puncak, jalur yang dipilih biasanya melalui Basecamp Mawar di Jimbaran, Bandungan, dari puncak kita bisa melihat gunung merbabu, telomoyo dan andong dari kejauhan.






Gunung Sibayak 2.212 mdpl

foto pemandangan gunung sibayak 
pemandangan dari gunung sibayak. foto : @khoiriah_nasuty

Sejenak melipir ke Berastagi, Sumatera Utara, terdapat sebuah gunung yang tak terlalu tinggi namun memiliki pemandangan indah, yaitu Gunung Sibayak, hanya sekitar 50 km dari pusat Kota Medan, saat kamu berlibur ke Medan, pastikan kamu mencoba mendaki gunung ini.

Terdapat 3 jenis jalur yang bisa kita coba, pertama adalah jalur turis, merupakan jalur paling mudah karena hanya membutuhkan waktu skeitar 1-2 jam untuk sampai puncak.

Kedua adalah jalur menengah, jalur ini bisa kita tempuh melalui Desa Raja Beneh dengan estimasi waktu sampai puncak sekitar 3-4 jam, dan yang terakhir adalah jalur 54 yang tergolong cukup sulit.





Gunung Ijen 2.443 mdpl

foto pemandangan kawah ijen keren 
pemandangan kawah ijen. foto : @dhewafuldha

Kalau gunung satu ini lebih terkenal dengan nama Kawah Ijen, terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari pos paltuding menuju puncak, saat masih gelap kita bisa melihat blue fire (api biru) yang terkenal itu.

Selain itu kita juga bisa melihat warga sekitar yang lalu lalang menggendong belerang yang diambil di dekat kawah untuk dibawa turun, gunung ijen sudah terkenal hingga mancanegara lho.






Gunung Prau 2.565 mdpl

foto view telaga warna dari puncak gunung prau 
view telaga warna dari puncak prau.

Gunung Prau terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, gunung ini terkenal dengan pemandangan golden sunrise yang sangat indah, jalur paling favorit bagi para pendaki adalah melalui Basecamp Patak Banteng dan Dieng.

Dari Basecamp Patak Banteng hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai puncak, inilah jalur tercepat untuk bisa sampai di puncak.

Walaupun terbilang cukup cepat, namun jalur yang harus kita lalui merupakan jalur menanjak terus hingga puncak, ditambah lagi tidak tersedianya sumber air, tapi sesampainya di puncak kita akan melihat luasnya dataran dan perbukitan yang disebut Bukit Teletubbies.

Gunung prau juga terkenal dengan Bukit Teletubbies-nya dimana terdapat perbukitan mirip di acara tv teletubbies, dari puncak kita bisa melihat gagahnya gunung kembar Sumbing Sindoro di depan mata, nah, pemandangan inilah yang menjadi logo air minum aqua.





Gunung Papandayan 2.665 mdpl

gunung ramah pendaki papandayan
gunung papandayan. foto : @ramaarpa

Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat, terkenal dengan pemandangan hutan matinya yang sangat fotogenik atau anak muda biasa menyebutnya instagramable, hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan jalur landai kita sudah bisa mencapai puncak papandayan.

Selain hutan mati, Papandayan juga terkenal dengan tegal alun, yaitu sebuah hamparan kebun edelweis yang merupakan bunga abadi, tapi jangan dipetik ya, ditambah lagi kita akan melewtai kawah belerang seperti kawah baru, kawah mas, kawah ngangklak dan kawah manuk.






Gunung Gede 2.958 mdpl

foto pemandangan dari puncak gunung gede 
pemandangan dari puncak gunung gede. foto : @robi1896

Gunung Gede terletak di Bogor, Jawa Barat, Gunung Gede masih termasuk dalam Taman Nasional Gede Pangrango, merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki Jawa Barat dan sekitarnya, selain dekat dan tidak terlalu tinggi, pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah.

Pendakian di Gunung Gede membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan trek yang cukup landai, sepanjang perjalanan kita akan menemukan spot-spot menarik seperti Air Terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga hingga padang bunga edelweis.





Gunung Merbabu 3.145 mdpl

foto pos 3 merbabu via selo 
pos 3 merbabu via selo.

Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang, Salatiga dan Boyolali, Jawa Tengah, Gunung Merbabu terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah, bagi pendaki pemula disarankan untuk melalui jalur Selo, Boyolali, selain jalurnya yang lebih banyak datar, pemandangnnya juga cukup lengkap.

Melalui jalur selo, kita bisa melihat pemandangan seperti, Gunung Merapi yang mulai terlihat dari pos 3, bunga edelweis yang terhampar luas dimana saja, padang savana yang terkenal, hingga pemandangan Gunung Lawu dari Puncak Kenteng Songo.

Perjalanan menuju puncak Gunung Merbabu via Selo memakan waktu kurang lebih 8-9 jam, biasanya para pendaki mendirikan tenda terakhir di sabana 2 sebelum melakukan summit attack saat fajar sekitar jam 3.

Namun perlu diingat, Merbabu terkenal juga dengan udaranya yang cukup dingin, jadi persiapkan jaket tebal ya.


Itulah daftar gunung-gunung ramah pendaki di indonesia, apabila kamu memiliki info gunung ramah pendaki lainnya yang belum dicantumkan diatas, kamu bisa memberitahu kami melalui kolom komentar.




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments