Skip to main content

Rumah Atsiri Indonesia | HTM, Lokasi, Fasilitas, Jam Buka Terbaru 2020

rumah atsiri indonesia tawangmangu

Rumah Atsiri Indonesia adalah sebuah kompleks wisata yang mengusung konsep edu rekreasi dengan fasilitas MICE yang berlokasi di Plumbon, tawangmangu. Merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria tahun 1963 yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata.

Banyak sekali aktivitas menarik yang di tawarkan di Rumah Atsiri Indonesia antara lain tour Aromatic Garden melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri, jelajah musium essential oil, menikmati sajian restoran dengan cita rasa khas atsiri dan aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kita.

Dengan luas sekitar 23.660 meter persegi, Rumah Atsiri Indonesia lebih menekankan pada konsep wisata edukasi alam. Yang mengambil esensi lokasi terdahulu yakni sebagai Pabrik Parfum, dimana saat ini di kembangkan menjadi lokasi wisata yang mengeksplorasi esensial oil.

Essential oil ini ini dihasilkan dari koleksi tumbuh-tumbuhan yang diberdayakan di taman Rumah Atsiri Indonesia.

rumah atsiri indonesia karanganyar

Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari;
  • Aromatic Garden
  • Museum Rumah Atsiri
  • Kids Lab
  • Restaurant
  • Merchandise Shop
  • Rumah Atsiri Essence
  • Fasilitas Mice


Lokasi Rumah Atsiri Indonesia sangat mudah di jangkau hanya dengan mengetik Rumah Atsiri Indonesia di aplikasi Google Maps maka Kamu sudah bisa menuju ke lokasi tanpa perlu bertanya lagi.

Di Aromatic Garden (Taman Koleksi) Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman bunga yang indah dan berwarna-warni serta dapat melihat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari Indonesia dan mancanegara yang masing-masing tanamannya memiliki cerita,aroma dan karakteristiknya masing-masing.

Di Aromatic Garden Rumah Atsiri Indonesia pengunjung dapat mencium atau mencicipi beberapa tanaman dengan izin pemandu taman, pemandu taman akan membantu pengunjung untuk memilih ranting, daun, atau kelopak bunga mana yang bisa di petik.

Di Aromatic Garden pengunjung juga dapat melihat Rumah Kaca yang  sangat cantik dan sayang jika di lewatkan.

rumah atsiri indonesia

Jika ke Rumah Atsiri Indonesia jangan lupa singgah ke Rumah Atsiri Museum, museum yang baru saja di buka untuk umum ini menawarkan cerita sejarah minyak atsiri yang dapat di runut hingga 2.000 SM.

Di Rumah Atsiri Museum pengunjung dapat melihat cerita perjalanan minyak atsiri sejak pertama kali di temukan dan penyebarannya keseluruh dunia, terutama Indonesia.

Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki berbagai macam kelas yang dapat wisatawan ikuti. Workshop Rumah Atsiri Indonesia meliputi eksperimen dan aktivitas untuk anak dan dewasa, memiliki kelas yang beragam mulai dari membuat bath bomb dan lilin aromatic hingga membuat minyak aroma sendiri.

Sebelum Kamu pulang, luangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Shop, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjunganmu atau untuk memberikan oleh-oleh bagi orang terdekatmu.

Adapula beragam pilihan minyak atsiri  dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Pengunjung cukup membeli voucher senilai 50.000, dimana voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.

FYI
Rumah Atsiri ini bisa menerima reservasi rombongan hingga 400 orang/hari loh, karena area Rumah Atsiri sendiri dapat menampung 1000 orang.

restoran rumah atsiri indonesia

Bagaimana, masih penasaran tentang Rumah Atsiri Indonesia?
Langsung saja cek instagramnya @rumahatsiri




Fasilitas yang ada:
FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Museum
Restoran
Kids Lab
Aromatic Garden
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Rumah Atsiri Indonesia (HTM):
Tiket masuk di objek wisata Karanganyar ini yaitu Rp. 50.000/orang

Jam Buka:
Rumah Atsiri buka setiap hari mulai pukul 10:00-17:00 WIB




Lokasi Rumah Atsiri Indonesia:

Rumah Atsiri terletak di Jl. Raya Solo Tawangmangu Km 38,5 Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.
  • 7 Km dari Terminal Karangpandan melalui Jl. Lawu (12 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Tips Berlibur ke Rumah Atsiri:

  • Bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.
  • Parkir Rumah Atsiri Indonesia bisa menampung bus besar.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Rumah Atsiri adalah pagi dan sore.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.



Wisata Terdekat dari Rumah Atsiri (-1 Jam):

Air Terjun Jumog (13 menit)

Grojogan Sewu (13 menit)

Bukit Sekipan (15 menit)

Candi Sukuh (18 menit)

Candi Cheto (33 menit)





Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar