Taman Balekambang Tawangmangu, Wisata yang Akan Membuatmu Serasa Keliling Dunia

0 Comments A+ a-

Karanganyar terkenal memiliki tempat wisata yang tidak terlalu banyak, namun walaupun begitu ternyata wisata-wisata di Karanganyar termasuk tempat wisata yang cukup direkomendasikan di daerah Solo Raya lho.

taman balekambang tawangmangu
miniatur jepang di taman balekambang. foto : idofihasma

Nah, salah satu tempat wisata di Karanganyar yang sudah sangat populer adalah Grojogan Sewu, tapi kali ini Brobali.com tak akan membahas mengenai Grojogan Sewu, melainkan sebuah tempat wisata yang terletak tak jauh dari sana, yaitu Taman Balekambang Tawangmangu.




Apa yang Menarik di Taman Balekambang Tawangmangu ?

Sebenarnya Taman Balekambang sudah lama menjadi wisata di Tawangmangu, namun karena fasilitasnya yang kurang menarik menjadikan wisatawan berpikir dua kali untuk berkunjung kesana.

taman balekambang tawangmangu
pemandangan di taman balekambang tawangmangu. foto : peterhernandez_o

Karena itulah pihak pengelola Taman Balekambang Tawangmangu akhirnya mencoba untuk merombak taman ini agar terlihat lebih menarik dengan cara merubah konsepnya.

Melihat wisatawan Indonesia yang sangat suka befoto, pihak pengelola Taman Balekambang Tawangmangu berinisiatif untuk merubah lapangan tenis di area taman menjadi lokasi miniatur dunia.

Hingga kini Taman Balekambang Tawangmangu juga dikenal dengan nama Taman New Balekambang Tawangmangu karena perubahan total yang terjadi pada wisata Karanganyar satu ini.

Nah, di Taman Balekambang Tawangmangu ini terdapat banyak sekali miniatur ikon wisata dari beberapa negara populer seperti Perancis, Italia, Mesir dan tentunya Indonesia.

Kini Taman Balekambang Tawangmangu mengusung konsep 1001 selfie, dimana kita bisa dengan mudah mencari spot foto keren khas negara lain, jadi jika memang kamu tidak bisa pergi keluar negeri, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung di Taman Balekambang Tawangmangu ini.

Beberapa ikon wisata di Taman Balekambang yang cukup favorit bagi pengunjung adalah :

  1. Patung Spink dari Mesir
  2. Patung Singa dari Singapura
  3. Monumen Arc De Triomphe dan Menara Eifel dari Perancis
  4. Gunung Fuji dari Jepang
  5. Hollywood
  6. Menara Piza dari Italia
  7. Tembok Besar China
  8. Colosseum dari Italia
  9. Dan tentuna Borobudur dari Indonesia


Taman Balekambang tak hanya menampilkan miniatur-miniatur dari wisata diatas saja, melainkan masih ada banyak lagi karena pihak pengelola selalu menambahkan ikon baru dalam beberapa bulan, jadi kamu tidak perlu kawatir bosan untuk berkunjung beberapa kali.

Setelah puas berfoto ria, kini saatnya kamu bersantai di sekitar aliran air terjun dan sungai buatan, aliran sungai buatan di Taman Balekambang terlihat sangat alami karena dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan.

pemandangan di taman balekambang tawangmangu
kelihatan seger banget ya suasananya. foto : yesung1605

Selain itu lokasinya yang berada di lereng Gunung Lawu menjadikan udara di Taman Balekambang Tawangmangu cukup sejuk, hanya saja karena lokasinya yang berada di ruang terbuka mengharuskanmu untuk pintar-pintar dalam memilih waktu berkunjung.

Tak hanya itu saja, Taman Balekambang Tawangmangu juga menawarkan wisata outbound seru, seperti :

  1. Flying Fox
  2. Paint Ball
  3. Water Bridge
  4. High Rope
  5. Sepeda Lipat
  6. ATV
  7. Skuter
  8. Dan masih banyak lagi.


Menarik bukan?
Kini Taman Balekambang menjadi salah satu wisata keluarga favorit di Tawangmangu dan sekitarnya, jadi tak heran jika setiap hari objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung yang didominasi oleh keluarga dan anak muda.

Baca juga :
Hanya dengan Rp. 50.000 saja kamu bisa mengunjungi beberapa wisata keren di Karanganyar ini.
Little Venice, wisata mirip luar negeri di Bogor


atv di taman balekambang tawangmangu
yuk main ATV di taman balekambang. foto : rachman_yanuar



Fasilitas :
  • Flying Fox
  • Outbound Area
  • Paint Ball
  • Water Bridge
  • High Rope
  • Sepeda Lipat
  • ATV
  • Skuter
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Berbagai ikon wisata dunia
  • Dan masih banyak lainnya.


Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Tawangmangu :
Rp. 12.000/orang (hari biasa)
Rp. 15.000/orang (hari libur dan weekend)

Jam Buka :
08:00 – 17:00 WIB

Kontak :
081393101444

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, di daerah Tawangmangu sendiri sudah terdapat banyak sekali hotel dan villa yang bisa kita sewa, jadi kamu tidak perlu kawatir, kamu hanya perlu mencari yang sesuai selera saja.




Lokasi :

  • Alamat ; Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
  • 12 Km dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jl. Matesih-Tawangmangu (24 menit)
  • 42 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Lawu (1 jam 14 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Taman Balekambang Tawangmangu 

#Dari Solo, Klaten, Sukoharjo, Jogja
*Transportasi Umum
Dari Surakarta/Solo kamu bisa naik bus antar kota (AKDP) dari Solo dan turun di Terminal Tawangmangu, dari Terminal Tawangmangu kamu bisa naik ojek atau bus kecil menuju Taman Balekambang.

*Kendaraan Pribadi
Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti rute menuju wisata Grojogan Sewu saja, lokasi Taman Balekambang setelah wisata Grojogan Sewu, tepatnya di kiri jalan setelah Hotel Komajaya Komaratih dan Pondok Wisata Tlogo Duwur (di kanan jalan) dan sebelum Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu


#Dari Semarang, Purwodadi
Apabila kamu dari Semarang dan sekitarnya, kamu bisa mengikuti rute Semarang-Purwodadi-Sragen-Solo-Karanganyar atau Semarang-Salatiga-Solo-Karanganyar, setelah memasuki Kabupaten Karanganyar silahkan menuju kearah wisata Grojogan Sewu.

Lokasi Taman Balekambang setelah wisata Grojogan Sewu, tepatnya di kiri jalan setelah Hotel Komajaya Komaratih dan Pondok Wisata Tlogo Duwur (di kanan jalan) dan sebelum Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu.




Tips Berlibur ke Taman Balekambang Tawangmangu :

  • Waktu terbaik untuk berlibur di Taman Balekambang Tawangmangu adalah saat hari biasa dan musim kemarau agar kamu bisa lebih puas.
  • Sangat cocok bagi kamu yang hobi berfoto
  • Cukup direkomendasikan sebagai wisata keluarga.
  • Bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Karena lokasi setiap ikon cukup dekat, jadi kamu harus pintar dalam memilih angle foto agar hasil fotomu terlihat keren.





Lihat peta cara menuju ke taman balekambang tawangmangu



Wisata Terdekat Dari Taman Balekambang Tawangmangu :

Grojogan Sewu (3 menit)
Grojogan Sewu adalah air terjun paling populer di Karanganyar, Grojogan Sewu juga menjadi ikon wisata dari Kabupaten ini, tak heran setiap harinya Grojogan Sewu selalu ramai pengunjung, hal ini bukan menjadi masalah karena wisata Grojogan Sewu ditunjang dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai.

Bukit Sekipan (7 menit)
Bersama Taman Balekambang, Bukit Sekipan menjadi wisata keluarga paling favorit di Tawangmangu, di Bukit Sekipan ini kita bisa mengunjungi Rumah Halloween, dimana di area tersebut terdapat banyak patung hantu yang cukup menarik untuk kita jadikan spot foto.



loading...