Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, MURAH loh!, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Menutup Laptop Saat Masih Hidup Membuat Cepat Rusak? Mitos Atau Fakta?

menutup laptop rusak

Kamu pasti sering menemukan artikel yang membahas tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat laptop cepat rusak di google.

Dan salah satu poin di dalamnya pasti melarang menutup laptop saat keadaan masih hidup kan?

Nah, sebenarnya apakah benar kebiasaan menutup laptop ketika masih dalam keadaan hidup itu membuatnya cepat rusak, menurut kamu mitos atau fakta?

Mari kita jelaskan sedikit tentang sistem kerja laptop dalam kasus ini.

Apabila monitor laptop ditutup saat masih menyala, secara otomatis laptop akan berganti status menjadi standby. Ketika kamu membukanya kembali, monitor akan kembali hidup tanpa perlu memencet tombol power.

Nah, bagaimana kasusnya jika laptop ditutup dalam kurun waktu yang lumayan lama? Kita ambil contoh, anggap saja laptop ditutup beberapa jam ya.

Jika laptop ditutup beberapa jam, maka laptop akan berada dalam status hibernate, tapi hal ini tergantung dengan pengaturan daya pada laptop tersebut.

Bagi yang belum tahu apa itu hibernate, hibernate merupakan sebuah sistem kerja pada laptop atau PC dimana sistem akan melakukan penyimpanan kerja memori pada memori virtual atau pada hard disk.

Cara kerja hibernate sebenarnya hampir sama dengan status standby. Bedanya, standby membutuhkan daya, sedangkan hibernate tidak, karena apabila laptop dalam status hibernate artinya laptop dalam keadaan mati atau shut down.

Tapi, konsekuensinya jika laptop kita dalam keadaan hibernate adalah waktu pengaktifannya (wakeup) yang lebih lama dibandingkan dengan status standby.



Baca Juga:
Perbedaan JP, PNG, WEBP dan GIF

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa menutup laptop saat masih dalam keadaan hidup tidaklah membuat laptop cepat rusak.

Mungkin hanya bermasalah dalam hal keefisiensinya saja, jika memang laptop tidak digunakan dalam beberapa jam, alangkah baiknya dimatikan saja untuk menghemat baterai.

Sekarang kamu sudah mengerti kan?
Semoga bermanfaat dan jangan lupa bookmark situs brobali.com agar tidak ketinggalan update artikel terbarunya.

Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar