Skip to main content

Perbedaan MP3 dan MP4 Beserta Kepanjangannya

perbedaan mp3 dan mp4

Halo guys, sebelumnya Brobali.com pernah membuat artikel tentang perbedaan jpg dan jpeg beserta format gambar lainnya seperti gif, png, hingga vektor. Bagi kamu yang belum baca, silahkan baca dulu untuk menambah wawasan kita.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan MP3 dan MP4, dua format yang sudah tidak asing ditelinga kita.

Simpelnya, perbedaan MP3 dan MP4 terletak pada fungsinya. Dimana MP3 berfungsi sebagai penyimpan file audio, sedangkan  MP4 digunakan sebagai untuk menyimpan data dari file audio atau video.

Jika kita perhatikan, nama dari kedua format ini memang sangat mirip, bahkan mungkin sebagian orang awam mengira kalau MP4 ini merupakan pengembangan versi terbaru dari MP3, padahal tidak.

Baik MP3 maupun MP4 merupakan dua format file yang berbeda termasuk dengan sejarahnya masing-masing.

Baca Juga:
Macam-macam Format Video

Apa Perbedaan MP3 dan MP4 ?

Bagi yang belum tahu kepanjangan dari kedua format ini, simak penjelasannya di bawah ya.

MP3 merupakan singkatan dari MPEG-1 Audio Layer 3, sedangkan MP4 singkatan dari MPEG-1 Audio Layer 4.

Format tersebut dikembangan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG), yaitu sekelompok tim terdiri dari beberapa ilmuwan dari Institut Fraunhofer, Universitas Hannover, AT&T Labs, dan universitas lainnya di Jerman.

MP3 menggunakan teknik kompresi ‘lossy’, dengan mengeliminasi suara-suara yang tidak dapat ditangkap atau didengar manusia, bisa karena frekuensinya yang terlalu tinggi ataupun sangat rendah.

Dengan teknik lossy ini, file yang dihasilkan relatif memiliki size (ukuran) lebih kecil, namun kualitasnya masih dapat dijaga dengan baik selama rasio bitrate diantara 128-256.

FYI nih guys, MP3 termasuk salah satu format file paling tua yang masih eksis sampai sekarang loh.

MP3 adalah format khusus untuk file audio, sedangkan MP4 merupakan format untuk file audio dan video. Kedua format ini mempunyai sistem pengkodean yang berbeda, makanya beberapa aplikasi audio player tidak dapat membuka file MP4, begitupun sebaliknya.



Baca Juga:
Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi
1Mb Berapa Kb? Ini Penjelasannya

Sudah mengerti kan sekarang?
Itu dia sedikit penjelasan tentang perbedaan MP3 dan MP4 guys. Jika kamu merasa ada yang kurang di artikel ini, jangan sungkan untuk memberitahu kami lewat kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.



Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar