Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Lampung Yang Mempesona dan Eksotis

taman nasional way kambas

Di Provinsi Lampung terdapat berbagai macam destinasi wisata, sektor pariwisata terutama pada Wisata Budaya seperti Wisata Budaya Kampung Tua di Sukau, Ranau, Batu Brak, Liwa, Kembahang, Kenali, dan Krui di Lampung Barat serta Festival Sekura yang diadakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri di Lampung Barat, Festival Teluk Stabas di Lampung Barat, Festival Krakatau Di Bandar Lampung, Festival Teluk Semaka di Tanggamus serta Festival Way Kambas di Lampung Timur.

Provinsi dengan luas wilayah 35.376,50 km² ini mempunyai pemandangan alam yang sangat mengagumkan serta wisata pantai yang sangat indah dan menakjubkan seperti Pantai Pasir Putih.

Di Lampung, kamu dapat menikmati liburan melepaskan lelah bersama teman atau keluarga seperti mengunjungi Wisata Taman Nasional Way Kambas, Air Terjun Curup Tujuh, Menara Siger yang sangat mempesona.

Berikut tempat-tempat wisata Lampung yang mempesona yang patut Kamu nikmati bersama teman atau keluarga seperti dilansir situs https://www.rancahpost.com di bawah ini.



1. Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan sebuah taman nasional perlindungan gajah yang berlokasi di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia.

Tak hanya di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Taman Nasional Way Kambas yang berdiri pada tahun 1985 ini adalah sekolah gajah pertama di Indonesia loh guys.

Awalnya objek wisata tersebut bernama Pusat Latihan Gajah (PLG) tetapi semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan sanggup menjadi pusat konservasi gajah dalam pelatihan, penjinakan, perkembangbiakan dan konservasi.

Sampai sekarang Pusat Konservasi Gajah (PKG) ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak supaya tidak terancam punah.

Di Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas ini Kamu bersama keluarga dapat menemukan hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit.

Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.




2. Tempat Wisata Pulau Pahawang

Pulau Pahawang berlokasi di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran. Untuk luas dari pulau sekitar 1.084 hektar, terdiri dari Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Dunia bawah laut Pulau Pahawang ini mempunyai koral-koral yang masih lumayan utuh serta berbagai jenis ikan cantik menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat Wisata Pahawang ibarat surga bagi para pecinta bawah laut, sangat cocok untuk Kamu yang hobi snorkeling dan fotografi bawah laut.

Terdapat beberapa spot Snorkeling Pulau Pahawang yang lazim dikunjungi, antara lain Spot Tanjung Putus, Pahawang Besar, Pahawang Kecil, dan Spot di sekitar Pulau Kelagian, yang letaknya berdekatan.




3. Tempat Wisata Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu berlokasi di sekitar 46 kilometer dari Ibukota Kabupaten Way Kanan, Blambangan Umpu, Lapung. Tempat Wisata Air terjun dengan ketinggian sekitar 80 meter ini mempunyai panorama yang sangat indah dengan udaranya yang sangat sejuk.

Di tempat ini Kamu dapat melaukan aktivitas panjat tebing, berkemah atau sekedar bercengkrama bersama teman dan keluarga dibawah Air Terjun Putri Malu.






4. Tempat Wisata Air Terjun Curup Tujuh

Tempat Wisata Curup tujuh ialah air terjun tujuh tingkat dengan total ketinggian mencapai 75 meter di aliran sungai way seputih. Untuk lokasida berada di wilayah hutan lindung di kampung Marga Jaya, Selagai Lingga, Lampung Tengah.

Berjarak sekitar 32 km atau 2 jam waktu tempuh dari ibukota kabupaten Lampung Tengah, Gunung Sugih atau sekitar 135 kilometer dari bandara Radin Intan dengan menggunakan mobil. Di tempat wisata Curup tujuh ini Kamu dapat berkemahan dan melakukan kegiatan wisata alam lainnya.




5. Tempat Wisata Menara Siger

Menara Siger ialah paduan antara land mark dan pariwisata. Bagi Anshori, Menara Siger ibarat gadis cantik yang akan memancing setiap orang untuk melamarnya. Tempat wisata Menara Siger akan menumbuhkan daya tarik dan magnet bagi setiap orang, termasuk daya tarik investasi.

Menara Siger kebanggaan masyarakat Lampung tersebut berada di atas bukit dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut. Untuk pembangunan menara sejak tahun 2005 menghabiskan biaya Rp15 miliar.

Tempat Wisata Menara Siger ialah simbol Lampung. Ia bukan hanya menjadi ikon pariwisata, tetapi dapat menjadi ikon dalam segala hal: keagamaan, seni dan budaya, pendidikan.

Menara Siger dibangun dengan memperhatikan ciri khas Lampung. Di sekitar tugu dibangun ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung serta sarana-prasarana pariwisata. Sebagai tugu di ujung Pulau Sumatera, Menara Siger dilengkapi dengan tulisan penkamu Titik Nol Pulau Sumatera.

Tempat Wisata Menara Siger dengan warna emas itu dilengkapi ruangan tempat wisatawan melihat Pelabuhan Bakauheni serta keindahan panorama laut dan alam sekitarnya. Oh iya, Siger ialah topi adat pengantin wanita Lampung.

Menara Siger berupa bangunan yang berbentuk mahkota terdiri dari sembilan rangkaian yang melambangkan 9 macam bahasa di Lampung. Menara Siger berwarna kuning dan merah, mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita.

Terdapat bangunan yang berisi data asta gatra, yaitu trigatra mencakup letak geografis, demografis dan kekayaan sumber daya alam (SDA). Berikutnya panca gatra, yaitu berisi ideologi dan hankam. Dengan demikian para turis tidak perlu banyak bertanya. Payung tiga warna (putih-kuning-merah) menkamui puncak menara.

Payung ini sebagai simbol tatanan sosial. Dalam bangunan utama Menara Siger Prasasti Kayu Are sebagai simbol pohon kehidupan. Menara Siger tidak hanya berbentuk sebuah fisik bagunan, tetapi mencerminkan budaya masyarakat dan identitas masyarakat Lampung sesuai dengan filosofi berpikir dan bertindak sesuai visi dan misi mewujudkan Lampung yang unggul dan bardaya saing.




6. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Lampung mempunyai pemandangan yang sangat luar biasa indah. Dengan perpaduan antara air laut yang berwarna hijau kebiruan dengan hamparan pasir putih bersih dan berkilau disepanjang garis pantainya membuat pantai ini semakin cantik dan mempesona untuk di nikmati.

Dengan suasana pantai yang sejuk serta banyaknya pohon-pohon rindang disekitar pantai tentuanya pantai ini tidak terlalu panas memandang keindahan pantai sambil meminum es kelapa muda dibawah rindangnya pohon waru.

Tak hanya itu di Pantai Pasir Putih ini Kamu dapat melakukan kegiatan pantai seperti berjemur, bermain dengan putihnya pasir, berenang atau berkeliling pantai dengan menyewa perahu setempat.

sumber foto header:
Super Adventure


Artikel ini merupakan kerjasama dari Rancahpost.com


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar