7 Tips Terbaik Packing Ransel Carrier Gunung Kamu Buat Travelling

7 Tips Terbaik Packing Ransel Carrier Gunung Kamu Buat Travelling

ransel untuk mendaki gunung backpacks.asia

Seperti banyak aktifitas kardiovaskular lainnya, mendaki gunung dapat membantu kamu meningkatkan kekuatan dan stamina, mengurangi tekanan darah, dan menjaga berat badanmu. Seseorang dengan berat badan 70 kg dapat membakar lebih dari 400 kalori setiap jamnya saat mendaki gunung.

Namun aktifitas inipun ditunjang dengan hutan yang sejuk sampai panorama pemandangan gunung yang spektakuler sehingga kamu tidak akan terasa lelah selama mendaki.

Apapun alasannya, ada banyak manfaat kesehatan yang dapat kamu raih, selain pastinya pemandangan yang mengagumkan, sampai memberikan waktu berkualitas bersama rekan maupun keluarga. Kegiatan hiking dapat menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan dan semua ini dapat kamu lakukan dengan biaya yang sangat murah dan baik untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

Penelitian dari Backpack Asia mengungkapkan bahwa aktifitas mendaki gunung memiliki dampak positif melawan stress dan rasa cemas berlebihan. Berada di sekeliling alam sudah mendarah daging dalam tubuh dan DNA kita, namun sering kali kita lupa akan hal tersebut.

Kamu perlu membawa banyak cadangan botol air untuk kamu minum selama perjalanan karena udara yang cenderung panas, terutama di kaki gunung. Alasan lain adalah pembakaran kalori yang sangat banyak sehingga satu botol air pun masih belum cukup terutama di daratan Indonesia.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan cukup pakaian selain sunblock, anti nyamuk dan map pendakian. Namun bagaimana cara kamu dapat membawa semua barang tersebut?

Ikuti tips dari Backpack Asia berikut untuk mendapatkan cara membawa barang-barang yang kamu butuhkan dengan rapi dan nyaman, tidak perduli seberapa jauhpun kamu mendaki.





Pilih tas carrier yang cocok

Pilih ransel dengan kapasitas yang benar. Kebanyakan pendaki mendaki saat musim kemarau untuk mengantisipasi hujan karena itu kamu harus bersiap membawa lebih banyak air dan bahan makanan lainnya.

Kapasitas normal ada di kisaran 24 liter dan 50 liter. Namun jika kamu membawa barang orang lain seperti jaket dan snack untuk dua orang lainnya, akan lebih baik jika kamu memilih tas carrier dengan kapasitas 50 liter.

Baca juga: Tips Memilih Ransel Yang Tepat

Banyak juga pendaki yang memilih ransel dengan satu atau dua kantung yang terpisah untuk menempatkan barang-barang kecil mereka seperti kunci mobil, kaca mata hitam dan kamera kantung. Sedangkan kantung samping biasanya akan digunakan untuk menempatkan botol air, anti serangga atau sunblock. Beberapa bahkan memiliki kantung dengan resleting untuk makanan kecil selama perjalanan nantinya.

Tip 1: Pilih ransel dengan kantung samping yang dapat kamu raih tanpa perlu kamu lepas terlebih dahulu.



Bawa barang yang tepat

Bawa pakaian ekstra. Perhatikan cuaca, dan jangan lupa fakta ilmiah bahwa suhu udara turun sekitar 2° C untuk setiap 300 meter ketinggian yang kita capai. Cuaca yang lebih dingin dan berangin saat kamu mendaki. Gunakan jaket hujan yang dapat kamu pakai dan lepas dengan mudah karena akan banyak pengendapan air yang membuat basah.

Aturan yang biasa dipakai adalah membawa 1 liter air per setiap orang untuk pendakian sebagian hari, dan satu liter tambahan jika cuaca sedang panas. Gunakan cadangan air di ransel gunung kamu untuk akses praktis ke air minum.

Jangan juga meremehkan nafsu makan mu karena hal ini adalah respon tubuh akan kekurangan gula di dalam darah, atau bahkan jika anakmu lapar karena jika tidak ditangani segera, dapat membuat mereka cepat lelah dan berakhir pusing.

Tip 2: Bawa snack yang memberikan karbo dan lemak sebagai alternatif energi, termasuk makanan ringan yang asin untuk mengganti ion. Makan siang juga dapat kamu siapkan dan tempatkan di ransel bagian atas. Jangan lupa untuk membawa satu botol air tambahan untuk kamu cuci tangan sebelum makan nantinya.



Lepas kompresi ransel saat mengepak barang

Tali kompresi yang ditempatkan di ransel hiking memiliki fungsi untuk mengikat barang sehingga dapat ketat berada di dalam ransel dan tidak goyang saat kamu mendaki. Dengan ikatan yang benar akan membantu kamu mendistribusikan beban dengan sesuai sehingga kamu dapat mengangkat ransel dengan lebih nyaman.

Tip 3: Namun sebelum memasukkan semua barang, pastikan untuk mengendurkan terlebih dahulu tali kompresi ransel untuk dapat memaksimalkan ruang ransel yang kamu punya.




Mengepak dengan cerdas

Keseimbanganmu terletak di bagian tengah tubuh, diatas pinggang sehingga kamu ingin sebagian besar beban ditempatkan disana. Jika keseimbangan tidak dicapai dengan baik, kamu akan kesulitan membawa barang berat. Bahkan saat kamu mendaki, kamu akan merasa ditarik kebelakang dan ini akan berbahaya selain memang akan membuat kamu cepat lelah.

Tip 4: Jika beban tali ransel di bagian bahu sangat berat, coba untuk mengetatkan atau mengendurkan ikatannya. Jika tidak berhasil, hal ini mungkin dikarenakan beban tas yang tidak terdistribusi dengan baik.




Organisasikan dan prioritaskan

Simpan barang yang sangat kamu butuhkan dalam pendakian seperti map, sunblock, anti nyamuk, kaca mata hitam di kantung bagian luar. Kelola pakaian tambahan di dalam ransel paling bawah untuk melindungi barang yang rapuh seperti makananmu dan tempatkan barang yang paling kamu butuhkan di paling atas, termasuk jaket jika cuaca sedang berangin. Bekal makan siang tidak harus berada di bagian paling atas jika perjalanan masih panjang.

Tip 5: Sebuah kantung plastik akan sangat membantu mu untuk menjaga banyak barang terorganisir di dalam sebuah ransel gunungmu.


pemandangan di atas gunung backpacks.asia


Ketatkan kembali kompresi ransel

Setelah kamu memasukkan semua yang kamu butuhkan dalam proses pendakian, ketatkan kembali tali ranselmu, namun tidak perlu sampai terlalu ketat. Ransel modern sudah dirancang agar dapat menyesuaikan barang didalamnya dan mengikat semuanya menjadi satu tanpa perlu diikatkan terlalu kuat sehingga makanan didalampun tidak hancur.

Pengetatan ini sangat penting untuk menstabilkan beban ransel selain barang-barang di dalamnya tidak akan beterbangan dan mengganggu keseimbanganmu saat pendakian.
Mengepaskan ransel dengan tubuh

Kebanyakan ransel memiliki dua sampai empat tali yang dapat mengikatkan ransel ke tubuhmu dengan nyaman. Kamu hanya perlu melakukan ini sekali saja jika ransel mu ini baru dan belum pernah kamu pas kan ke tubuh sebelumnya, jadi nantinya kamu tidak perlu melakukan ini lagi secara berulang-ulang.


  • Posisikan sabuk ransel untuk berada di tulang ekormu dan ikat ransel selayaknya kamu mengikat sabuk celana
  • Ikat tali dada dan ketatkan sampai tali ransel di bahumu tidak turun
  • Ketatkan kembali tali ransel di bahumu, namun jangan sampai terlalu ketat
  • Jika ranselmu dilengkapi dengan tali pengangkat beban yang biasanya terletak di atas bahumu, ketatkan, dan tarik bagian atasnya mendekat ke punggung dan hindarkan untuk bergerak bebas
  • Jika ranselmu memiliki tali penyeimbang, dimana sabuk pinggang terikat dengan ranselmu, ikat semuanya untuk membuat bagian bawah ransel berada tepat di pinggangmu.


Tip 6: Jika perlu, terlebih jika kamu membawa isi ransel yang berat, dengan mengendurkan tali sedikit ketika mendaki terjal akan terasa lebih ringan, dan ketatkan kembali saat kamu bergerak turun.



source gambar : 
https:// www. shutterstock. com/image-photo/man-traveler-big-backpack-mountaineering-travel-392164594?src=Y7KrVutD__4XriqhR2jitA-1-35

https:// www. shutterstock. com/image-photo/hikers-backpacks-relaxing-on-top-mountain-526190983?src=Y7KrVutD__4XriqhR2jitA-1-15




Artikel ini disponsori oleh Backpacks[dot]Asia

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments