Skip to main content

7 Tips Merawat PC Gaming agar Bekerja Tetap Optimal

merawat pc gaming


Pc desktop adalah salah satu jenis komputer yang paling sering digunakan untuk bermain game. Pembahasan apa itu desktop pc adalah salah satu jenis komputer yang didesain untuk digunakan di satu tempat. 


Selain itu juga pc desktop digadang-gadang memiliki performa yang bagus untuk bermain game. Alasannya karena ukuran fisik prosesor lebih besar sehingga performanya lebih baik. Meskipun begitu tetap harus ada perawatan secara rutin yang dilakukan. 


Tips Perawatan PC Gaming Kamu di Rumah

Memiliki perangkat komputer baik itu pc atau laptop, perawatan harus diutamakan. Sebagai pemilik perangkat kamu pasti ingin dong performanya tetap optimal dan tahan lama. Semua itu tergantung bagaimana cara menggunakan dan perawatannya. 


Khusus untuk pc gaming, ada beberapa tips khusus yang bisa diikuti dalam langkah merawatnya. Apa saja tipsnya bisa kamu simak di sini. 


1.Rajin membersihkan debu

Ciri khas pc desktop adalah memiliki banyak sekali perangkat keras. Mulai dari keyboard, cpu, ups, dll. Walaupun sudah digunakan di dalam ruangan bahkan ber-ac tetap saja debu mudah menempel pada perangkat. 


Semua debu dan kotoran ini tidak bisa dibiarkan karena akan membuat aliran udara terganggu. Jika debu sudah tebal bisa membuat mesin overheat dan mengalami kerusakan parah. Jadi kamu harus rutin membersihkan semua debu setidaknya seminggu sekali. 


2.Mengatur instalasi kabel

Kewajiban lain yang harus dilakukan adalah mengatur masalah instalasi kabel pada pc. Selalu atur kabel yang saling terhubung ke perangkat dengan rapi. Jangan sampai ada kabel yang menutupi lubang kipas pc sehingga udara tidak lancar masuk ke dalam perangkat. 


Selain itu juga pastikan kabel berfungsi dengan baik, jika tidak bisa berpotensi menciptakan masalah konsleting. Solusinya adalah dengan memposisikan kabel pada bagian belakang motherboard. Rapikan juga kabel di bagian luar perangkat. 


3.Jangan lupa update kartu grafis

Unsur grafis dalam suatu game sangat mempengaruhi kenyamanan bermain. Hal ini bisa kamu dapatkan jika rutin mengupdate driver pada kartu grafis. Sama seperti os komputer di mana kamu harus rajin mengupdatenya untuk mendapatkan fitur terbaru. 


Untungnya lagi kini beberapa produsen kartu grafis sudah merancang untuk melakukan update secara langsung. Jadi kamu tinggal cek saja atau mensetting supaya kartu grafis bisa langsung update sendiri. 


4.Hapus program yang tidak terpakai

Jika pc desktop kamu digunakan hanya untuk bermain game, sebaiknya hapus program yang tidak digunakan. Ruang dalam memori dan juga RAM pc sangat berharga oleh karena itu dengan menghapus software yang tidak digunakan ruang akan menjadi ringan. 


Sama halnya dengan game yang sudah tidak kamu mainkan kembali. Jika sekiranya sudah tidak menarik sebaiknya hapus saja. Kamu jadi bisa menyimpan permainan yang baru lagi. 


5.Hindari menjalankan program bersamaan

Performa bermain akan meningkat dan pc kamu akan terjaga kualitasnya jika kamu hanya menjalankan program dalam satu waktu saja. Jangan nyalakan banyak program atau game secara bersamaan. Toh kamu hanya akan memainkan satu game saja ukan? 


Jika kamu menjalankan dua game atau program sekaligus akan membuat RAM bekerja keras untuk membaca. Akibatnya game berjalan lambat dan RAM jadi lebih cepat rusak. 


6.Jangan lupakan rutin scan virus

Apakah kamu suka mendapatkan game baru dari teman melalui usb? Atau kamu sering mengunduh dari website ilegal untuk mendapatkan game? Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan antivirus. 


Jagalah pc desktop kamu supaya aman dari malware dan data pribadi tidak dicuri. Caranya dengan mengaktifkan antivirus dan mengatur jadwal scanning rutin. 


7.Menggunakan ups atau stabilizer

Kerusakan pc desktop paling sering terjadi karena tegangan listrik yang tidak stabil. Biasanya yang rusak pertama kali adalah power supply dan kamu harus membelinya baru ratusan ribu jika sudah rusak. 


Sebagai antisipasi kamu sebaiknya menggunakan ups atau stabilizer sehingga komputer tetap memiliki performa baik dan hardware juga terjaga kualitasnya. 


Mengikuti ketujuh saran ini, kamu bisa lebih merasa aman sekarang jika ingin bermain game seharian penuh. Asalkan perawatan terus dilakukan secara rutin dan perangkat yang kamu miliki bisa lebih awet. 




Seluruh artikel di situs ini akan selalu diupdate jika ada informasi baru, jadi tetap kunjungi Brobali agar tidak ketinggalan ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar