Skip to main content

Top 4 Desa Wisata Unik di Indonesia, Sudah Pernah Kesana?

Berbicara tentang wisata budaya memang tak lepas dari pesona keindahan dan kunikan desa wisata Indonesia, salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan adalah karena desa wisata masih mempertahankan budaya asli dari daerahnya.

Keunikan budaya inilah yang menjadikan desa tersebut terpilih sebagai desa wisata, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali desa wisata yang bisa kita kunjungi.

Namun dari banyaknya desa wisata tersebut, ternyata ada beberapa desa yang terbilang cukup "unik" loh, apa sajakah itu ? yuk mari kita simak.





Desa Panglipuran, Bali

foto desa panglipuran bali 
desa wisata panglipuran. foto : @adeindrawan77

Pulau Bali memang memiliki banyak sekali jenis wisata, mulai dari pantai, air terjun, pura dan desa wisata, nah, salah satu desa wisata unik yang ada di Bali adalah Desa Panglipuran, desa yang terkenal dengan kebersihannya.

Oh iya, Desa Panglipuran juga pernah mendapatkan penghargaan kalpataru karena kebersihannya loh guys.

Desa Panglipuran memiliki luas sekitar 112 hektar, dengan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani, peternak dan pengrajin bambu. Saat masuk ke kawasan desa, kita tidak akan menemukan motor.

Hal ini membuat udara di Desa Panglipuran cukup sejuk dan bebas dari polusi, uniknya walaupun masyarakat desa panglipuran memeluk agama hindu, tapi mereka tidak mengenal upacara ngaben, jadi jika ada orang meninggal, maka akan langsung dikuburkan.







Desa Wae Rebo, Flores

foto pemandangan keren di desa wae rebo flores 
desa wisata wae rebo. foto : @icandalo

Nah, kalau desa satu ini sudah terkenal di dunia sebagai salah satu desa unik, yaitu Desa Wae Rebo, di kawasan Desa Wae Rebo terdapat sekitar 7 rumah utama dimana rumah tersebut dihuni lebih dari satu kepala keluarga, uniknya, bentuk dari rumah tersebut tidak seperti rumah pada umumnya lho.

Rumah rumah di Desa Wae Rebo ini berbentuk kerucut, untuk menuju ke Desa Wae Rebo sendiri tidaklah mudah.

Kita harus trekking dengan jalur naik karena lokasi Desa Wae Rebo berada di ketinggian, namun sesampainya di lokasi, rasa lelahmu akan terbayar dengan pemandangan alam yang super indah.







Desa Kete Kesu, Sulawesi Selatan

desa wisata unik kete kesu toraja
desa wisata kete kesu. foto : @lierandiwijaya

Kete Kesu merupakan sebuah desa yang terletak di Tana Toraja, Kete Kesu sudah ditetapkan sebagai cagar budaya karena keunikan budayanya, Kete Kesu juga bisa kita sebut dengan nama tongkonan (rumah adat khas toraja).

Kita tahu jika rumah khas Toraja memiliki keunikan tersendiri dalam arsitekturnya, atap rumah terbuat dari belahan bambu yang disusun bertumpuk tumpuk, ditambah dengan ornamen tanduk kerbau yang disusun didepan rumah.

Keunkian juga akan kita temukan 50 meter kebelakang dari komplek tongkonan, disana kita bisa melihat kuburan kuno, tengkorak dan tulang belulang manusia.

Kuburan batu di kete kesu diletakkan menggantung di tebing, namun ada juga beberapa makam yang ditutup dengan jeruji untuk mencegah pencurian jenazah.






Desa Baduy, Banten

foto desa baduy banten 
lumbung padi di desa baduy. foto : @aserr89

Melipir sedikit ke ujung barat pulau jawa, tepatnya di Provinsi Banten terdapat sebuah desa unik lainnya, yaitu Desa Baduy.

Desa ini dihuni oleh suku Baduy, untuk menuju ke desa baduy sendiri pertama kita harus menuju ke Desa Ciboleger yang merupakan pintu masuknya.

Suku baduy sendiri terbagi menjadi dua, yaitu suku Baduy luar dan suku Baduy dalam, nah, dari Desa Ciboleger kita akan trekking menyusuri hutan menuju lokasi Desa Baduy selama kurang lebih 5 jam, cukup lama bukan ?

Sesampainya di lokasi, kita akan melihat rumah rumah desa dengan arsitektur yang terbuat dari bambu dan daun kering sebagai atapnya, banyak fotogrfer dan reporter yang datang kesini untuk meliput atau mengambil foto keunikan desa baduy ini lho.

Keunikan lainnya yang bisa kita temui di Desa Baduy adalah, sebagian besar rumah Baduy menghadap ke selatan, hal ini disebabkan karena suku Baduy masih memegang erat kepercayaannya tentang arah kiblat rumah.

Nah, untuk mengenali orang-orang suku Baduy sangatlah mudah, cukup lihat pakaiannya saja, biasanya suku Baduy memakai setelan putih dengan tak lupa menggunakan ikat kepala.



Itulah beberapa desa wisata unik yang ada di Indonesia, dari daftar diatas desa mana sajakah yang sudah kamu kunjungi ?




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar