Skip to main content

Top 19 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri

Siapa sih yang tidak ingin berlibur ke luar negeri? semua orang pasti ingin merasakan sensasi wisata di luar negeri.

Mulai dari suasananya yang berbeda, objek wisata dan makanan yang memiliki ciri khas dari negara tersebut, namun sebelum kamu berencana untuk berlibur ke luar negri, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat dibawah ini.

Indonesia memang surganya tempat wisata, ada banyak sekali jenis wisata yang bisa kita pilih, seperti Jogja Bay yang merupakan waterpark terbesar di Indonesia atau pantai pantainya yang memiliki pemandangan cantik.

Jika kita bayangkan, Indonesia itu sangat luas, bahkan tanpa kita sadari, di Indonesia terdapat banyak objek wisata yang mirip dengan wisata yang ada di luar negri, mau tau apa saja ? mari kita simak.



Candi Sukuh, Karanganyar vs Chicen Itza, Meksiko

foto candi sukuh karanganyar
 candi sukuh karanganyar

foto chicen itza meksiko 
chicen itza. foto :@annybabano

Candi sukuh merupakan sebuah candi hindu yang terletak di lereng gunung lawu, karanganyar, jawa tengah, candi sukuh memiliki karakteristik berbentuk piramida, selain itu terdapat patung-patung vulgar yang menonjolkan organ intim manusia.

Di Meksiko, terdapat sebuah candi peninggalan suku maya bernama Chicen Itza, memiliki karakteristik yang sama dengan candi sukuh, yaitu berbentuk piramida, bangunan ini masuk dalam 7 keajaiban dunia pada tahun 2007.




Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri vs Arc de Triomphe, Perancis

foto monumen simpang lima gumul
 monumen simpang lima gumul. kediri

foto arc de triomphe paris 
arc de triomphe. foto : @reginesemaan

Monumen simpang lima gumul, merupakan sebuah bangunan berbentuk kotak dengan lubang di tengahnya, bangunan ini diresmikan tahun 2008 dan menjadi landmark kota kediri.

Sedangkan Arc de Triomphe merupakan sebuah bangunan yang dibangun oleh Napoleon Bonaparte sebagai penghormatan terhadap para tentaranya.

Bentuk dari kedua bangunan ini hampir sama, hanya saja ukiran yang terdapat di dinding memang berbeda, Arc de Triophe sendiri dalam bahasa indonesia berarti “gapura kemenangan”.






Punthuk Setumbu, Magelang vs Bagan, Myanmar

foto sunrise di putuk setumbu background borobudur 
sunrise di punthuk setumbu. foto : @donnydimas


foto keindahan bagan, myanmar 
bagan, myanmar. foto : national geographic

Phuntuk setumbu terletak di desa karangrejo, magelang merupakan sebuah bukit yang terkenal sebagai spot untuk melihat sunrise dengan background candi borobudur yang dikelilingi kabut di pagi hari, wisatawan biasanya menyebut dengan nama “Borobudur Nirwana Sunrise Phutuk Setumbu”.

Sedangkan di Bagan, Myanmar menawarkan pemandangan yang hampir sama, kita akan disuguhkan pemandangan sunrise dengan background candi-candi yang dikelilingi kabut, seakan-akan candi tersebut melayang dilangit.




Candi Prambanan, Jogja vs Angkor Wat, Kamboja

foto candi prambanan jogja
 candi prambanan jogja

foto pemandangan angkor wat kamboja 
angkor wat kamboja, foto : @katharina_clair97

Siapa yang tidak tahu tentang candi prambanan, candi hindu terbesar di Asia Tenggara, candi prambanan merupakan sebuah komplek candi dengan beberapa candi besar yang dikelilingi oleh candi-candi pendamping.

Sama halnya dengan candi prambanan, di kamboja terdapat komplek candi bernama angkor wat. sama halnya dengan candi prambanan, angkor wat merupakan candi agama hindu, namun usianya lebih muda dibanding candi prambanan, dan keduanya masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.



Pasar Apung, Banjarmasin vs Floating Market, Thailand

foto pasar apung banjarmasin 
pasar apung banjarmasin. foto : @bellanovitia


foto pasar apung thailand 
floating market thailand. foto : artwolf.com


Pasar apung atau floating market bisanya identik dengan negara thailan dan vietnam, namun siapa sangka di Indonesia juga terdapat pasar apung, terletak di kota banjarmasin.

Terdapat dua pasar apung yang bisa kita kunjungi, yaitu pasar apung lok baintan di sungai tabuk dan pasar apung muara kuin di sungai kuin.

Sedangkan pasar apung di thailand terletak di damnoen sundak, floating market ini menjadi objek wisata menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat aktivitas tradisional.



Taman Nasional Baluran, Jawa Timur vs Taman Nasional Serengeti, Afrika

foto taman nasional baluran jawa timur 
taman nasional baluran. foto : @backpackerlebay


foto padang savana afrika 
padang savana afrika. foto : sumber

Siapa bilang cuman di afrika yang memiliki padang savana, di jawa timur juga terdapat padang savana yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, terletak di situbondo.

Taman nasional baluran memiliki hamparan padang rumput yang luas, banyak wisatawan menyebutnya sebagai miniatur afrika.

Sedangkan di afrika, terdapat taman nasional serengeti yang terkenal memiliki padang savana yang sangat luas, uniknya, di kedua taman nasional ini terdapat gunung yang menjdaikan pemandangan sangat indah dan alami.




Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja vs Gurun Sahara, Afrika

foto gumuk pasir parangkusumo jogja
 gumuk pasir parangkusumo jogja


foto gurun sahara afrika 
gurun sahara afrika. foto : gambar.co

Siapa sangka di Indonesia terdapat sebuah gurun pasir, tepatnya terletak di Yogyakarta, terdapat sebuah gurun pasir bernama gumuk pasir parangkusumo.

Gurun pasir ini terbentuk akibat letusan gunung merapi dan merbabu jaman dahulu kala, abu vulkaniknya yang terbaawa arus pantai parantritis dan sungai opak yang akhirnya mengendap disini, gumuk pasir parangkusumo merupakan satu satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Sedangkan kita tahu di Afrika tedapat sebuah gurun pasir terbesar di dunia bernama gurun pasir sahara, padang pasir ini membentang dari samudra atlantik hingga laut merah, gurun pasir ini membelah afrika menjadi dua bagian, afrika utara dan afrika “yang sebenarnya”.




Sungai Maron, Pacitan vs Sungai Amazon, Brazil

foto sungai maron pacitan 
sungai maron. foto : @dewi.pa.7

foto sungai amazon 
sungai amazon. foto : @hotel_anaconda_leticia

Terletak di desa maron, kecamatan donorojo, pacitan, sungai maron memiliki panjang sekitar 4,5 km dengan kedalaman hingga 20 meter.

Lokasi ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berkeliling sungai dengan perahu layaknya di sungai amazon. suasananya yang asri dan masih alami menjadikan kita serasa masuk kedalam hutan amazon yang terkenal dengan banyaknya hewa berbahaya.





Hutan Bambu Keputih, Surabaya vs Hutan Bambu Sagano, Jepang

foto hutan bambu keputih 
hutan bambu keputih. foto : @indah_nindya

foto keindahan hutan bambu sagano 
hutan bambu sagano, jepang. foto : @crazyshredz

Keindahan hutan bambu sagano memang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya, namun sebelum kamu buru-buru ingin pergi kesana, tidak ada salahnya untuk mengunjungi hutan bambu keputih di surabaya.

Sebenarnya dulu hutan bambu keputin ini digunakan sebagai TPA (tempat pembuangan akhir) namun berhubung TPA di surabaya dipindahkan ke Benowo maka kini hutan bambu keputih dialih fungsikan menjadi taman yang tak kalah indah.






Green Canyon, Pangandaran vs Grand Canyon, Amerika

foto green canyon ciamis 
green canyon ciamis. foto : @y_ardyan

foto keindahan grand canyon 
ngarai grand canyon amerika. foto : sumber

Jika di amerkia terdapat grand canyon maka di Pangandaran terdapat cukang taneuh atau biasa disebut green canyon, disini kamu bisa menyusuri sungai yang diapit oleh tebing-tebing besar layaknya di grand canyon colorado, amerika,.

Dinamakan green canyon selain karena karakteristiknya mirip dengan grand canyon, air sungai cijulang ini berwarna hijau tosca.

Yang membedakan dari keduanya adalah suasana alamnya, jika di amerika suasana terasa gersang karena panas, di ciamis suasana akan terasa sejuk karena aliran sungai juga melewati gua yang memiliki bebatuan stalaknit dan stalakmit, jadi menurutmu lebih bagus mana ?





Raja Ampat, Papua vs Phi Phi Island, Thailand dan Ha Long Bay, Vietnam

foto keindahan raja ampat 
raja ampat. foto : @robysuhe

foto pemandangan phi phi island thailand 
phi phi island thailand. foto : @belmavrc

foto keindahan ha long bay vietnam 
ha long bay vietnam. foto : @elrincondesele

Siapa yang tidak tahu tentang keindahan raja ampat, terletak di papua barat, keindahan raja ampat sudah terdengar hingga dunia.

Lokasi ini merupakan tujuan favorit bagi traveler yang menyukai wisata bahari, gususan pulau karang dan keindahan taman bawah lautnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sedangkan di phi phi islang, thailand kita juga bisa melihat pemdangan yang hampri sama dengan raja ampat, tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio, namun banyak yang bilang jika raja ampat lebih indah daripada phi phi island.

Selain kedua tempat diatas, masih ada satu lagi yang hampir mirip dengan raja ampat, yaitu ha long bay di vietnam, merupakan sebuah teluk yang terletak di utara vietnam.

Disini kita juga akan melihat gugusan pulau karang, jika dilihat dari udara pemandangan hampir sama antara raja ampat dengan ha long bay, namun tentang keindahannya silahkan coba datangi satu persatu ya.





Brown Canyon, Semarang vs Grand Canyon, Colorado

foto brown canyon semarang 
brown canyon. foto : @txtravelmds

foto pemandangan grand canyon 
grand canyon colorado. foto : Dgrandcanyonnps

Grand canyon merupakan objek wisata favorit bagi wisatawan di amerika, tebing-tebing besar yang menjulang tinggi menjadikan pemandangan sangat indah, namun siapa sangka di semarang terdapat sebuah tempat yang hampir mirip denga  grand canyon di amerika.

Terletak di tembalang, merupakan sebuah tempat penambangan batu kapur yang terbengkalai begitu saja hingga akhirnya membentuk tebing-tebing tinggi layaknya di grand canyon amerika.






Patung Budha Tidur, Mojokerto vs Patung Budha Tidur Wat Pho, Thailand

foto megahnya patung budha tidur mojokerto 
buha tidur mojokerto. foto : @jamiliarikza

foto patung budha tidur thailand 
sleeping budha wat pho thailand.

Bagi kamu yang pernah berlibur ke thailand dan menyempatkan diri untuk mengunjungi patung budha tidur wat pho pasti tidak akan menyangka jika di indonesia juga memiliki patung budha tidur yang mirip dengan wat pho.

Terletak di kota mojokerto, memiliki panjang 22 meter, lebar6 meter dan tinggi4,5 meter merupakan patung sleeping budha terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal.

Namun selain di mojokerto, di bali juga terdapat patung budah tidur yang tak kalah megahnya, hanya saja di Bali patung ini berwarna putih, bukan emas.





Pantai Ora, Maluku vs Pantai di Maladewa

foto keindahan pantai ora maluku 
pantai ora maluku. foto : @sitasya


foto keindahan pantai di maladewa 
pantai maladewa foto : @maldives

Maladewa memang memiliki pantai yang sangat indah, banyak dari wisatawan luar negri ingin berlibur kesana, namun sebelum kamu berniat juga ingin kesana, maka kamu harus mencoba mengunjungi pantai ora di maluku.

Karakteristik dari pantai ora memang hampir sama dengan yang ada di maladewa, keindahan alam, jernihnya air laut layaknya kaca memang membuat banyak orang ingin mengunjunginya, tak salah jika pantai ora di maluku ini disebut-sebut mirip dengan maladewa.






Kebun Raya Cibodas vs Bunga Sakura di Jepang

foto bunga sakura kebun raya cibodas] 
kebun raya cibodas. foto : cosmopolitan.com

foto bunga sakura di jepang yang indah 
bunga sakura di jepang. foto : @miss_deeja

Siapa sih yang tak ingin melihat keindahan bunga sakura saat mekar? namun tentunya kamu harus pergi ke jepang terlebih dahulu, tapi jangan kawatir, kini untuk melihat keindahan bunga sakur tidak perlu jauh-jauh ke jepang lagi.

Cukup pergi ke kebun raya cibodas kamu sudah bisa melihat keindahan pohon sakura khas jepang, bunga yang hanya mekar pada bulan januari-maret ini memang menarik untuk kita lihat, tanpa jauh jauh ke jepang sekarang kita bisa merasakan sesasi hanami (melihat mekarnya bunga sakura).





Istana Anak-Anak Indonesia, Jakarta vs Istana Cinderella, Amerika

foto istana anak anak di jakarta
istana di TMII. foto : www.tamanmini.com

foto istana cinderella di florida
istana cinderella di Florida. 

Istana anak-anak dan Istana Cinderella memang dibangun dengan konsep yang hampir sama, yaitu bertemakan mengenai kisah Cinderella.

Istana anak-anak terletak di Taman Mini Indonesia Indah sedangkan Istana Cinderella terletak di Disney Land, Florida, Amerika, yang membedakan dari kedua bangunan ini selain lokasinya adalah warna bangunan, untuk desain hampir sama.





Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang vs Masjid Nabawi, Arab Saudi

foto masjid agung jawa tengah semarang
masjid agung jawa tengah. foto : hotel.com


foto masjid nabawi, madinah, arab saudi
masjid nabawi. foto : tripadvisor.com

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Semarang, masjid ini diresmikan pada tahun 2006 oleh presiden SBY, yang membuat mencolok dari bangunan masjid adalah pelatarannya, dimana terdapat beberapa payung yang akan terbuka dikala shalat Jumat.

Desain ini hampir mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah, di pelataran masjid Madinah ini juga terdapat beberapa bangunan yang menyerupai payung, sama halnya dengan Masjid Agung Jawa Tengah tersebut.





Tugu Pahlawan, Surabaya vs Monumen Washington, Amerika Serikat

foto tugu pahlawan surabaya
tugu pahlawan di surabaya. foto : kebudayaanindonesia.net


foto monumen washington dc
monumen washington. foto : www.outsidethebeltway.com

Awalnya pada tahun 1884 saat pertama kalinya Monumen Washington diresmikan, bangunan ini menjadi menara tertinggi di dunia, hingga pada tahun 1889 dibangunlah menara Eifel yang memecahkan rekor dari Monumen Washington tersebut.

Nah, ternyata bangunan ini mirip dengan Tugu Pahlawan yang terletak di Surabaya, Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran tanggal 10 November 1945 dimana masyarkat Surabaya bersama melawan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia.






Great Wall Of Koto Gadang, Bukittinggi vs Tembok Besar China, China

foto janjang koto gadang
janjang koto gadang. foto : aessina.com



foto tembok besar china
tembok besar china. foto : http://global.liputan6.com/read/756975/tembok-raksasa-china-terancam-hancur-total

Kita tahu jika tembok besar china memang sangat mempesona, bangunan ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan masuk dalam 7 keajaiban dunia bersama candi Borobudhur, namun siapa sangka di Indonesia juga terdapat sebuah bangunan serupa.

Yaitu Great Wall Of Koto Gadang atau biasa disebut juga Janjang Koto Gadang, yang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Diresmikan pada januari 2013 oleh Tifatul Sembiring yang kala itu menjabat sebagai ketua Menkominfo, Janjang Koto Gadang memiliki panjang sekitar 21.100 km, memang tidak sepanjang tembok besar china, namun pemandangannya tak kalah indah kok.

Itulah tempat tempat wisata di indonesia yang hampir mirip dengan yang ada di luar negri, jadi jika kamu berniat untuk liburan ke luar negri, tidak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi objek wisata diatas terlebih dahulu, siapa tau kamu jadi mengurungkan diri berlibur ke luar negri.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar