Skip to main content

Pagoda Avalokitesvara Watu Gong Semarang | HTM, Lokasi, Rute, Jam Buka Terbaru

pagoda alvarokitesvara semarang

Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tentunya memiliki banyak sekali tempat wisata keren.

Tak hanya tempat wisata saja, Semarang juga menjadi tempat tinggal beberapa agama berbeda, mulai dari Hindu, Islam, Kristien hingga Konghuchu.

pagoda watu gong
sangat cocok untuk fotografi. foto : @michaelblisss

Karena banyaknya agama yang ada di Semarang inilah yang membuat Kota berjuluk “Kota Lumpia” tersebut menjadi sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi kamu yang menyukai wisata religi dan sejarah.

Untuk kamu yang ingin berwisata religi, ada banyak sekali tempat tempat keren yang dapat kita kunjungi, salah satunya adalah Masjid Agung Jawa Tengah.

Berbicara mengenai agama lain, di Semarang ada sebuah bangunan unik bernama Pagoda Avalokitesvara Watu Gong yang terletak tak jauh dari pusat kota.


Apa yang Menarik di Pagoda Budhagaya Avalokitesvara?

Pagoda Budhagaya Avalokitesvara Watu Gong atau biasa disebut dengan Watu Gong saja merupakan pagoda yang terletak tepat di depan Kodam Diponegoro, jadi sangat mudah untuk menemukannya.

pagoda watu gong semarang
pagoda avalokitesvara setelah hujan. foto : @rinttos

Pagoda Avalokitesvara Watu Gong adalah sebuah pagoda dengan 7 tingkat dan berketinggian kurang lebih 45 meter. Hampir semua bangunan dari Pagoda Watu Gong ini dibangun dari beton.

Dengan ketinggiannya tersebut, Pagoda Avalokitesvara Watu Gong sempat mencetak Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menjadi Pagoda tertinggi di Indonesia.

Warna dari bangunan ini didominasi oleh warna merah dan kuning, membuatnya terlihat sangat megah.

Ketika pertama kali memasuki kawasan Vihara kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup indah, ditambah dengan suasananya yang terlihat sangat nyaman karena selalu dirawat dan dijaga dengan baik.

Untuk dapat memasuki kawasan Pagoda Avalokitesvara ini kita hanya perlu membayar seikhlasnya saja, sebab Vihara ini memiliki fungsi utama sebagai tempat beribadah, jadi apabila kamu tidak ingin membayarpun juga tidak masalah.

Setelah parkir, kita akan melihat megahnya Pagoda Avalokitesvara Watu Gong yang menjulang tinggi, tepat di depan Pagoda terdapat sebuah patung Dewi Kwuan Im yang membawa bunga dengan hiasan-hiasan kertas berwarna merah.

Lebih dekat dengan Pagoda kita akan melihat tangga dengan ukiran naga.

Oh iya, Pagoda Avalokitesvara Watu Gong ini dikelilingi oleh kolam kecil yang dihuni ikan-ikan seperti ikan koi dan ikan mas.

Tak jarang para pecinta fotografi datang kesini untuk hunting foto karena memang bangunan di Vihara tersebut sangat fotogenik, atau bahasa anak sekarang tuh "instagramable" banget.

Tepat di sebelah Pagoda Avalokitesvara, terdapat sebuah patung budha tidur yang cukup besar, dan di sampingnya lagi terdapat sebuah bangunan besar yang biasa digunakan untuk beribadah. Nah, di dalam bangunan tersebut ada sebuah patung budha besar berwarna emas.

Banguanan tersebut bernama Dhammasala, bangunan Dhammasala ini memiliki dua lantai, dimana lantai pertama digunakan sebagai aula serba guna, dan lantai dua diguanakan sebagai tempat beribadah umat Budha.

patung budha emas semarang indonesia
patung budha di dalam dhammasala. foto : @dtysamanta97

Jika kamu tidak berniat untuk beribadah, kamu dilarang masuk ke dalam Pagoda, sedangkan bagi kamu yang ingin masuk, kita harus menginjakkan kaki di relief ular, ayam dan babi terlebih dahulu yang berada tepat di depan pintu Pagoda.

Di kawasan Vihara juga dilengkapi dengan pondok-pondok yang dapat digunakan pengunjung apabila ingin menginap, pondok-pondok sederhana yang dikelilingi  pepohonan ini berada di belakang bangunan Dhammasala.

Vihara Pagoda Budhagaya Watu Gong memang masih kurang populer dibanding dengan tempat wisata religi lainnya seperti Sam Poo Kong, tapi keunikan dari bangunan Pagoda Watu Gong ini sangat sayang untuk dilewatkan.

baca juga :
Daftar pantai keren di Semarang, mana favoritmu ?


pemandangan di pagoda watu gong
halaman depan pagoda watu gong. foto : @rudyantodedy




FASILITAS
Toilet
Tempat Parkir
Warung Makan
Penginapan


Harga Tiket Masuk Pagoda Watu Gong (HTM):
Hanya membayar seikhlasnya

Jam Buka :
Watu Gong buka setiap hari mulai pukul 07:00 - 21:00 WIB.

Akomodasi (Penginapan)
Di area Pagoda Watu Gong sendiri sudah disediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap, tapi bagi kamu yang ingin mencari penginapan di luar area Pagoda juga sudah terdapat beberapa hotel tak jauh dari lokasi wisata kok. Tinggal cari saja yang sesuai selera.




Lokasi Pagoda Semarang :

Pagoda Watu Gong terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang, Jawa Tengah.
  • 11 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Semarang - Surakarta (24 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)








Rute Menuju Vihara Budhagaya Watu Gong

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Watu Gong, akses menuju ke lokasi sangatlah mudah, terutama bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, kamu bisa mengikuti rute di bawah ini.

#Tansportasi Umum
Kamu cukup naik BRT di halte manapun kemudian turun di halte Mega Something, lalu dilanjut dengan berjalan kaki menuju Pagoda Avalokitesvara dengan waktu kurang lebih 15 menit.


#Dari Arah Semarang Kota
Apabila kamu dari Semarang Kota, kamu tinggal menuju ke arah Tembalang atau Ungaran saja, cukup ikuti jalan raya menuju Ungaran maka kamu akan menemukan Kodam Diponegoro di kiri jalan, nah, tepat di depan Kodam Diponegoro ini Pagoda Watu Gong berada.

#Dari Arah Ungaran dan sekitarnya
Sedangkan jika kamu dari arah Ungaran, kamu tinggal menuju ke pusat Kota Semarang saja, setelah memasuki Banyumanik, kamu akan melihat Pagoda yang menjulang tinggi di kiri jalan tepat di seberang Kodam Diponegoro. Jadi patokannya adalah Kodam Diponegoro.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.



Tips Berlibur ke Pagoda Watu Gong Semarang:

  • Walaupun fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, tapi tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Pagoda Watu Gong, jadi pilihlah waktu yang tepat ketika ingin berkunjung, yaitu di hari biasa (senin-jumat).
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta fotografi karena arsitekturnya yang cukup unik.
  • Untuk masuk ke area Pagoda Watu Gong tidak dipungut biaya, kita hanya diminta seikhlasnya saja.



Wisata Terdekat Dari Pagoda Watu Gong Semarang (- 1 Jam):

Bukit Gombel (12 menit)
Bukit Gombel merupakan sebuah tempat makan yang menawarkan pemandangan Kota Semarang dari ketinggian, biasanya wisatawan datang ketika malam hari untuk melihat keindahan kerlap kerlip lampu kota.

Water Blaster (21 menit)
Water Blaster merupakan waterpark terlengkap di Semarang, waterpark ini memiliki banyak sekali wahana seru yang bisa kita coba.

Sam Poo Kong (29 menit)
Sama halnya dengan Watu Gong, Sam Poo Kong merupakan salah satu wisata religi yang cukup populer di Semarang karena memiliki arsitektur yang sangat unik dan fotogenik.

Lawang Sewu (30 menit)
Lawang Sewu adalah ikon wisata Kota Semarang, siapapun yang sudah berkunjung ke Semarang pasti mengetahui wisata satu ini.

Fatimah Zahra (20 menit)
Wisata religi yang bisa digunakan untuk latihan manasik haji.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar