Skip to main content

Air Terjun Nglirip Tuban | HTM, Mitos, Fasilitas dan Lokasi

air terjun nglirip

Air terjun nglirip tuban merupakan salah satu destinasi seru yang tidak boleh dilewati ketika berkunjung ke kabupaten tuban.

Selain pemandangan alam yang hijau dan segar, air terjun ini juga memiliki ketinggian sekitar 25 hingga 30 meter sehingga menarik untuk dijadikan lokasi swafoto di sekitarnya.


Mitos air terjun nglirip tuban

Ada sebuah mitos tentang air terjun nglirip yang dipercayai oleh masyarakat sekitar. Konon katanya, jika sepasang kekasih datang ke air terjun ini untuk pacaran maka hubungan mereka akan segera berakhir dalam waktu kurang dari 40 hari. Begitu pula dengan calon pengantin yang datang kesana.

Mitos ini ada karena menurut sejarah, zaman dahulu terdapat sepasang kekasih yang berbeda kasta. Pasangan prianya memiliki keturunan bangsawan, sedangkan sang gadis hanya rakyat biasa sehingga mereka tidak mendapatkan restu dari pihak keluarga laki-laki.

Saat itu kedua orang tua pria meminta mereka untuk memutuskan hubungan percintaannya, namun ditolak oleh sang pria.

Oleh Karena itu orang tua pria tersebut menyuruh pengawalnya untuk membunuh anak laki-lakinya tersebut karena hubungan percintaan anaknya hanya akan membawa aib memalukan bagi keluarga bangsawan itu.

Mengetahui kekasihnya telah meninggal, sang gadis memutuskan untuk bersemedi di dalam gua tersembunyi yang ada pada air terjun nglirip hingga ia meninggal dunia.

Mitos kutukan ini dipercaya karena adanya arwah sang gadis yang dikenal sebagai putri nglirip berdiam di air terjun tersebut.

Well, itu sih katanya guys, tapi dalam islam kita tidak boleh percaya begituan, namun tetap kita harus menghargai kepercayaan masing-masing ya.

Air terjun nglirip tuban
view dari dekat. foto @judexjudi




Fasilitas di air terjun nglirip

Meskipun memiliki mitos yang cukup menyeramkan, tetapi keindahan alam pada air terjun ini tidak dapat dipungkiri. Kondisi alam yang asri dan air yang jernih menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke air terjun nglirip.

Uniknya, walaupun pada musim kemarau, air terjun ini tidak kering hanya debit airnya saja yang berkurang.

Pengunjung yang datang ke air terjun nglirip berjumlah cukup banyak setiap tahunnya, namun jumlah ini tidak serta merta menjadikan pengelola air terjun membangun fasilitas umum tambahan seperti kamar mandi atau mushola.

Jika kamu mencari mushola, kamu harus menuju desa terdekat di sekitar air terjun dan menggunakan mushola milik desa tersebut.

Sayang sekali ya..

Tapi, bagi kamu yang tidak ingin membawa bekal makanan ketika mengunjungi air terjun nglirip tuban tidak perlu khawatir karena di sekitar air terjun terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan berbagai minuman.

Adanya warung-warung ini cukup membantu para pengunjung untuk sekedar mengganjal perut sebelum waktu makan besar tiba.

Oh iya, tiket masuk di air terjun nglirip ini hanya Rp. 5.000/orang saja loh, murah banget kan.

air terjun nglirip tuban jatim
seger banget ya. foto @rizki_firman_a


Lokasi dan rute menuju air terjun nglirip

Air terjun nglirip berada di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten tuban, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya, kamu bisa menemukan lokasi air terjun ini menggunakan titik koordinat berikut -6.968034, 111.794070.

Untuk mencapai air terjun nglirip, kamu harus melakukan perjalanan yang cukup panjang, yaitu sekitar 33 km atau 45 menit dari pusat kota tuban. Terdapat dua rute yang bisa kamu gunakan untuk menuju lokasi ini, yaitu melalui rute Montong dan rute Singgahan.

Bagi kamu yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi, kamu bisa memulai perjalanan dari Terminal Tuban. Untuk melalui rute Montong kamu harus menggunakan angkot jurusan Montong dan berganti angkot menuju daerah Jojogan dan melanjutkan dengan berjalan kaki. Air terjun nglirip berada diantara jalur Montong dan jalur Jojogan.

Sedangkan pada rute Singgahan, kamu harus menempuh perjalanan yang lebih berat. kamu bisa menggunakan bis dengan tujuan Jatirogo dan turun di pertigaan warung anjlok. Selanjutnya kamu masih harus berjalan sekitar 1 km untuk mencapai air terjun nglirip.

Itulah destinasi wisata air terjun Nglirip Tuban yang cocok kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman terdekat. Selamat berlibur!

sumber foto header IG @rizki_firman_a


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar