Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Perbedaan JPG, JPEG, GIF, PNG, BMP dan VEKTOR

jenis format gambar

Gambar atau foto jika kita perhatikan ternyata memiliki berbagai macam format, diantaranya seperti JPG, JPEG, GIF, PNG hingga BMP.

Nah, tahu nggak sih kamu arti dari format-format gambar tersebut?

Jika belum tahu, simak artikel ini sampai habis ya.. karena kali ini Brobali.com akan menjelaskan kepadamu perbedaan dari JPG, JPEG maupun format-format gambar lainnya.

Pada dasarnya, semuanya merupakan format file untuk menyimpan gambar digital.



PERBEDAAN JPG DAN JPEG

Pertama, antara JPG dan JPEG, sebenarnya kedua format tersebut sama, JPEG merupakan kepanjangan dari Join Photographic Expert Group. Gambar dengan format JPEG akan terkena kompresi lossy yang menjadikan gambar agak sedikit berkurang kualitasnya.

Tapi format JPEG juga memiliki kelebihan, yaitu disisi ukurannya. Karena sudah melewati kompresi tentu ukuran gambar dengan format JPEG lebih kecil. Biasanya format ini digunakan pada ponsel, kamera digital resolusi menengah atau hosting gambar pada web.

JPEG pertama kali dirilis pada tahun 1992 sebagai standar ISO.
Format ini memang paling umum digunakan karena cukup bagus untuk foto berwarna maupun gradien. Namun kurang cocok untuk gambar yang lebih tajam karena alasan yang sudah disebutkan diatas tadi.

Lalu perbedaan JPG dan JPEG itu apa?
Perbedaannya cuma hanya pada jumlah hurufnya saja. Pada dasarnya keduanya sama. Hal ini terjadi karena pada sistem windows file harus berformat 3 huruf, oleh sebab itu akhirnya disingkat menjadi JPG.



FORMAT BMP (BITMAP)

BMP merupakan singkatan dari Bitmap. Kualitas dari gambar format BMP tergantung pixel/resolusinya. Semakin besar pixel makan kualitas semakin baik.

Gambar bitmap adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang mempunyai warna sendiri dan juga berdiri sendiri kemudian membentuk suatu gambar.

Ciri-cirinya, jika dizoom biasanya akan terlihat titik-titik kotak berwarna. Nah, kotak-kotak itulah yang disebut pixel.

Software edit foto di PC kebanyakan berbasis bitmap, seperti Photoshop, Corel Draw atau Paint.




PNG (PORTABLE NETWORK GRAPHICS)

Perbedaan antara PNG dan JPG yaitu jika JPG menggunakan kompresi yang menghilangkan data (loss compression) yang membuat kualitas gambar menurun, sebaliknya PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression).

Kelebihan PNG adalah adanya warna transparan yang biasa digunakan untuk membuat header blog atau logo.

Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG masih lebih baik jika dibandingkan dengan GIF. Tapi memiliki ukuran yang lebih besar daripada JPG.



GIF (GRAPHIC INTERCHANGE FORMAT)

Format GIF biasa digunakan untuk membuat gambar animasi atau meme. GIF saat ini hanya mendukung 256 warna saja.

Sama halnya dengan PNG, format GIF juga menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data.



VEKTOR

Vektor atau Vector merupakan gambar yang terdiri dari garis, bidang, bentuk dan warna. Jika dizoom maka kualitas gambar vektor masih tetap sama.

Nah, sekarang kamu sudah paham kan perbedaan dari format-format gambar yang sering kita temui? Jadi mulai saat ini kamu tidak perlu bingung lagi dan tentu sudah bisa menggunakan sesuai fungsinya.

sumber foto header idseducation.com

Follow Kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar