Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, MURAH loh!, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Ingin Beli Tenda? Yuk Ketahui Jenis-Jenisnya Dulu

Tenda merupakan salah satu peralatan yang paling penting untuk dibawa oleh para pecinta alam, terutama bagi mereka yang hobi naik gunung.

Untuk kamu yang akan membeli tenda tentu harus tahu jenis-jenis tenda tuh apa saja, dengan begitu kamu tidak akan salah dalam membelinya.

Tenda sendiri sebenarnya memiliki beraneka ragam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang namanya tenda dome, tunel, hingga tenda kubah.

Oleh sebab itu, kali ini Brobali.com akan memberimu sedikit pengetahuan mengenai jenis-jenis tenda yang biasa digunakan saat mendaki di gunung-gunung di Indonesia. Apa sajakah itu? Yuk kita simak.


Tenda Dome

tenda dome
tenda dome. foto sc: kemahdibali.com

Tenda kubah jenis dome merupakan tenda yang paling banyak digunakan dan sering kita temui.

Tenda dome memiliki bentuk seperti kubah, ciri-cirinya yaitu terdapat 4 tiang penyangganya (frame) melengkung ditambah 1 untuk bagian depan.



Tenda Pop Up

tenda pop up
tenda pop up sekali lempar

Tenda kubah jenis pop up merupakan salah satu jenis yang unik, karena untuk mendirikan tenda ini kita tidak perlu memasang satu persatu frame-nya.

Cukup dibuka dan letakkan saja maka tenda akan mengembang dengan sendirinya. Jika kamu mencari tenda yang praktis dan mudah, jenis pop up sepertinya cocok untukmu, hanya saja biasanya tenda ini cuma berkapasitas satu orang.



Tenda Tunel

tenda dome tunel
tenda dome tunel

Untuk kamu yang mencari tenda dengan ruang yang cukup luas, kamu bisa membeli jenis tends tunel.

Tenda tunel memiliki ciri yang memanjang seperti terowongan tertutup, tenda ini termasuk cukup besar dan memakan banyak tempat, karena itu ketika ingin mendirikan tenda jenis tunel harus mencari tanah yang agak luas.



Tenda Quick Pitch

tenda quick pitch
tenda quick pitch

Tenda jenis quick pitch cukup diminati banyak pendaki karena kemudahannya untuk didirikan.

Tenda jenis ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang suka solo hiking, sebab cukup dengan satu orang saja kita sudah bisa mendirikan tenda ini.

Baca Juga:
Tips Mendaki Gunung Sendirian (Solo Hiking)

Nah itulah beberapa jenis tenda yang sering kita temui di gunung-gunung di Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis tenda lainnya, hanya saja jarang digunakan di pegunungan Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar