Daftar Wisata Religi di Semarang yang Bisa Digunakan Untuk Wisata dan Sembayang


Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah tentunya menyimpan banyak sekali jenis wisata, mulai dari wisata alam, shoping, kuliner hingga wisata religi, dan membahas mengenai wisata religi di Semarang, BroBali sudah merangkum nih beberapa tempat keren yang bisa kita gunakan juga untuk wisata religi.

Tempat-tempat dibawah ini merupakan perwakilan dari beberapa agama karena terdapat lebih dari satu agama di Semarang, jadi kita mengambil satu tempat saja yang sudah sangat populer sebagai destinasi wisata religi, yuk kita simak.


Masjid Agung Jawa Tengah


foto masjid agung semarang saat malam hari
pemandangan dari menara saat malam hari, wow! foto : nafi_h_


Siapa sih yang tidak tahu mengenai Masjid Agung Jawa Tengah, masjid ini termasuk dalam kategori masjid megah di Indonesia lho, bukan tanpa alasan karena desain dari Masjid Agung Jawa Tengah memang terlihat sangat keren dan menarik, terlebih lagi bagi kamu para pecinta fotografi.

Desain pelataran Masjid dibangun menyerupai pelataran Masjid Nabawi di Madinah, yaitu terdapatnya payung-payung raksasa yang akan terbuka saat shalat Jumat dan acara penting lainnya, selain itu di kawasan Masjid juga terdapat sebuah menara dengan ketinggian sekitar 99 meter.

Bagi kamu yang ingin melihat sunset dan pemandangan kota Semarang di kala sore, cobalah naik ke menara ini, maka kamu bisa melihat pemandangan kota Semarang yang terlihat sangat luas, ditambah lagi terdapat teropong yang bisa kita gunakan untuk melihat lebih jelas, tapi untuk menggunakan teropong ini kita harus memasukkan koin terlebih dahulu.

Lokasi : Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang


baca juga : daftar tempat wisata di Indonesia yang mirip di luar negri





Klenteng Sam Poo Kong


foto sam poo kong semarang
merah everywhere :D . foto : pictapic_studio


Klenteng Sam Poo Kong dibangun pada tahun 1724 untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho, sampai sekarang Klenteng ini masih digunakan untuk beribadah bagi masyarakat keturunan China, walaupun begitu Klenteng Sam Poo Kong juga digunakan untuk tempat wisata.

Kawasan Klenteng Sam Poo Kong memiliki arsitektur dengan ciri khas China, yaitu berwarna merah, selain itu di kawasan Klenteng juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang cukup besar, di Klenteng ini selain beribadah kita juga bisa bersantai dan berjalan jalan melihat arsitektur bangunan Klenteng.

Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi baru, kamu bisa berfoto dengan menyewa pakaian khas China berserta pedangnya, dengan background bangunan Klenteng menjadikan suasana layaknya di negara China.

Lokasi : Jalan Simongan Raya No. 29, Bongsari, Semarang Barat


baca juga : candi Gedong Songo, wisata alam dan sejarah populer di kabupaten Semarang





Gereja Blenduk





foto gereja blenduk semarang
serasa di eropa kan ya? iya aja deh. foto : novelia_indriyani


Gereja Blenduk merupakan gereja umat kristen yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, bangunan ini termasuk dalam kawasan Kota Lama, bangunan dengan arsitektur kuno ini juga menjadi ikon wisata di Semarang bersama dengan Lawang Sewu.

Gereja Blenduk selain digunakan sebagai tempat wisata juga masih digunakan sebagai tempat beribadah, karena dirawat dengan baik jadi bangunan Gereja masih terlihat sangat keren dengan arsitektur asli yang masih dipertahankan.

Sebenarnya nama asli gereja tersebut adalah Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) atau Gereja Immanuel, namun masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Gereja Blenduk karena tepat diatas bangunan gereja terdapat sebuah kubah yang bentuknya menyerupai setengah bola, dan orang jawa biasa menyebutnya “Blenduk”.

Lokasi : Jalan Letjend. Suprapto No. 32, Semarang Utara






Vihara Budhagaya Watugong


foto pagoda watu gong semarang
kalau ini serasa dimana bro? foto : potretnusantara


Vihara Budhagaya Watugong merupakan sebuah tempat beribadah dimana terdapat sebuah pagoda dengan tinggi sekitar 45 meter, pagoda tersebut bernama Pagoda Avalokestavara, pagoda itu juga pernah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia lho.

Kawasan Vihara memiliki suasana yang cukup tenang dan pemandangan yang lumayan indah, tempat ini masih digunakan sebagai tempat beribadah, di kawasan Vihara sendiri terdapat bangunan lain bernama Damasala yang didalamnya terdapat sebuah patung Budha berwarna emas, selain itu di belakang bangunan tersebut juga terdapat penginapan yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menginap.

Lokasi : Jalan Perintis Kemerdekaan, Depan KODIM Diponegoro

baca juga : daftar tempat wisata anti mainstream di kabupaten semarang



Nah, itulah beberapa tempat beribadah yang juga digunakan sebagai tempat wisata, mulai dari agama Islam hingga agama kristen, yang perlu diingat saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut adalah tetap menaati aturan dan jangan melakukan hal-hal yang menyinggung.


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »