Skip to main content

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar Beserta Kelebihan & Kekurangannya

perbedaan prabayar dan pascabayar

Di Indonesia setidaknya ada dua jenis kartu perdana yang biasa digunakan yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Kamu pasti bertanya-tanya, apa sih bedanya kartu prabayar dan pascabayar?

Nah, untuk menjawab pertanyaanmu Brobali akan menjelaskan tentang kedua jenis kartu perdana ini termasuk kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing kartu agar kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Baca Juga:
Perbedaan JPG, JPEG, GIF dan PNG

Apa itu Kartu Prabayar?

Prabayar adalah kartu yang hanya bisa digunakan setelah kita membayar sejumlah nominal.
Simpelnya, kartu ini hanya bisa digunakan setelah terisi pulsa, intinya kita harus membayar terlebih dahulu agar bisa menggunakan kartu prabayar. Kartu prabayar juga biasanya memiliki masa aktif bervariasi sesuai kebijakan dari provider tersebut.

Kartu inilah yang biasa kita temukan dan gunakan sehari-hari, berikut adalah kekurangan dan kelebihan kartu prabayar.

Kelebihan Kartu Prabayar
  • Kita bisa mengisi pulsa dengan nominal berapapun dan kapanpun sesuka hati. 
  • Jika kita tidak punya uang, kita punya pilihan untuk tidak mengisinya karena belum dibutuhkan. Berbeda dengan pascabayar, walaupun tidak digunakan tagihan harus tetap dibayar pada waktu yang telah ditentukan.
  • Lebih praktis dan banyak digunakan masyarakat Indonesia.



Kekurangan Kartu Prabayar
  • Jika dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif ternyata harga paket kartu prabayar lebih mahal dibandingkan kartu pascabayar.
  • Tidak ada informasi atau pemberitahuan mengenai pemakaian pulsa.




Apa itu Kartu Pascabayar?

Pascabayar adalah kartu yang dapat digunakan dengan membayar belakangan.
Untuk kartu pascabayar kita tidak perlu membayar terlebih dahulu agar dapat menggunakan fasilitasnya, biasanya pembayaran dalam bentuk tagihan seperti WiFi, telepon rumah, dan semacamnya yang akan ditagih dalam jangka waktu tertentu, umumnya 30 hari.

Kelebihan Kartu Pascabayar
  • Penggunaan lebih transparan serta bisa diperiksa kapan saja.
  • Kita bisa mengatur limit penggunaan sendiri sesuai kebutuhan.
  • Jika dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif harga paket kartu  pascabayar lebih murah dibandingkan kartu prabayar.
  • Menurut sebagian orang jaringan pascabayar lebih baik dibanding prabayar.
  • Cocok bagi kamu yang malas pergi ke konter untuk membeli paket data.



Kekurangan Kartu Pascabayar
  • Bagi sebagian orang pendaftarannya terbilang lumayan ribet dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
  • Ada beberapa kasus dimana pengguna baru sering mengeluh karena banyaknya telepon maupun sms yang masuk dari pihak tidak dikenal seperti dari bank, real estate, dan semacamnya.




Baca Juga:
Perbedaan Mp3 dan Mp4

Nah itulah penjelasan dan perbedaan antara kartu prabayar dan pascabayar, sekarang kamu sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layanan, jadi kamu bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhanmu.




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar