Skip to main content

Tips Alami Sakit Saat Traveling & Pencegahannya

sakit saat traveling

Ketika kita sedang melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh atau yang memakan waktu berhari-hari seperti touring, backpacker, ataupun naik gunung, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari logistic, akomodasi, kebutuhan pribadi, hingga peralatan P3K apa saja yang perlu dibawa ketika perjalanan.

Peralatan P3K ini akan kita butuhkan untuk menangani hal-hal yang tidak kita inginkan seperti luka, mual, atau sakit ringan lainnya.

Tapi, bagaimana jika saat traveling yang kita alami itu bukan sakit ringan? Malah bisa jadi gejala penyakit yang mungkin lebih serius. Apa yang harus dilakukan? Padahal kita sedang dalam perjalanan atau sedang di daerah lain.

Nah, di zaman modern ini, dimana banyak hal bisa kita akses secara online tentu memudahkan kita dalam melakukan apapun, tak terlepas juga dengan seputar kesehatan. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi itu, muncul-lah sebuah ide dalam dunia kesehatan untuk memudahkan orang dalam memeriksakan diri, yaitu HaloDoc.


Apa itu HaloDoc?

HaloDoc merupakan sebuah terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi yang memfasilitasi interaksi antara pasien dengan dokter. Singkatnya, dengan HaloDoc kita dapat berkonsultasi dengan dokter lewat HP maupun laptop.

Ada beberapa fitur yang dapat kita pilih saat ingin melakukan konsultasi, diantaranya seperti voice, chat, dan video call. Tak hanya itu saja guys, HaloDoc juga terintegrasi dengan ApotikAntar dan Gojek loh, jadi kita bisa sekalian memesan obat yang kita butuhkan langsung dari HaloDoc tanpa perlu pergi ke apotik.

Jadi, dengan menggunakan HaloDoc kita bisa tahu gejala penyakit apa yang sedang kita alami, dengan begitu kita dapat mempertimbangkan apakah travelingmu akan tetap berlanjut atau kamu lebih baik memutuskan pulang ke rumah untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat dari rumahmu setelah mendapat saran dari dokter di HaloDoc.


Nah sekarang bagaimana tips agar terhindar dari sakit ketika sedang traveling?

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar saat traveling kita terjauhkan dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kita atau bahkan bisa merusak jadwal yang sudah kita buat, diantaranya;


Kenali Daerah Tujuan

Pertama, sebelum kita memutuskan untuk traveling sebaiknya kita cari informasi mengenai destinasi yang akan dikunjungi, kita bisa mencarinya di Google, YouTube, atau bertanya ke orang yang sudah pernah pergi kesana langsung.

Dengan begitu kita dapat mempertimbangkan dan mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa dan dilakukan saat sudah sampai di tempat tujuan nanti.


Cuci Tangan Setelah Menyentuh Apapun

Hal ini sering dilupakan banyak orang ketika traveling, padahal kita tahu tempat wisata populer berbanding lurus dengan jumlah pengunjungnya.

Dengan melihat hal itu, kita buat contoh simpel, coba bayangkan sudah berapa banyak orang yang menyentuh kursi umum di tempat wisata tersebut? apakah ada jaminan orang sebelumnya yang duduk disitu terhindar dari penyakit menular? Tidak kan. Karena itu sangat disarankan untuk selalu mencuci tangan.


Menggunakan Masker Jika Perlu

Jika kamu merasa badan mulai kurang fit, alangkah lebih baiknya apabila kamu menggunakan masker saat traveling di tempat wisata yang ramai, terutama bagi kamu yang suka berkenalan dengan orang asing.


Jangan Asal Makan

Salah satu kebiasaan orang-orang yang hobi traveling atau backpacker adalah mencicipi makanan khas di daerah tersebut, memang tidak salah jika kita melakukan itu, tapi sebelumnya kita harus pastikan apakah makanan itu cocok dengan tubuh kita atau tidak. Karena takutnya ada bahan makanan yang ternyata bisa membuat kita alergi.


Itu dia sedikit tips saat sakit ketika sedang traveling dan pencegahannya supaya kita terhindar dari sakit. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua.







Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar