Skip to main content

Top 15 Padang Savana Rumput di Indonesia yang Akan Membuatmu Terpesona

Berhubung kita tidak bisa menemukan padang savana pasir di Indonesia, kecuali di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja, jadi padang savana yang akan kita bahas bukanlah pasir, melainkan rerumputan, di Indonesia sendiri terdapat banyak tempat keren yang memiliki pemandangan padang savana.

Sebagian besar padang savana rumput yang ada di Indonesia terletak di gunung, nah di bawah ini merupakan padang savana rumput yang populer dan sangat indah di Indonesia, dimana sajakah itu ?




Sabana di Gunung Merbabu, Jawa Tengah

foto sabana 2 gunung merbabu 
indahnya! foto : @knuga88

Gunung Merbabu terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah, bahkan sebagian besar pendaki mengaku jika gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah, hal ini tak lepas dari padang sabana rumputnya.

Di gunung Merbabu terdapat dua jalur pendakian yang melewati padang sabana rumput, yaitu melalui Selo, Boyolali dan Suwanting, Magelang, nah, salah satu yang sudah sangat populer adalah padang sabana di jalur Selo, kita akan menemukan dua tempat, yaitu Sabana 1 dan Sabana 2.







Gunung Lawu Via Candi Cheto, Karanganyar, Jawa Tengah


foto savana rumput gunung lawu via candi cheto
gimana, keren gak ? foto : @anitahapsa

Gunung Lawu sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah tak mau kalah dengan keindahan alamnya, siapa sangka di Gunung Lawu terdapat sebuah sabana yang cukup indah, untuk melihat sabana tersebut kita harus mendaki melalui jalur Candi Cheto.

sabana rumput di jalur ini terletak setelah Pos V, disini kita akan melihat sebuah pemandangan yang sangat indah dengan dikelilingi bukit dan pepohonan yang menjadikan suasana layaknya di gunung Semeru, ditambah lagi setelah kita melewati sabana tersebut kita akan menemukan kebun bunga edelweis, tapi jangan di petik ya guys.

baca juga : tips lengkap mendaki gunung Lawu




Kawah Wurung, Bondowoso, Jawa Timur

foto kawah wurung bondowoso 
serasa di surga. foto : @andresutantoo

Kawah Wurung merupakan sebuah tempat luas yang dipenuhi oleh rerumputan hijau, lokasi ini juga sering digunakan untuk kegiatan paralayang dan motor trail, di kawasan Kawah Wurung terdapat sebuah bukit bernama bukit Cincin, di Kawah Wurung sejauh mata memandang hanya terdapat rerumputan hijau saja.







Pulau Kenawa, Sumbawa, NTB

foto pemandangan pulau kenawa sumbawa 
pemandangannya pecah banget!. foto : ndaydarmawan

Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang masih termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat, pulau ini terkenal dengan padang rumputnya yang sangat indah, tak hanya itu, di area pulau Kenawa juga terdapat sebuah bukit kecil, kamu bisa naik keatasnya untuk melihat keseluruhan pulau, saat kita berada di pulau ini, rasanya seperti berada di pulau pribadi.




Sindoro via Sigedang, Jawa Tengah


sabana sindoro
sindoro via sigedang. foto by alidesta.wordpress.com

Dari sekian banyak jalur pendakian gunung Sindoro, jalur via Sikatok/Sigedang adalah jalur tercepat untuk sampai di Puncak Sindoro. Jika lewat jalur ini nanti kita akan disuguhi pemandangan kebun teh dan padang sabana rumput yang indah.

Selain itu kita juga bisa melihat beberapa puncak gunung lainnya seperti Sumbing, Merapi, Merbabu, hingga gunung Slamet yang tampak samar-samar dari kejauhan.





Padang Rumput Cihideung, Bandung, Jawa Barat


foto padang sabana cihideung bandung 
hijau dan segar. foto : sebandung.com

Padang rumput ini terletak di Lembang, Bandung, banyak orang menjuluki padang rumput Cihideung ini sebagai New Zealand-nya Bandung, rumput-rumput liar yang tumbuh di kawasan ini menjadikan pemandangan sangat indah.






Savana Cikasur Gunung Argopuro, Jawa Timur

foto sabana cikasur gunung argopuro
asyik buat tiduran. foto : qayyumayu

Gunung Argopuro terletak di Situbondo, savana Cikasur menjadi lokasi favorit bagi pendaki, pemandangan disini sangat mempesona, savana ini akan terlihat sangat hijau di musim hujan, dan menguning di musim kemarau, disamping padang savana Cikasur terdapat sungai kecil yang ditumbuhi selada air, jika kamu kehabisan logistik, kamu bisa memanfaatkan selada air tersebut sebagai makanan darurat.





Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur

foto savana alas purwo banyuwangi
mantep dah pokoknya. foto : aldiainun

Selain Taman Nasional Baluran, di Banyuwangi juga terdapat satu Taman Nasional lagi, yaitu Alas Purwo, uniknya, padang savana ini terbentuk akibat kerusakan hutan, inilah salah satu tempat indah di Indonesia yang terbentuk oleh kerusakan alam.





Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

foto savana bekol di taman nasional baluran
mirip di afrika ya. foto : b_agusd

Taman Nasional Baluran terletak di dua wilayah, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, tempat ini sudah sangat terkenal sebagai Afrikanya Indonesia, bukan tanpa alasan, pemandangan di Baluran memang sangat mirip dengan padang savana di Afrika, lengkap dengan gunung dibelakangnya.







Oro – Oro Ombo Gunung Semeru, Jawa Timur

foto keren oro oro ombo semeru
bunga verbena brasielis di oro oro ombo. foto : annisatiani

Selain danau Ranu Kumbolo, di gunung Semeru terdapat satu tempat keren lagi, yaitu Oro-Oro Ombo, saat musim kemarau kita akan mendapati pemandangan rerumputan yang mulai menguning, dan saat musim hujan, pemandangan berubah drastis, lokasi ini akan ditumbuhi oleh bunga lavender yang terlihat indah.





Savana Sembalun Gunung Rinjani, Lombok, NTB

foto sabana rumput gunung rinjani
indah sih, tapi juga bikin frustasi. foto : kristosil

Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia juga tak mau kalah, gunung yang terletak di pulau Lombok ini juga menawarkan pemandangan savana rumput yang sangat mempesona dan juga membuat mental kita down.

Karena savana di gunung Rinjani sangat luas, serasa tidak ada habisnya, savana ini bisa kita nikmati jika mendaki melalui Sembalun, dari Basecamp sampai Pos 3 kamu akan melihat hamparan luas rerumputan dengan bukit bukit kecil.






Savana Rumput Gunung Bromo, Jawa Timur

foto padang sabana bromo
keren ya. foto : suzielantina

Siapa bilang Gunung Bromo hanya ada lautan pasir saja, di kawasan Gunung Bromo juga terdapat padang savana rumput lho, lokasinya berada di balik pasir berbisik, pemandangan disini tidak perlu dipertanyakan lagi, hamparan rumput akan membuatmu terkagum kagum.

baca selengkapnya : pesona keindahan gunung Bromo





Tegal Panjang Gunung Papandayan, Jawa Barat

foto tegal panjang gunung papandayan
tegal panjang. foto : adventureideas

Gunung Papandayan sebagai salah satu gunung terindah di Jawa Barat juga tak mau kalah, tepatnya di Tegal Panjang terdapat sebuah padang savana rumput yang sangat menyegarkan mata.

Padang savana ini dikelilingi oleh pepohonan disampingnya, namun sayang lokasi ini sering dibakar oleh warga sekitar untuk mencegah terjadinya kebakaran karena rumput yang mulai meninggi.





Bukit Teletubbies Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah

foto bukit teletubbies gunung prau
bukit teletubbies. foto : lisabudiharjo

Gunung Prau, walaupun tidak terlalu tinggi namun memiliki pemandangan yang cukup indah, di puncaknya terdapat sebuah perbukitan bernama bukit teletubbies, apabila kamu beruntung kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau, pemandangan tersebut biasanya dapat kamu lihat setelah penutupan gunung Prau selesai.






Kawah Ilalang, Bondowoso, Jawa Timur

foto kawah ilalang bondowoso
ngopi dulu bro. foto : deyroby

Di Bondowoso masih terdapat satu tempat keren lagi, yaitu Kawah Ilalang, lokasi kawah Ilalang berada di samping Kawah Wurung sehingga karakteristik dari kedua tempat tidak jauh berbeda, hanya saja Kawa Ilalang lebih sepi dan alami karena tidak terlalu banyak pengunjung yang datang.

baca selengkapnya : kawah ilalang, tak sepopuler kawah wurung tapi keindahannya hampir sama



Nah, itulah beberapa tempat yang memiliki padang savana rumput keren dan indah di Indonesia, dari tempat yang masuk dalam daftar diatas, mana saja favorit kamu ?




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar