Skip to main content

Daftar Wisata Religi di Semarang Paling Populer & Instagramable

Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah tentunya menyimpan banyak sekali jenis wisata, mulai dari wisata alam, shoping, kuliner hingga wisata religi. Nah, membahas mengenai wisata religi di Semarang, BroBali sudah merangkum beberapa tempat wisata religi keren di Semarang dari beberapa agama yang ada di sana.

Tempat-tempat di bawah ini merupakan perwakilan dari beberapa agama karena terdapat lebih dari satu agama di Semarang, jadi kita mengambil beberapa tempat saja yang sudah sangat populer sebagai destinasi wisata religi, yuk kita simak.


Fatimah Az Zahra

wisata religi semarang fatimah zahra
wisata religi semarang fatimah zahra. foto IG @erminanovi17

Fatimah Zahra merupakan tempat wisata bernuansa Mekkah, awalnya tempat ini hanya digunakan sebagai tempat latihan manasik haji saja, tapi karena banyak orang yang tertarik akhirnya Fatimah Zahra dibuka untuk umum.

Kini Fatimah Zahra menjadi salah satu wisata religi di Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan. Disini kita bisa menemukan berbagai miniatur dan replika bangunan-bangunan seperti yang ada di Arab, seperti Ka'bah, Masjid Nabawi, hingga Jabal Rahmah. Keren kan?



Masjid Agung Jawa Tengah

foto masjid agung semarang saat malam hari
pemandangan dari menara saat malam hari, wow! foto : nafi_h_

Siapa sih yang tidak tahu mengenai Masjid Agung Jawa Tengah, masjid ini termasuk dalam kategori masjid megah di Indonesia loh, bukan tanpa alasan karena desain dari Masjid Agung Jawa Tengah memang terlihat sangat keren dan menarik, terlebih lagi bagi kamu para pecinta fotografi.

Desain pelataran Masjid dibangun menyerupai pelataran Masjid Nabawi di Madinah, yaitu terdapatnya payung-payung raksasa yang akan terbuka saat shalat Jumat dan acara penting lainnya, selain itu di kawasan Masjid juga terdapat sebuah menara dengan ketinggian sekitar 99 meter.

Bagi kamu yang ingin melihat sunset dan pemandangan kota Semarang di kala sore, cobalah naik ke menara ini, maka kamu bisa melihat pemandangan kota Semarang yang terlihat sangat luas, ditambah lagi terdapat teropong yang bisa kita gunakan untuk melihat lebih jelas, tapi untuk menggunakan teropong ini kita harus memasukkan koin terlebih dahulu.

Lokasi : Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang


Baca Juga :
daftar tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negri





Klenteng Sam Poo Kong

foto sam poo kong semarang
merah everywhere :D . foto : pictapic_studio

Klenteng Sam Poo Kong dibangun pada tahun 1724 untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho, sampai sekarang Klenteng ini masih digunakan untuk beribadah bagi masyarakat keturunan China, walaupun begitu Klenteng Sam Poo Kong juga digunakan untuk tempat wisata loh guys.

Kawasan Klenteng Sam Poo Kong memiliki arsitektur dengan ciri khas China, yaitu berwarna merah, selain itu di kawasan Klenteng juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang cukup besar, di Klenteng ini selain beribadah kita juga bisa bersantai dan berjalan jalan melihat arsitektur bangunan Klenteng.

Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi baru, kamu bisa berfoto dengan menyewa pakaian khas China berserta pedangnya, dengan background bangunan Klenteng menjadikan suasana layaknya di negara China.

Lokasi : Jalan Simongan Raya No. 29, Bongsari, Semarang Barat





Gereja Blenduk

foto gereja blenduk semarang
serasa di eropa kan ya? iya aja deh. foto : novelia_indriyani

Gereja Blenduk merupakan gereja umat kristen yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, bangunan ini termasuk dalam kawasan Kota Lama, bangunan dengan arsitektur kuno ini juga menjadi ikon wisata di Semarang bersama dengan Lawang Sewu.

Gereja Blenduk selain digunakan sebagai tempat wisata juga masih digunakan sebagai tempat beribadah, karena dirawat dengan baik jadi bangunan Gereja masih terlihat sangat keren dengan arsitektur asli yang masih dipertahankan.

Sebenarnya nama asli gereja tersebut adalah Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) atau Gereja Immanuel, namun masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Gereja Blenduk karena tepat diatas bangunan gereja terdapat sebuah kubah yang bentuknya menyerupai setengah bola, dan orang jawa biasa menyebutnya “Blenduk”.

Lokasi : Jalan Letjend. Suprapto No. 32, Semarang Utara






Vihara Budhagaya Watugong

foto pagoda watu gong semarang
kalau ini serasa dimana bro? foto : potretnusantara

Vihara Budhagaya Watugong merupakan sebuah tempat beribadah dimana terdapat sebuah pagoda dengan tinggi sekitar 45 meter, pagoda tersebut bernama Pagoda Avalokestavara, pagoda itu juga pernah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia loh.

Kawasan Vihara memiliki suasana yang cukup tenang dan pemandangan yang lumayan indah, tempat ini masih digunakan sebagai tempat beribadah, di kawasan Vihara sendiri terdapat bangunan lain bernama Damasala yang didalamnya terdapat sebuah patung Budha berwarna emas, selain itu di belakang bangunan tersebut juga terdapat penginapan yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menginap.

Lokasi : Jalan Perintis Kemerdekaan, Depan KODIM Diponegoro




Nah, itulah beberapa tempat beribadah yang juga digunakan sebagai tempat wisata, mulai dari agama Islam hingga agama kristen, yang perlu diingat saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut adalah tetap mentaati aturan dan jangan melakukan hal-hal yang menyinggung ya.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar